5 Alasan PSSI Lakukan TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 22 Agustus 2020
5 Alasan PSSI Lakukan TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia
TC Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

BolaSkor.com - Teka-teki kemana lanjutan pemusatan latihan atau training centre (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20 akhirnya terjawab. PSSI rencananya akan memberangkatkan Skuat Garuda Muda ke Kroasia pada akhir Agustus mendatang.

Sebelumnya, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ingin membawa Beckham Putra dan kawan-kawan melakukan TC di Korea Selatan. Namun nampaknya Korea Selatan tidak merespons keinginan dari PSSI untuk menggelar TC di sana.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun memang memberikan opsi, ketika tidak jadi TC di Korea Selatan opsi lain adalah negara di Eropa. Negara yang dipilih bukan Jerman, Italia, atau Spanyol yang sebelumnya dikatakan, melainkan Kroasia.

Baca Juga:

Isu Naturalisasi Bisa Pengaruhi Mental Pemain Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong Ingin Elkan Baggott Ikut TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Dari keterangan resmi pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, setidaknya ada lima alasan yang bisa ditangkap mengapa Timnas Indonesia U-19 akhirnya dikirim ke Kroasia. Berikut lima alasan tersebut:

Respons Paling Cepat

PSSI ternyata sudah mengirimkan surat ke beberbagai federasi di Asia maupun di Eropa untuk menggelar TC di negara tersebut. Tapi nyatanya yang paling cepat merespons surat dari PSSI adalah Kroasia. Tak pikir panjang PSSI pun mengiyakan dan akan TC di sana.

Keputusan yang diambil oleh PSSI ini memang terbilang cukup wajar. Pasalnya PSSI memang sedang dikejar waktu untuk melakukan TC, ini lantaran Piala Asia U-19 sudah berada di depan mata dan akan digelar pada 14-31 Oktober mendatang.

"Federasi sepak bola Kroasia paling cepat merespons surat dari PSSI. Nanti Timnas Indonesia U-19 pada 4 Oktober 2020 sudah harus berangkat ke Uzbekistan, jadi kita langsung lakukan TC di sana," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Tidak Perlu Karantina

Yang kedua adalah tidak perlu karantina yang dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia U-19 jika melakukan TC di Kroasia. Alasan ini mungkin menjadi yang utama mengapa Timnas Indonesia U-19 akan menggelar TC di negara asal Luka Modric tersebut.

Jika mengacu pada protokol kesehatan yang ada sekarang, banyak negara menerapkan isolasi 14 hari untuk orang asing yang baru datang. Termasuk Korea Selatan yang sejak awal menjadi incaran Timnas Indonesia U-19 sebagai tempat TC.

"Begitu Timnas Indonesia U-19 mendarat di Kroasia, kami dapat informasi kalau tidak perlu karantina. Ini menguntungkan buat Timnas Indonesia U-19," ucap Iwan Bule.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

Timnas indonesia u-20 Pssi Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia U-19 Mochamad Iriawan Shin Tae-yong
Posts

4.871

Bagikan