BolaSkor.com - Diego Costa baru saja tersangkut kasus penggelapan pajak yang dituduhkan pemerintah Spanyol. Namun penyerang Atletico Madrid itu bukan satu-satunya bintang LaLiga yang pernah mengalami masalah serupa.

Spanyol memang menjadi salah satu negara Eropa dengan aturan potongan pajak penghasilan terbesar. Besarannya bervariasi tergantung wilayah negara bagiannya.

Pesepakbola LaLiga yang bergaji lebih dari 60 ribu euro per tahun rata-rata dikenai potongan pajak penghasilan sebesar 45 persen. Sementara di beberapa wilayah seperti Catalunya, jumlahnya lebih besar mencapai 50 persen.

Baca Juga:

Diego Costa Tambah Daftar Bintang LaLiga yang Tersangkut Kasus Pajak

El Gran Derbi Awali Lanjutan Laga LaLiga 2019-20 di Tengah Pandemi Virus Corona

LaLiga Akan Berakhir jika Real Madrid Berada di Puncak Klasemen

LaLiga sempat meminta keringanan kepada pemerintah Spanyol terkait ini. Mereka takut pemain bintang akan hengkang atau enggan merumput di negeri Matador karena tingginya potongan pajak.

Namun usulan LaLiga tersebut ditolak. Pemerintah Spanyol dengan gencar mengawasi secara ketat regulasi pajak ini.

Alhasil sejumlah pemain sempat didakwa melakukan pelanggaran dalam membayar pajak. Lima diantaranya bahkan berlabel bintang seperti yang telah BolaSkor.com rangkum di bawah ini:

1. Angel Di Maria

Angel Di Maria didakwa menggelapkan pajak penghasilannya pada periode 2012 hingga 2013. Saat itu ia tengah membela Real Madrid.

Besaran nilai pajak yang digelapkan Di Maria mencapai 1,3 juta euro. Kejaksaan Spanyol membongkar kasus ini pada 2017 silam.

Meski divonis penjara selama 16 bulan, Di Maria yang mengaku bersalah akhirnya hanya dijatuhi hukuman denda. Ia diwajibkan membayar denda senilai 2 juta euro.

Di Maria sendiri meninggalkan Madrid pada 2014. Ia pindah ke Manchester United sebelum akhirnya berlabuh di Paris Saint Germain (PSG) semusim berselang hingga saat ini.


2. Neymar

Neymar terjerat kasus pajak pada tahun 2016. Namun permasalahan ini tidak berkaitan dengan penghasilannya.

Kasus yang menjerat Neymar berkaitan dengan nilai transfernya dari Santos ke Barcelona pada 2013 silam. Manajemen Blaugrana menjadi pihak yang didakwa melakukan kesalahan.

Barcelona terbukti mengecilkan nilai tranfer Neymar demi memangkas potongan pajak. Uang yang dikeluarkan untuk membeli bintang asal Brasil itu ternyata jauh lebih besar dari yang diungkap ke publik yaitu 57 juta euro.

Barcelona akhirnya mengakui kesalahan tersebut dan membayar denda sebesar 5,5 juta euro. Semusim setelah kasus ini mencuat, Neymar meninggalkan Barcelona untuk menerima pinangan Paris Saint-Germain.


3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo tak luput dari permasalahan ini. Ia dinyatakan bersalah melakukan penggelapan pajak dalam putusan pengadilan Madrid pada awal 2019 silam.

Ronaldo terbukti menggelapkan pajak penghasilannya selama empat tahun dari 2011 hingga 2014 ketika membela Real Madrid. Akibat hal tersebut, ia harus membayar denda sebesar 18,8 juta euro.

Saat putusan itu diumumkan, Ronaldo sudah hengkang ke Juventus. Kasus ini menjadi salah satu alasannya meninggalkan Spanyol.


4. Lionel Messi

Lionel Messi bersama sang ayah tersangkut kasus pajak pada 2016 silam. Ia dituduh menggelapkan pajak pendapatan selama dua tahun dari 2007 hingga 2009.

Besaran pajak yang lalai dibayarkan mencapai 4 juta euro. Akibatnya, Messi sempat terancam dihukum penjara selama 21 bulan.

Pada akhirnya hukuman tersebut tak jadi dilaksanakan. Messi mengaku bersalah dan hanya diwajibkan membayar denda yang jumlahnya mencapai 432 ribu euro.

Setelah kasus itu, Messi sempat dirumorkan ingin hengkang dari Spanyol. Namun hingga saat ini, hal tersebut tak terbukti.


5. Xabi Alonso

Xabi Alonso dituduh pemerintah Spanyol melakukan penggelapan pajak pada periode 2010 hingga 2012 saat membela Real Madrid. Jumlahnya mencapai 3 juta euro.

Kasus ini mencuat pada 2014 silam. Namun berbeda dengan pemain lain yang terjerat kasus serupa, Alonso tak mau mengakuinya.

Alonso melakukan banding dan menyewa pengacara untuk membersihkan namanya. Ia bersikeras tak melanggar aturan karena taat membayar pajak.

Hingga saat ini, belum ada keputusan akhir terkait kasus Alonso tersebut. Mantan pemain Liverpool itu sendiri terancam hukuman penjara selama lima tahun.

Uniknya, Alonso juga pergi meninggalkan Madrid pada musim panas 2014. Ia memilih hengkang ke Bayern Munchen hingga pensiun tiga tahun lalu.