5 Calon Kuat Pembeli Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 17 Maret 2022
5 Calon Kuat Pembeli Chelsea
Stadion Chelsea, Stamford Bridge (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea masih terus mencari pemilik baru setelah Roman Abramovich memutuskan menjual klub yang sudah dimilikinya sejak 2003 tersebut. Kendati demikian penjualan itu tidaklah mudah.

Seperti diketahui, penjualan Chelsea terjadi karena konflik panas Rusia-Ukraina yang memengaruhi posisi Abramovich, pemilik klub asal Rusia yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Abramovich sudah memutuskan menjual klub, tapi cerita tak berhenti sampai di situ saja sebab dia disanksi oleh Pemerintah Inggris dan juga Uni Eropa, asetnya dibekukan dan ia tak bisa menerima keuntungan dari Chelsea.

Baca Juga:

Chelsea Kembali Menang Kontra Lille, Thomas Tuchel Ukir Catatan Spesial

Sahabat Mantan Presiden AS Berminat Beli Chelsea

Alasan Masih ada Logo Sponsor di Jersey Chelsea

Tak ayal Pemerintah Inggris kini memimpin penjualan Chelsea dan oleh karenanya, ada kemungkinan Chelsea dijual murah kurang dari dua juta miliar poundsterling sesuai dengan banderol yang dipatok Abramovich.

Beberapa calon pembeli sudah muncul dan BolaSkor.com telah merangkum lima di antaranya. Siapa saja?

1. Nick Candy

Pengusaha asal Inggris yang sudah lama menjadi fans Chelsea dan besar dari keluarga pebisnis. Nick Candy memiliki perusahaan properti Candy Property dan juga memiliki 14,8 persen saham di platform podcast, Audioboom.

Candy diyakini memiliki kekayaan pada angka dua miliar dollar Amerika Serikat atau sekiranya Rp 28,6 triliun.

"Nick Candy secara aktif menjajaki sejumlah opsi untuk tawaran potensial untuk Chelsea," kata juru bicara Candy dalam sebuah pernyataan dikutip dari BBC Sport.

“Setiap tawaran akan dilakukan bersama dengan pihak lain, atau konsorsium, dan kami memiliki minat serius dari beberapa mitra internasional."

"Mr Candy memiliki kedekatan yang besar dengan Chelsea. Ayahnya diminta bermain untuk klub dan dia telah menonton pertandingan di Stamford Bridge sejak usia empat tahun."

2. Woody Johnson

Pemilik franchise NFL, New York Jets, Woody Johnson juga tertarik membeli Chelsea. Dia pengusaha dari Amerika Serikat yang juga mantan Duta Besar Amerika di Inggris. Johnson juga bersahabat dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trumpu.

Johnson (74 tahun) adalah penerus perusahaan farmasi Johnson & Johnson dengan nilai kekayaan mencapai 28 miliar poundsterling.

"Apa yang dibutuhkan Chelsea saat ini adalah kesinambungan dan stabilitas dalam hal pemilik baru. Woody dan timnya berpikir mereka bisa memberikan itu," tutur narasumber dikutip dari The Sun.

"Dia menjalankan Jets dengan sukses dan tahu banyak tentang industri olahraga.

"Dan dia menghabiskan empat tahun terakhir di London dan mengetahuinya dengan baik."

3. Saudi Media

Saudi Media yang dikepalai oleh Mohamed Alkhereiji juga menjadi salah satu calon pembeli Chelsea. Alkhereiji merupakan pemilik Saudi Media dan juga CEO Engineer Holding Group, yang dibangun oleh ayahnya Abdulelah Alkhereiji.

Alkhereiji menghabiskan hidupnya di Inggris kala ia mengikuti Kelas Bisnis Cass dan menghabiskan tiga tahun bekerja di Deutsche Bank. Saudi Media grup media terbesar di Asia Tengah dan juga tertarik kepada periklanan, sektor perbankan, dan olahraga.

Perusahaan menghasilkan keuntungan 770 juta poundsterling per tahunnya dan tentu saja, memiliki dukungan finansial kuat dari Arab Saudi. Namun tak mudah bagi mereka membeli Chelsea, mengingat rumitnya Newcastle United kala akusisi dilakukan oleh konsorsium Arab Saudi.

4. Bernard Antwi Boasiako

Sejarah Chelsea dengan pemain-pemain dari Afrika menarik minat dari Bernard Antwi Boasiako, pria asal Afrika berusia 45 tahun asal Ghana yang menghasilkan kekayaan dengan menjadi Pemilik Tambang Emas.

“Bernard Antwi Boasiako sedang menjajaki tawaran potensial untuk Chelsea. Diskusi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam penjualan telah terjadi," ujar juru bicara Boasiako kepada Sportsmail.

"Chelsea memiliki warisan abadi di Afrika, pemain seperti Didier Drogba dan Michael Essien adalah legenda klub; kesempatan untuk meningkatkan reputasi klub di Afrika adalah prospek yang sangat menarik."

"Memulihkan stabilitas dan memastikan tidak ada kehilangan pekerjaan adalah salah satu prioritasnya."

Kekayaan Boasiako disinyalir mencapai 10 juta miliar dollar Amerika Serikat. Selain pemilik tambang emas, Boasiako juga politisi serta pemilik station radio.

5. Hansjorg Wyss

Miliader asal Swiss berumur 86 tahun dengan nilai kekayaan ada pada kisaran 3,8 miliar poundsterling. Wyss kabarnya bekerja sama dengan pebinis asal Amerika Serikat, Todd Boehly dalam membuat konsorsium untuk membeli Chelsea.

Wyss memiliki perusahaan biotek bernama Synthes USA dan merupakan lulusan teknik sipil dan struktural dari Institut Teknologi Federal Swiss, Zurich pada 1959. Menurut pengakuannya, Abramovich sendiri yang menawarkan Chelsea kepadanya dan Wyss kandidat pertama calon pembeli klub.

Breaking News Chelsea Roman abramovich Trivia Sepak Bola Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan