BolaSkor.com - Tujuh tahun berkarier di kompetisi tertinggi sepak bola Inggris, Premier League, Virgil van Dijk telah menahbiskan statusnya sebagai salah satu bek top di Eropa bersama Liverpool.

Van Dijk (30 tahun) sebelumnya bermain di Southampton pada medio 2015-2018 dan pada akhirnya ke Liverpool. Empat tahun dengan The Reds Van Dijk memenangi titel Premier League, Piala Liga, Piala FA, dan Liga Champions.

Pada 2019 Van Dijk juga memenangi penghargaan individu Pemain Terbaik versi PFA dan masuk ke dalam tim terbaik UEFA. Tak ayal status sebagai salah satu bek top di Eropa saat ini disandang Van Dijk.

Dalam sejarahnya Premier League memiliki banyak barisan bek legendaris, sebut saja seperti Tony Adam, Steve Bould, Steve Bruce, Nemanja Vidic. Van Dijk pun menuturkan siapa saja menurutnya bek-bek terbaik dalam sejarah Premier League versinya.

Baca Juga:

Ingin Balas Dendam, Mo Salah Dianggap Tak Hormat kepada Real Madrid

Respons Jurgen Klopp Setelah Liverpool Gagal Rengkuh Gelar ke-20

Manchester City Menangi Persaingan dari Liverpool, Pep Guardiola: Kami Legenda

Bek asal Belanda itu menuturkannya kepada Rio Ferdinand, legenda Manchester United dan pandit sepak bola, di acara "Rio Ferdinand's Between The Lines". "Saya tak bisa melakukannya (menempatkan nama Van Dijk ke dalam daftar), tapi saya berharap kelak ada di lima besar."

Siapa saja kelima bek terbaik dalam sejarah Premier League versi Van Dijk?

1. Rio Ferdinand

Legenda Man United medio 2002-2014 dan salah satu bek terbaik Inggris pada eranya. Ferdinand dikenal sebagai bek elegan dengan kemampuan membaca permainan, disiplin dalam bertahan, dan juga dalam melakukan tekel. Ferdinand tandem bagi Vidic.

“Saya pikir Anda (Ferdiandn) bisa bermain di era modern, saat Anda mengatakan bahwa Anda sangat penting untuk tim United itu. Semua bek tengah Inggris memandang Anda. Saya pikir Anda adalah ikon sebagai bek," tutur Van Dijk.

"Juga dengan cara Anda bermain kehadiran adalah hal yang sangat penting. Bersikaplah baik saat menguasai bola tanpa bola, Anda melakukan tekel sedikit lebih banyak daripada saya," terang dia.

2. Vincent Kompany

Legenda dan mantan kapten Manchester City medio 2008-2019. Pada kondisi prima Vincent Kompany bek bagus dengan atau tanpa bola, serta pemimpin yang bagus di pertahanan City.

"Serupa, kapten yang fantastis, bagus dalam menguasai bola, bagus tanpa bola. Mencetak gol-gol penting selama kariernya di City. Mencetak gol yang sangat penting melawan Leicester ketika kami hampir memenangkan liga. Pria hebat dan dia luar biasa," ucap Van Dijk.

3. Jaap Stam

Sebagai bek yang berasal dari Belanda, Van Dijk juga menyebutkan nama Jaap Stam ke dalam bek terbaik Premier League. Stam juga legenda Man United dan juga AC Milan yang terkenal dengan kelugasannya kala bermain.

"Saya harus memasukkan pemain Belanda saya tentu saja. Bagi saya, dia adalah orang di belakang. Dengan tim nasional saya selalu berpikir dia akan berada di ketinggian 2,5 meter. Itu adalah kehadirannya, kariernya secara umum luar biasa. Waktunya di United tetapi juga di Italia bersama Milan," tutur Van Dijk.

4. John Terry

Apabila Ferdinand bek yang elegan untuk Inggris, maka legenda sekaligus mantap kapten Chelsea, John Terry, melengkapinya dengan kelugasan bermain. Terry adalah pemimpin sejati di lini belakang.

"Dia mencapai begitu banyak hal - saya pikir dia memiliki rekor clean sheets, juga salah satu bek tengah yang Anda cari di tempat yang Anda inginkan sebagai anak muda," ujar Van Dijk.

5. Sami Hyypia

Terakhir, Van Dijk juga menyebutkan legenda Liverpool asal Finlandia Sami Hyypia yang bermain pada medio 1999-2009. Hyypia biasa bertandem dengan Jamie Carragher di Liverpool dan pintar dalam membaca permainan.

"Saya akan menempatkan Hyypia, Anda tahu mengapa - karena dia adalah legenda Liverpool. Dia diremehkan menurut saya. Pemain yang sangat bagus, bagus dalam menguasai bola. Sangat penting bagi klub dan dalam periode penting."