BolaSkor.com - Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk menjadi yang terbaik di dunia sudah berlangsung selama lebih dari satu dekade terakhir. Selain bersaing memperebutkan trofi dan penghargaan individu, keduanya juga kerap berduel langsung di lapangan.

Persaingan Messi dan Ronaldo pasti akan menjadi tajuk utama jika kedua tim yang dibela mereka bertemu. Momen tersebut juga selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Harus diakui, Messi dan Ronaldo berada di level yang berbeda dengan pesepak bola lain seangkatannya. Keduanya seperti berlomba-lomba melampaui prestasi yang telah diraih pesaingnya.

Baca Juga:

5 Mantan Pemain Leeds United yang Menjadi Bintang Premier League

5 Pemain yang Berpotensi Menyelamatkan AS Roma dari Kebangkrutan

5 Momen Pemain Bintang Dikartu Merah karena Hal Konyol

Namun jika dihitung dari duel langsung di lapangan, Messi pantas membusungkan dadanya. Ia lebih sering meraih kemenangan.

Messi dan Ronaldo paling sering bertemu di LaLiga. Namun mereka juga pernah bertemu pada ajang lain mulai dari Copa Del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, hingga laga uji coba internasional.

Dari 35 kali pertemuan, Messi sudah 16 kali mempecundangi Ronaldo. Sementara CR7 baru sepuluh kali mengalahkan Messi dan sembilan sisanya berakhir sama kuat.

Selain unggul dalam jumlah kemenangan, Messi juga memimpin dalam urusan statistik individu. Ia mampu mencetak 22 gol dan 11 assist sedangkan Ronaldo mengoleksi 19 gol dan hanya satu assist.

Berikut lima pertemuan Messi dan Ronaldo yang layak untuk dikenang:

1. Barcelona vs Manchester United (semifinal Liga Champions 2007-2008)

Tanggal 23 April merupakan kali pertama Messi dan Ronaldo bertemu langsung di lapangan. Saat itu Barcelona menjamu Manchester United pada leg pertama semifinal Liga Champions 2007-2008.

Ronaldo ketika itu sudah menjadi tumpuan utama lini depan Manchester United. Sementara Messi masih membagi peran tersebut dengan Samuel Eto'o.

Pertemuan pertama dua megabintang tersebut berakhir anti klimaks. Tak ada satu pun gol tercipta dalam pertandingan ini yang diwarnai kegagalan Ronaldo dalam mengeksekusi penalti.


2. Manchester United vs Barcelona (final Liga Champions 2008-2009)

Laga final Liga Champions 008-2009 menjadi pertemuan ketiga Messi dan Ronaldo. Namun ini kali pertama terjadi di partai puncak.

Messi kini telah menjadi andalan utama Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola. Sementara Ronaldo ketika itu berstatus sebagai pemain terbaik dunia.

Messi akhirnya keluar sebagai pemenang dalam pertandingan ini. Ia menyumbang satu gol yang memastikan kemenangan Barcelona dengan skor 2-0.

Setelah pertandingan ini, Ronaldo memutuskan hengkang ke Real Madrid. Sejak saat itu pertemuan keduanya menjadi hal yang rutin terjadi di Spanyol.


3. Barcelona vs Real Madrid (LaLiga 2010-2011)

Duel yang berlangsung pada 29 November 2010 bisa dibilang menjadi pertemuan Messi dan Ronaldo paling brutal. Ya, Real Madrid yang ditangani Jose Mourinho menerapkan permainan kasar untuk meredam Barcelona.

Messi berkali-kali dilanggar secara keras oleh para pemain Madrid. Sergio Ramos akhirnya harus dikartu merah karena hal tersebut.

Dalam pertemuan ini, Messi bisa dibilang unggul mutlak dari Ronaldo. Meskipun keduanya sama-sama tak mencetak gol.

Namun Messi menyumbang dua assist dan sukses mengobrak-abrik pertahanan Madrid. Sementara Ronaldo nyaris tak terlihat karena minimnya suplai bola dari lini tengah.


4. Argentina vs Portugal (Uji coba tahun 2011)

Setelah beberapa kali terjadi di level klub, Messi dan Ronaldo akhirnya juga bertemu ketika membela negara masing-masing. Momen tersebut terjadi pada sebuah laga uji coba antara Argentina kontra Portugal pada 9 Februari 2011 di Estadio El Monumental.

Meski bertajuk uji coba, Duel ini berlangsung seru. Tekad Messi dan Ronaldo untuk meraih kemenangan sangat terlihat di lapangan.

Kedua pemain sama-sama mencetak gol dalam pertandingan ini. Namun Messi akhirnya unggul dalam pertemuan ini karena juga menyumbang satu assist dan membawa Argentina menang 2-1.


5. Real Madrid vs Barcelona (Final Copa Del Rey 2010-2011)

Ronaldo sempat menelan serangkaian hasil buruk saat bertemu Messi sejak hengkang ke Madrid pada musim panas 2009. Namun rekor buruk itu bisa ia akhiri pada waktu yang tepat.

Ya, kemenangan pertama Ronaldo atas Messi dengan seragam Madrid langsung berbuah trofi. Momen tersebut terjadi pada final Copa Del Rey 2010-2011.

Laga di Stadion Mestalla itu merupakan empat El Clasico terakhir dalam tiga pekan terakhir. Madrid dan Barcelona juga bertemu di semifinal Liga Champions yang berakhir manis bagi El Barca.

Seperti biasa pertemuan kedua tim selalu berlangsung sengit. Laga bahkan harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah tak ada gol tercipta hingga waktu normal berakhir.

Ronaldo akhirnya tampil sebagai pahlawan Madrid. Ia mencetak gol kemenangan melalui sundulan kepala.

Kemenangan ini tak hanya berbuah trofi juara. Namun Los Blancos juga berhasil menggagalkan ambisi Barcelona untuk meraih treble winners keduanya setelah tahun 2009.

Selain lima pertandingan di atas, pertemuan Ronaldo dan Messi juga berlangsung sengit. Bahkan El Clasico tak pernah berakhir tanpa adanya gol saat keduanya bertemu di lapangan selama sembilan tahun.

Keputusan Ronaldo hengkang ke Juventus pada musim panas 2018 membuat pertemuannya dengan Messi di lapangan harus terhenti sementara. Dengan usia yang tak muda lagi, peluang keduanya untuk kembali beradu di lapangan semakin kecil.