BolaSkor.com - Juventus akan menantang Napoli pada ajang Piala Super Italia edisi ke-33 di Mapei Stadium, Reggio Emilia, Kamis (21/1) pukul 03.00 dini hari WIB. Duel ini memanaskan kembali rivalitas kedua klub.

Inter Milan memang lebih sering dianggap sebagai rival utama Juventus di Italia. Namun Bianconeri juga memiliki sejarah rivalitas yang cukup panjang dengan Napoli.

Strata sosial menjadi latar belakang rivalitas kedua tim. Juventus dianggap mewakili daerah Italia Utara yang mapan, sedangkan Napoli mewakili kelas pekerja yang identik dengan Italia Selatan.

Baca Juga:

5 Pemain Napoli yang Bisa Menjadi Momok Pertahanan Juventus

Tertangkap Kamera Cium Logo Juventus, Arturo Vidal Coba Mengelak

Juventus Dipermalukan Inter Milan, Pirlo: Dari Awal Sudah Salah

Secara prestasi, Napoli memang kalah jauh dari Juventus. Mereka baru dua kali merebut Scudetto sedangkan sang rival berstatus penguasa Italia dengan koleksi 36 gelar.

Meski begitu, ada andil Napoli dalam kesuksesan Juventus. Mereka sering menjual bintangnya ke Turin demi menyelamatkan neraca keuangan klub.

Setidaknya ada lima pemain berkategori bintang yang menyeberang dari Napoli ke Juventus. Berikut rinciannya:

1. Dino Zoff

Dino Zoff salah satu pemain bintang pertama yang menyeberang langsung dari Napoli ke Juventus. Momen itu terjadi pada tahun 1972 ketika usianya menginjak 30 tahun.

Zoff saat itu sebenarnya merupakan kiper andalan Napoli. Ia juga menjadi penjaga gawang utama timnas Italia.

Namun Napoli terpaksa menjual Zoff karena mengalami masalah keuangan. Juventus yang berambisi mendominasi Italia dan Eropa akhirnya mendapatkannya.

Hebatnya, Zoff mampu membawa Juventus meraih enam Scudetto dan satu trofi Piala UEFA. Padahal ia gagal mempersembahkan gelar juara untuk Napoli.


2. Ciro Ferrara

Ciro Ferrara merupakan anggota skuat Napoli yang mampu merebut Scudetto dua kali pada 1986-1987 dan 1989-1990. Ia merupakan pemain penting di lini pertahanan meski sorotan lebih tertuju kepada Diego Maradona.

Ferrara bahkan produk asli akademi Napoli. Berkat penampilan apiknya bersama Il Partenopei, Ferrara juga dipanggil ke timnas Italia untuk berlaga di Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1990.

Namun Ferrara pindah ke Juventus pada musim panas 1994. Lagi-lagi Napoli terpaksa menjual bintangnya karena masalah keuangan.

Seperti mengulang kisah Dino off, Ferrara akhirnya mampu mempersembahkan berbagai trofi termasuk satu gelar Liga Champions untuk Juventus. Ia pun menjelma menjadi legenda klub dan mengakhiri kariernya di sana pada 2005 silam.


3. Fabio Cannavaro

Pemain kelahiran Naples lain yang menyeberang ke Juventus adalah Fabio Cannavaro. Namun ia sempat mampir dulu ke Parma dan Inter Milan.

Cannavaro menimba ilmu sepak bola di akademi Napoli. Ia berhasil menembus tim utama dan melakoni debut di Serie A pada Maret 1993.

Sejak saat itu, Cannavaro digadang-gadang sebagai calon bek andalan Italia di masa depan. Namun Napoli kembali melanjutkan hobi melepas bintangnya demi bertahan hidup.

Pada musim panas 1995, Cannavaro dijual Napoli ke Parma. Kariernya kian cemerlang karena berhasil membawa Gialloblu menjuarai Piala UEFA dan Coppa Italia.

Cannavaro sempat mengalami masa-masa suram saat pindah ke Inter Milan pada 2002. Ia kesulitan menunjukkan performa terbaik hingga Nerazzurri rela menukarnya dengan seorang Fabian Carini yang hanya berstatus kiper cadangan di Juventus.

Bersama Juventus, Cannavaro seperti terlahir kembali. Ia membuktikan menjadi salah satu bek tengah terbaik di generasinya dan memimpin Italia menjuarai Piala Dunia 2006.


4. Fabio Quagliarella

Fabio Quagliarella merupakan nama besar lain menyeberang langsung dari Napoli ke Juventus. Namun kepindahannya tak terlalu dipermasalahkan oleh suporter.

Napoli memboyong Quagliarella dari Udinese dengan biaya sekitar 18 juta euro. Ia diharapkan melengkapi trio lini depan yang sudah diisi Marek Hamsik dan Ezequiel Lavezzi.

Namun Quagliarella tampil kurang meyakinkan. Napoli pun tak keberatan saat Juventus datang untuk meminjam sang pemain semusim berselang.

Juventus akhirnya mempermanenkan status Quagliarella dan memberinya kontrak berdurasi tiga tahun. Ia mampu mencetak 30 gol dari 102 penampilan dan mempersembahkan tiga Scudetto untuk Si Nyonya Tua.


5. Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain membuat marah penggemar Napoli saat menyeberang langsung dari Napoli ke Juventus pada musim panas 2016. Pemain berkebangsaan Argentina itu langsung dicap sebagai pengkhianat.

Higuain memang tengah menjadi pujaan publik San Paolo sebelum pindah ke Juventus. Ia baru saja merebut gelar top skorer Serie A 2015-2016.

Namun Napoli dan Higuain nampaknya memang sulit menolak tawaran menggiurkan yang disodorkan Juventus. Mereka rela menebus Higuain dengan uang sebesar 94,7 juta euro yang memecahkan rekor transfer Serie A.

Higuain mampu mempersembahkan mengawinkan dua gelar domestik dalam dua musim perdananya di Juventus. Namun permainannya yang mulai menurun membuat pihak klub meminjamkannya ke AC Milan dan Chelsea.