5 Cara yang Bisa Dilakukan Athletic Bilbao untuk Kalahkan Barcelona di Camp Nou

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 23 Juni 2020
5 Cara yang Bisa Dilakukan Athletic Bilbao untuk Kalahkan Barcelona di Camp Nou
Barcelona Vs Athletic Bilbao (LaLiga)

BolaSkor.com - Barcelona akan menghadapi Atheltic Bilbao pada lanjutan LaLiga, Rabu (24/6) dini hari WIB. Barca berharap nasib mereka akan berubah ketika menghadapi Bilbao, klub yang telah berhasil mengalahkan mereka dua kali di musim ini.

Dalam dua pertemuan mereka musim ini dalam semua ajang berakhir pahit bagi Barca. Pada pertandingan pembuka musim di San Mames, pertandingan berjalan imbang 0-0 hingga menit ke-89, hingga penyerang veteran Athletic, Artiz Aduriz mencetak gol voli akrobatik.

Baca Juga:

Nasib Juara Barcelona di Tangan Real Madrid, Pique dan Setien Silang Pendapat

Hasil Pertandingan Liga-liga Eropa: Barcelona Tertahan, Manchester United Curi Satu Poin

Ketika Magis Lionel Messi Tak Mampu Menjebol Pertahanan Kuat Sevilla

Sedangkan pada pertemuan teranyar kedua klub terjadi pada Februari di ajang Copa del Rey. Pertandingan ini juga imbang tanpa gol hingga babak perpanjangan waktu, ketika penyerang Inaki Williams mencetak gol untuk menyingkirkan Barcelona.

Sebaliknya Bilbao tentu ingin meneruskan rapor bagus mereka melawan Barcelona. Apalagi saat ini sudah tidak memiliki beban lagi karena sudah aman di papan tengah.

Berikut lima hal yang dapat dilakukan Athletic Bilbao untuk kembali menang melawan Barcelona.


1. Membiarkan Barcelona menguasai bola

Athletic Bilbao tak membutuhkan penguasaan bola untuk mengalahkan Barcelona di musim ini. Di pertandingan pertama, penguasaan bola Athletic hanya 28 persen, sedangkan di ajang Copa del Rey 32 persen.

Dalam dua pertandingan tersebut, mereka fokus untuk membatasi ruang gerak Barcelona sembari mencari peluang serangan balik ketika memiliki kesempatan.


2. Memainkan Unai Nunez sejak awal

Unai Nunez adalah pilihan ketiga untuk posisi bek tengah Athletic dan baru menjadi starter dalam 16 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Akan tetapi dua dari 16 pertandingan tersebut berakhir kemenangan atas Blaugarana.
Dalam dua pertandingan tersebut dia bermain selama 90 menit dan tampil spektakuler. Ia juga dapat bermain dengan skema empat bek maupun tiga bek.


3. Matikan pergerakan Messi

Tentu saja ini lebih mudah dikatakan dibanding dilakukan. Namun, sejarah membuktikan bahwa jika Messi tak mencetak gol melawan Athletic, peluang untuk meraih tiga poin semakin tinggi.

Persentase kemenangan Barca melawan Athletic jika Messi mencetak gol adalah 81 persen. Persentase tersebut turun hingga 47 persen jika Messi tak mencetak gol.

Jika Messi bermain bagus, pertandingan akan berat bagi tim asal Basque ini. Bilbao sudah kebobolan 24 gol dari 36 pertandingan oleh Messi.


4. Rusak aliran permainan Barca

Satu faktor yang menguntungkan bagi Barcelona ialah pertandingan ini dimainkan di Camp Nou, di mana mereka masih tak terkalahkan sepanjang musim ini.

Blaugrana hanya gagal menang pada dua pertandingan di Camp Nou dan hanya dua tim yang berhasil membawa pulang satu poin, yakni Slavia Prague di ajang Liga Champions dan Real Madrid.

Kedua tim berhasil meraih poin berkat strategi mereka untuk merusak aliran permainan Barca, dengan melakukan 17 pelanggaran.


5. Cetak gol di ujung laga

Jika Athletic memiliki peluang untuk mencetak gol, maka mereka akan berusaha melakukannya. Pelajaran yang dapat dipetik dari dua pertandingan sebelumnya melawan Barcelona ialah tim asuhan Setien ini rawan kebobolan di menit akhir.

Pertemuan pertama mereka di LaLiga ditentukan dengan gol telat dari Aritz Aduriz di menit ke-89, sedangkan gol penentu di ajang Copa del Rey terjadi di menit ke-90.

Hal tersebut membuat Barça tak memiliki banyak waktu untuk mencetak gol balasan.

LaLiga Barcelona Athletic Bilbao
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan