BolaSkor.comFC Barcelona dipaksa terjun di bursa transfer musim dingin karena badai cedera yang menerjang tim saat ini. Luis Suarez, Rafinha Alcantara, Arthur Melo, Samuel Umtiti, Malcom, merupakan lima nama dari skuat Barcelona yang tumbang karena cedera.

Urgensi dibutuhkan untuk posisi di lini belakang ketimbang tengah dan depan yang punya stok mumpuni. Ernesto Valverde, pelatih Barca, masih bisa menggunakan servis pemain muda produk akademi La Masia untuk posisi tengah dan depan.

Kondisi itu tak dimiliki di posisi bek tengah. Umtiti cedera dan Valverde hanya punya tiga bek tengah yang siap bermain: Gerard Pique, Thomas Vermaelen, dan Clement Lenglet.

Mengingat jadwal padat Barca musim ini di ajang LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Champions, tiga bek tentu tidak akan cukup, apalagi Pique sudah berusia 31 tahun dan Vermaelen 33 tahun. Praktis hanya Lenglet yang kondisinya bugar.

Baca Juga:

Bukan De Jong, Prioritas Utama Barca adalah Matthijs de Ligt

5 Fakta Menarik Menjelang Derby Catalunya, Barcelona Vs Espanyol

Matthijs de Ligt, bek Ajax Amsterdam, jadi buruan Barca. Meski begitu, Ajax tidak akan melepaskan aset berharganya itu pada Januari 2019. Pemain sekaliber De Ligt berpeluang besar di musim panas, bukan musim dingin.

Lantas, siapa saja bek yang bisa didatangkan Barca pada Januari 2019? Dari solusi jangka pendek hingga panjang – karena usia muda, berikut ulasannya.

1. Branislav Ivanovic

Berpengalaman dan punya kualitas bagus bermain sebagai bek tengah atau kanan. Namun, usia Branislav Ivanovic sudah berusia 34 tahun. Dia bisa jadi solusi jangka pendek Barcelona.

Bek Zenit Saint Petersburg pernah bermain untuk Lokomotiv Moscow dan Chelsea. Masa terbaiknya terjadi ketika Ivanovic bermain selama sembilan tahun dengan Chelsea. Di sana, Ivanovic meraih tiga titel Premier League, satu Liga Europa, Liga Champions, dan tiga Piala FA.