BolaSkor.com - Pandemi virus corona berkepanjangan berimbas kepada daya beli klub-klub Eropa. Kondisi finansial mereka tak lagi sama tanpa adanya pemasukan dari penjualan tiket pertandingan. merchandise, dan hak siar televisi. Khususnya ketika kompetisi sempat tertunda dua bulan.

Napoli contohnya. Il Partenopei sedianya klub yang besar dan bersejarah di Italia, namun mereka menyesuaikan situasi dengan pandemi virus corona dan coba mengatur keuangan dengan cara paling sederhana: menjual pemain-pemain andalan.

Kans kepergian bintang-bintang andalan sangat besar terjadi di musim panas. Hal itu bisa dilihat dari ucapan Gennaro Gattuso, pelatih Napoli yang menilai akan adanya eksodus pemain dan hanya 70-80 persen dari skuat terkini yang bertahan.

"Kami tidak perlu beroperasi terlalu banyak di pasar transfer. Kami harus melihat siapa yang akan meninggalkan tim. Presiden kami (Aurelio De Laurentiis) tahu itu - kami membicarakannya setiap pekan," papar Gattuso dikutip dari Goal.

"Ini adalah tim yang kuat tapi saya pikir hanya 70-80 dari pemain yang akan tinggal bersama kami. Kami akan melakukan beberapa transfer tetapi saya tahu tim ini memiliki kualitas yang (sudah) hebat."

Menilik ucapannya itu BolaSkor.com merangkum dari berbagai sumber soal potensi pemain-pemain Napoli yang akan pergi. Siapa saja?

1. Fabian Ruiz

Fabian Ruiz

Paling berpeluang pergi dari klub yang sudah dibelanya dari 2018 setelah sebelumnya memperkuat Real Betis. Gelandang asal Spanyol berusia 24 tahun diminati oleh banyak klub top seperti Liverpool, Real Madrid, dan Barcelona.

Fabian Ruiz sudah memiliki pengalaman bermain di level klub dan internasional. Dia bisa jadi solusi mencetak gol dari lini kedua dan punya visi bermain yang bagus. Banderolnya 50 juta euro lebih.

Klub Peminat: Real Madrid, Barcelona, dan Liverpool

2. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly

Veteran bagi Napoli karena sudah enam tahun membela klub. Dalam kurun waktu tersebut Kalidou Koulibaly sudah menjadikan dirinya sebagai salah satu bek tengah terbaik di Italia dan Eropa. Klub-klub Eropa membidik pemain berusia 29 tahun tersebut.

Tahun 2020 bisa jadi momen terakhirnya membela Napoli dan klub terpaksa menjualnya demi menjaga stabilitas kondisi ekonomi. Banderolnya di atas 60 juta euro.

Klub Peminat: Paris Saint-Germain (PSG), Tottenham Hotspur, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal.

3. Hirving Lozano

Hirving Lozano

Meski baru gabung klub pada musim panas 2019 dari PSV Eindhoven sebesar 38 juta euro, Hirving Lozano juga berpeluang hengkang ke Inggris karena ia bermimpi bermain di sana dan harganya cukup mahal di atas 40-60 juta euro.

Striker asal Meksiko berusia 24 tahun memiliki kecepatan ketika berakselerasi dan naluri gol tinggi. Lozano juga memiliki pengalaman internasional bersama timnas Meksiko.

Klub Peminat: Manchester United, AC Milan, Barcelona, Arsenal, Manchester City, Liverpool.

4. Arkadiusz Milik

Arkadiusz Milik

Sejak gabung dari Ajax Amsterdam pada 2016 Arkadiusz Milik tidak langsung menjadi pemain reguler di lini depan. Inkonsistensi bermain dan cedera menganggu performanya. Akan tapi usianya masih relatif muda (26 tahun) dan Milik masih produktif jika menemukan ritme bermainnya.

Punya banderol 30-50 juta euro penyerang asal Polandia itu diminati oleh Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Olympique Marseille. Milik tipikal penyerang tengah yang dapat mengontrol bola dan menahannya di lini depan.

Klub Peminat: Tottenham Hotspur, Manchester United, Olympique Marseille, Arsenal

5. Piotr Zielinski

Piotr Zielinski

Pernah diincar Liverpool dan masih menjadi gelandang bertalenta yang bakatnya dipantau klub-klub Eropa. Piotr Zielinski baru berusia 26 tahun dan kelebihan bermainnya adalah kemampuan mendribel bola kala melakukan penetrasi dari lini kedua.

Piotr Zielinski punya banderol 30-45 juta euro dan musim ini sudah bermain 37 kali di seluruh kompetisi dengan catatan dua gol dan lima assists.

Klub Peminat: Liverpool, Real Madrid, Arsenal.