BolaSkor.com - Setiap kompetisi baik itu sepak bola atau kompetisi manapun pasti akan ditunggu debutan pemain termuda, tak terkecuali Liga 1 2021/2022 ini. Pemain muda pasti selalu ditunggu penampilannya karena pasti akan menarik perhatian.

Kompetisi Liga 1 sudah berjalan sejak tahun 2017 silam. Banyak pemain muda yang mencoba menjalani debut resmi mereka bersama tim. Dari debutan pemain muda tersebut bahkan kini sudah ada pemain yang bermain di luar negeri.

Sama seperti musim sebelumnya, Liga 1 2021/2022 yang baru saja bergulir pada 27 Agustus 2021 dan pasti menghadirkan pemain debutan. Lantas untuk musim kali ini, siapa pemain muda yang menjadi debutan untuk Liga 1 2021/2022 ini.

Baca Juga:

Soal Kartu Merah, Pelatih Arema FC Berpikir Objektif

Imbang Lawan PSM dengan 10 Orang, Perjuangan Arema FC Luar Biasa

BolaSkor.com mencoba menjabarkan deretan pemain muda debutan sejak era Liga 1. Terhitung kini ada lima pemain yang menjalani debut, berikut penjelasannya:

1. Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain asal Makassar ini menjadi pembukan untuk debutan pemain termuda Liga 1. Dia melakoni debut di Liga 1 2017 saat berseragam PSM Makassar. Di usianya yang masih 17 tahun 6 bulan dan 12 hari, Asnawi menghadapi Persela Lamongan.

Perjalanan karier Asnawi selalu meningkat dalam setiap tahunnya. Tiga tahun bermain di Liga 1, kini dia tergabung bersama Ansan Greeners yang bermain di Liga Divisi 2 Korea Selatan. Asnawi pun merupakan pilar penting di Timnas Indonesia.

Asnawi Mangkualam. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)


2. Muhammad Rafi Syarahil

Pada tahun 2018, ada dua pemain muda yang mengawali debutnya bersama tim profesional. Kali ini merupakan pemain asal Barito Putera, Muhammad Rafi. Pada debutnya di Liga 1, Raffi baru berusia 17 tahun 4 bulan 16 hari.

Lewat penampilannya yang cukup mengesankan dan beberapa kali menjadi starter di Barito Putera, dirinya langsung dilirik oleh Indra Sjafri yang merupakan pelatih Timnas Indonesia U-19 saat itu untuk masuk dalam skuatnya.

Rafi Syarahil. (PSSI)


3. Gunansar Mandowen

Persipura Jayapura bisa dibilang menjadi salah satu tim dengan penghasil pemain muda yang sangat baik. Dia melakukan debut di liga profesional saat usianya menginjak 17 tahun, 4 bulan, dan 11 hari.

Tak cuma menjadi salah satu debutan termuda, Gunansar juga tercatat sebagai pencetak gol termuda di Liga 1 saat membobol gawang PS Tira (sekarang Tira Persikabo) di Liga 2018. Dia tercatat berusia 17 tahun 7 bulan dan 20 hari saat mencetak gol tersebut.

Gunansar Mandowen. (Istimewa)


4. Mochamad Supriadi

Supriadi merupakan salah satu pemain andalan Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-16. Bermain di posisi sayap ia selalu bisa menjadi pembeda dan sering juga membantu tim untuk urusan mencetak gol. Supriadi menjalani debut di Liga 1 2019 bersama Persebaya Surabaya.

Ia menjadi nomor dua debutan termuda di era Liga 1 dengan usia 17 tahun 3 bulan dan 1 hari. Dia dimainkan pada pekan ke-16 Liga 1 2019 melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo. Supriadi masuk dari bangku cadangan menggantikan Elisa Basna pada menit ke-45.

Mochamad Supriadi. (PSSI)


5. Ronaldo Kwateh

Putra dari Roberto Kwateh ini menjalani debutnya sebagai pemain termuda di Liga 1 2022/2022 saat Madura United berhadapan dengan TIRA-Persikabo. Pada saat itu, Ronaldo baru berusia 16 tahun 10 bulan 15 hari.

Uniknya, jika beberapa pemain muda tampil dari bangku cadangan, Ronaldo justru tampil sebagai starter. Dia baru digantikan pada menit ke-61 oleh Bayu Gatra. Sayangnya Madura United hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan TIRA-Persikabo di laga tersebut.

Ronaldo Kwateh. (PSSI)