BolaSkor.com - Setiap tanggal 21 April, Indonesia merayakan hari Kartini, untuk mengenang perjuangan Raden Adjeng Kartini atau yang dikenal dengan Raden Ayu Kartini.

Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan pahlawan wanita dari Tanah Air. Namanya sangat dikenal lantaran sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Baca Juga:

Hasil NBA: Rockets dan Bucks Selangkah Lagi ke Semifinal Wilayah

Tania Rasidi Menembus Batas dengan Semangat Kartini

Berkat perjuangan Kartini juga, begitu banyak atlet wanita asal Indonesia yang meraih prestasi membanggakan di kancah internasional. Namun kini, BolaSkor.com mengajak pembaca untuk melihat empat atlet wanita dengan segudang prestasi di dunia.

1. Serena Williams

Atlet kelahiran Saginaw, Michigan, Amerika Serikat, 26 September 1981. Bergelut di dunia tenis, Serena Williams memegang banyak rekor prestisius. Salah satunya ia merupakan petenis wanita terlama yang merasakan predikat nomor satu dunia.

Bersama Steffi Graf, Serena tercatat pernah selama 186 minggu berturut-turut di posisi satu dunia. Serena juga telah memenangkan 23 titel Grand Slam pada Open Era, terbanyak di antara petenis lainnya.

Menariknya kini pada usia 37 tahun, pundi-pundi gelar Serena masih berpotensi terus bertambah mengingat ia masih berada dalam puncak kariernya.

2. Jackie Joyner-Kersee

Sports Illustrated for Women pernah memberikan penghargaan kepada Jackie JJoyner-Kersee sebagai atlet wanita terbaik sepanjang sejarah. Jika melihat prestasi, wanita kelahiran East St.Louis, Amerika Serikat ini memang layak meraihnya.

Dikenal sebagai atlet lompat jauh dan heptathlon, Jackie merasakan tiga medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu pada ajang Olimpiade, kasta tertinggi dari olahraga.

Hebatnya ia meraihnya di empat olimpiade berbeda yaitu 1984 Los Angeles, 1998 Seoul, 1992 Barcelona, dan 1996 Atlanta. Dia juga merasakan gelar juara dunia pada empat kesempatan: dua medali emas di 1987 Roma, satu medali emas masing-masing di 1991 Tokyo dan 1993 Stuttgart.

(Klik Halaman Berikutnya)