BolaSkor.com - Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh, mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di Timnas Indonesia. Ronaldo Kwateh tercatat baru berusia 17 tahun 98 hari saat bermain kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1) malam WIB.

Selain Ronaldo, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga memberikan debut kepada Marselino Ferdinan di pertandingan tersebut. Penggawa Persebaya Surabaya tersebut tercatat baru berusia 17 tahun 138 hari.

Baca Juga:

Ronaldo Jadi Pemain Termuda yang Debut di Timnas Indonesia

Muhammad Rafli Ingin Cetak Gol Lawan Timor Leste

Sebelumnya, ada beberapa pemain lain yang pernah memegang status sebagai debutan termuda di Timnas Indonesia. Siapa saja mereka, berikut daftarnya.

1. Boaz Solossa

Boaz Solossa melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat masih berusia 18 tahun 14 hari. Debut Boaz bersama Skuat Garuda terjadi di laga kontra Turkmenistan, 30 Maret 2004.

Sayangnya debut Boaz di Timnas Indonesia tidak berjalan manis karena Turkmenistan menang 3-1. Boaz mendapat panggilan ke timnas setelah tampil bagus di Pekan Olaharaga Nasional (PON) 2004 yang berlangsung di Sumatera Selatan.

2. Egy Maulana Vikri

Nama berikutnya yang masuk daftar debutan termuda di Timnas Indonesia adalah Egy Maulana Vikri. Penggawa FK Senica tersebut baru berusia 17 tahun 190 hari saat debut.

Debut Egy terjadi saat tim Merah-Putih melakoni uji coba dengan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 14 Januari 2018. Dalam pertandingan tersebut Egy tampil dari menit 84.

3. Asnawi Mangkualam Bahar

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, juga masuk dalam daftar debutan termuda di Skuat Garuda. Pemain Ansan Greeners tersebut berusia 17 tahun 141 di laga debutnya.

Momen itu terjadi saat Timnas Indonesia bertanding dengan Myanmar di Stadion Pakansari, Bogor, 21 Maret 2017. Laga itu juga bertepatan dengan debut Luis Milla sebagai juru taktik Timnas Indonesia.

4. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan diturunkan Shin Tae-yong pada menit 66 di laga Timnas Indonesia kontra Timor Leste, Kamis (27/1). Saat tampil di laga tersebut, Marselino baru berusia 17 tahun 138 hari.

Meski bermain dengan senior-seniornya, Marselino tampak tidak 'demam panggung'. Usai pertandingan, penggawa Persebaya Surabaya tersebut mendapat pujian dari Shin Tae-yong.

5. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang mencatatkan debut di Timnas Indonesia. Ia baru berusia 17 tahun 98 hari saat laga Timnas Indonesia kontra Timor Leste, Kamis (30/1) malam WIB.

Dalam pertandingan itu Ronaldo turun di awal babak kedua menggantikan Ramai Rumakiek. Hebatnya, pemain Madura United tersebut berhasil memberikan assist untuk gol pertama Timnas Indonesia yang dilesakkan Ricky Kambuaya pada menit 65.