BolaSkor.com - Piala Afrika 2021 yang tertunda satu tahun akan bergulir pada 9 Januari hingga 6 Februari mendatang. Turnamen ini juga akan diramaikan oleh para calon bintang rebutan klub-klub besar Eropa.

Benua Afrika memang salah satu pengekspor terbanyak untuk kompetisi Eropa. Mereka unggul dari benua Asia dan bersaing sengit dengan legiun asal Amerika Selatan.

Materi pemain dari 24 tim peserta Piala Afrika 2021 bahkan sudah bermain di Eropa. Beberapa di antaranya bahkan menjadi andalan klub besar.

Baca Juga:

Tim-tim Favorit dan Kuda Hitam Piala Afrika 2021

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Piala Afrika 2021

Piala Afrika 2021: Pemberitaan Media Dinilai Berat Sebelah dan Berbau Rasisme

Dalam daftar ini ada nama-nama seperti Sadio Mane, Mohamed Salah, Edouard Mendy, Franck Kessie, hingga Riyad Mahrez. Mereka menjadi pemain kunci Liverpool, Chelsea, AC Milan, dan Manchester City.

Kesuksesan mereka membuka mata klub-klub besar Eropa terkait. Para pemandu bakat dipastikan memantau Piala Afrika untuk menemukan bintang baru yang belum terekspos.

Setidaknya ada lima wonderkid yang diprediksi akan mencuri perhatian para pemandu bakat pada Piala Afrika 2021. Berikut rangkumannya:

1. Edmond Tapsoba (Burkina Faso)

Burkina Fsso memang bukan berstatus unggulan pada gelaran Piala Afrika 2021. Namun tim ini memiliki sejumlah pemain dengan kualitas di atas rata-rata.

Salah satunya adalah Edmond Tapsoba. Bek tengah milik Bayer Leverkusen tersebut akan memegang peran kunci untuk membawa Burkina Faso lolos dari grup A.

Mentalitas Tapsoba yang baru berusia 22 tahun akan diuji dalam turnamen ini. Ia juga dalam pantauan Arsenal dan Chelsea.


2. Ilaix Moriba (Guinea)

Nama Ilaix Moriba tentu sudah tidak asing di telinga pecinta sepak bola. Ia merupakan jebolan akademi Barcelona yang akan menjadi andalan Guinea.

Pada musim panas lalu, Moriba mengambil keputusan berani dengan pergi dari Barcelona. Ia menerima pinangan RB Leipzig demi mendapat kesempatan bermain yang lebih banyak.

Sayang, Moriba sejauh ini baru tampil enam kali untuk Leipzig di semua kompetisi. Ia juga belum mampu mencetak gol dan assist.

Ajang Piala Afrika 2021 bisa menjadi momen kebangkitan Moriba. Andai tampil gemilang, Leipzig pasti akan memberinya lebih banyak kesempatan bermain.

Bukan tidak mungkin Moriba menarik minat klub-klub besar Eropa lain. Apalagi usianya baru menginjak 19 tahun.


3. Samuel Chukwueze (Nigeria)

Bakat Samuel Chukwueze sebenarnya sudah tercium pemandu bakat klub-klub besar Eropa sejak lama. Namun cedera lutut menghambat perkembangan karier winger berusia 22 tahun tersebut.

Chukwueze sempat menjadi buruan Arsenal. Kecepatan dan skill individunya dinilai akan cocok dengan gaya sepak bola Inggris.

Chukwueze mulai kembali ke performa terbaik usai pulih dari cedera. Piala Afrika 2021 bisa menjadi momentum baginya untuk kembali menarik perhatian klub besar.


4. Mohamed Camara (Mali)

Karier Mohamed Camara di Eropa yang baru dibangun sempat tercoreng karena pelanggaran doping pada Februari tahun lalu. Namun gelandang milik RB Salzburg itu siap bangkit.

Piala Afrika 2021 bisa dijadikan sarana Camara untuk memperbaiki reputasinya. Ia hampir pasti mengisi satu slot di lini tengah Mali.

Camara memang punya modal untuk menjadi gelandang kelas dunia. Kualitas pemain berusia 21 tahun itu sangat baik dalam bertahan maupun menyerang.


5. Amadou Haidara (Mali)

Amadou Haidara menjadi wonderkid lain yang diprediksi mencuri perhatian di Piala Afrika 2021. Sepak terjang pemain berusia 23 tahun itu bersama Mali akan dipantau klub-klub besar Eropa.

Haidara menjadi salah satu buruan utama Manchester United untuk memperkuat lini tengahnya. Penampilan apik di Piala Afrika akan membuat Setan Merah berusaha membajaknya dari RB Leipzig pada bursa transfer musim dingin.