5 Catatan Menarik yang Perlu Diketahui dari Xavi Hernandez

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 03 Mei 2019
5 Catatan Menarik yang Perlu Diketahui dari Xavi Hernandez
Xavi Hernandez (zimbio)

BolaSkor.com - Legenda Barcelona dan Spanyol, Xavi Hernandez mengumumkan bakal gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain sepak bola akhir musim ini. Xavi pensiun setelah menjalani karier sepak bola selama 21 tahun.

Xavi yang saat ini membela klub Qatar Al Sadd, mengumumkan keputusan gantung sepatu melalui sebuah surat terbuka. Usai mundur sebagai pemain, Xavi, 39 tahun, berniat melanjutkan karier sebagai pelatih.

Baca Juga:

Di Italia, Mauricio Pochettino dan Jurgen Klopp Sudah Dibunuh

Kembali Serang Manchester United, Mourinho Iri dengan Guardiola dan Klopp

“Suatu keistimewaan bermain sepak bola hingga usia 39 tahun dan saya ingin mengakhiri musim dengan memenangkan Piala Amir dan ingin mencapai babak selanjutnya di Liga Champions Asia.”

“Ini musim terakhir saya sebagai pemain, tetapi saya sangat ingin melihat masa depan saya sebagai seorang manajer.” ungkap Xavi.

Sepanjang kariernya, Xavi mengukir banyak catatan emas, salah satunya tentu saja menjuarai Piala Dunia bersama tim nasional Spanyol. Berikut lima fakta menarik Xavi Hernandez.

1. Dengan 505 pertandingan, Xavi merupakan satu dari sembilan pemain dalam sejarah LaLiga yang bermain lebih dari 500 laga. Xavi hanya kalah dari Andoni Zubizarreta dengan 622 pertandingan.

2. Xavi mencetak lima gol dari 42 kali tampil di El Clasico. Dari 42 pertandingan yang dijalani, Xavi hanya kalah 13 pertandingan.

3. Xavi tampil dalam 36 Derby Catalan menghadapi Espanyol, 25 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

4. Xavi tampil 133 bersama timnas Spanyol. Catatan yang menjadikannya salah satu dari 13 pemain yang mencapai 100 pertandingan untuk timnas Spanyol. Xavi hanya kalah dari Sergio Ramos dengan 162 pertandingan dan Iker Casillas dengan 167 pertandingan.

5. Xavi merupakan pencetak gol ke-1.000 dalam sejarah tim nasional Spanyol. Gol tersebut dicetak saat mengalahkan Irlandia Utara 3-2 di kualifikasi Piala Eropa pada September 2006.

Xavi Hernandez Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan