5 Alumni La Masia yang Kembali ke Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 30 Januari 2022
5 Alumni La Masia yang Kembali ke Barcelona
Gerard Pique dan Jordi Alba (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona cukup sibuk di bursa transfer musim dingin ini. Pasca merekrut Ferran Torres dari Manchester City, Blaugrana menambah kekuatan di lini serang dengan merekrut Adama Traore.

Pemain berusia 26 tahun diboyong dari Wolverhampton Wanderers dengan opsi beli di sekitar harga 30 juta euro (bukan opsi wajib beli). Traore juga dikabarkan setuju dengan kontrak lima tahun jika Barca mempermanenkan kontraknya.

"Resmi dan dikonfirmasi. Adama Traore bergabung dengan Barcelona dari Wolves dengan status pinjaman dengan opsi beli sekitar 30 juta euro - (bukan opsi) wajib," tutur pakar sepak bola Eropa, Fabrizio Romano.

"Adama telah menyetujui potensi kontrak lima tahun dengan Barca jika mereka akan mengontraknya secara permanen di musim panas."

Baca Juga:

Rekap Bursa Transfer Semalam: Adama Traore Pulang Kampung ke Barcelona

Adama Traore Janjikan Kebahagiaan untuk Barcelona

Kini, Adama Traore Menyandang Status Striker Barcelona Paling Berbahaya

Traore tak asing lagi dengan Barcelona. Pasalnya dia produk akademi La Masia dan ada di sana pada medio 2004-2013. Xavi mengenalnya karena kala itu ia juga menjadi kapten pengganti Carles Puyol.

Cerita mengenai produk La Masia yang berkembang di luar Barcelona dan kemudian kembali lagi ke Barcelona bukan baru pertama kali ini saja terjadi. Berikut nama-nama lain selain Traore yang kembali ke Barca dengan status alumni La Masia.

1. Gerard Pique

Berada di La Masia pada medio 1997-2004 sebelum ke akademi Manchester United. Gerard Pique berkembang di Man United pada era yang tepat ketika tim sedang memasuki kejayaan di bawah arahan Sir Alex Ferguson.

Alhasil setelah empat tahun bermain di Man United dan sukses memenangi titel Premier League dan Liga Champions, Pique kembali ke Barcelona dalam kondisi yang lebih matang dan berpengalaman.

Sejak 2008 hingga saat ini di usia 34 tahun Pique sudah memenangi tiga titel Liga Champions, delapan trofi LaLiga, dan tujuh titel Copa del Rey. Dalam kurun waktu itu bek tengah asal Spanyol juga memenangi Piala Dunia dan Piala Eropa.

2. Jordi Alba

Bek kiri berusia 32 tahun yang berada di La Masia pada periode 1998-2005 lalu kemudian ke Cornella dan Valencia. Bersama Valencia Jordi Alba mempopulerkan namanya di Spanyol sebagai bek kiri.

Alba punya kemampuan ofensif bagus kala mengirim bola umpan silang dan cepat. Sampai saat ini dengan kesuksesan memenangi titel Liga Champions dan LaLiga, Alba masih jadi andalan di sisi kiri pertahanan Barca.

3. Cesc Fabregas

Segala jurus dan godaan dilakukan Barca untuk memulangkannya kembali saat Cesc Fabregas membela Arsenal. Fabregas dengan Gunners dari 2003-2011 (dari akademi hingga tim utama).

Pasca memenangi Piala Eropa dan Piala Dunia dengan Spanyol, playmaker yang kini berumur 34 tahun dan membela AS Monaco, pindah ke Barcelona. Cukup tiga tahun di Barca Fabregas memenangi LaLiga, Copa del Rey, dan kembali ke Premier League serta membela Chelsea.

4. Eric Garcia

Dari La Masia (2008-2017) ke akademi Manchester City dan promosi pada 2018. Eric Garcia dilatih Pep Guardiola di Man City lalu saat kontraknya berakhir, bek tengah berusia 21 tahun kembali ke Camp Nou pada 2021.

Baru berusia 21 tahun, Eric Garcia diplot sebagai suksesor Pique di Barcelona. Garcia juga bermain di timnas Spanyol dengan 14 caps.

5. Gerard Deulofeu

Produk La Masia yang merantau dari Everton, Sevilla, AC Milan dari medio 2013-2017 dan baru kembali ke Barcelona pada periode kedua di tahun 2017. Semusim di sana Gerard Deulofeu yang berposisi sebagai penyerang sayap tidak banyak bermain.

Pada akhirnya Deulofeu tak cukup bagus bagi Barcelona dan pergi ke Watford. Saat ini di usia relatif produktif, 27 tahun, Deulofeu membela Udinese di Serie A.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Trivia Sepak Bola Adama Traore Eric Garcia Cesc Fabregas Jordi Alba
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan