5 Fakta Ansan Greeners, Klub Korsel yang Kontrak Asnawi Mangkualam

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 22 Januari 2021
5 Fakta Ansan Greeners, Klub Korsel yang Kontrak Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam Bahar berduel dengan Ilham Udin. (Twitter Liga 1)

BolaSkor.com - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pembicaraan. Hal ini tak lepas dari informasi perekrutannya oleh Ansan Greeners FC yang muncul Jumat (22/1).

Seperti yang dijelaskan pemimpin tim tersebut Joo Chan-yong via KBS, bahwa Ansan Greeners memutuskan mengontrak Asnawi selama satu tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Keputusan ini membuat Asnawi menjadi pemain Indonesia pertama berseragam klub K-League. Sebelumnya, K-League turut dihiasi penggawa Vietnam Nguyen Cong Phuong yang bermain untuk Incheon United.

Baca Juga:

Asnawi Dikontrak Ansan Greeners, PSM Makassar Angkat Bicara

Kontrak Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners Utarakan Harapan

Nama Ansan Greeners memang belum cukup familier. Tak seperti Pohang Steelers, Ulsan Hyundai, atau Jeonbuk Hyundai. Maklum karena Ansan Greeners FC merupakan klub kasta kedua Korea Selatan atau K-League 2.

Ansan Greeners juga baru berumur pendek dalam sejarah sepak bola Korea Selatan. BolaSkor.com mencoba menyajikan lima fakta tentang klub berjuluk Green Wolves, apa saja?

1. Berdiri 2017

Sebelum kemunculan Ansan Greeners, kota Ansan lebih dulu memiliki klub bernama Ansan Police FC. Klub terbentuk dan dideklarasikan pada 2014, hasil kerja sama kota dengan tim kepolisian.

Nama klub berubah pada 2016. Ansan Mugunghwa menjadi nama baru. Mugunghwa berarti hibiscus syriacus dan merupakan simbol dari Kepolisian Korea.

Ansan Greeners baru berdiri pada 21 Februari 2017. Itu setelah Ansan Mugunghwa dibubarkan usai musim 2016.

Tim kepolisian pindah ke kota Asan dan membuat klub bernama Asan Mugunghwa FC, sementara kota Ansan membentuk klub setelah menerima persetujuan keanggotaan K League.

We are Green Wolves menjadi tagline di musim pertama. Sementara Lee Heung-sil menjadi manajer pertama.

Walikota Ansan tercatat sebagai pemilik. Artinya kini dipegang oleh Yoon Hwa-seop.

Pada 2017, Ansan Greeners finis di tempat kesembilan. Posisi itu kembali ditempati pada musim berikutnya. Sedangkan di K-League 2 2019 finis di tempat kelima.

Sesuai informasi di laman klub, Ansan Greeners FC juga punya tim U-18, U-15, dan U-12.

2. Stadion

Stadion Ansan Wa. (Ansan Greeners)

Ansan Greeners bermarkas di Stadion Ansan Wa. Stadion yang dibangun mulai 2003 dan dibuka 28 Maret 2007 berkapasitas 35 ribu tempat duduk.

3. Maskot

Sepasang maskot Ansan Greeners. (Ansan Greeners)

Klub ini memiliki sepasang maskot serigala. Pertama adalah Ronny yang memiliki alis putih dan Danny beralis kuning. Ronny melambangkan Sangnok-gu, sementara Danny menggambarkan Danwon.

Sementara itu suporternya dikenal dengan nama Verdor yang sudah ada sejak 2017.

Baca Juga:

Asnawi Mangkualam Dikontrak Klub Korea Selatan, Shin Tae-yong Beri Pendapat

Gelandang Persib Beckham Putra Sebut Dapat Tawaran dari Klub Montenegro

4. Rivalitas dengan FC Anyang

Ansan Greeners punya rivalitas dengan FC Anyang. Rivalitas keduanya dibungkus dalam The 4 Line Derby.

Rivalitas ini bermula pada 2016, ketika Walikota Ansan saat itu menantang Walikota Anyang jelang pertemuan Ansan Mugunghwa dengan FC Anyang. Tantangan tersebut yakni memakai jersey tim lawan jika tim dari kotanya kalah.

Jelang pertandingan, Walikota Ansan membuat provokasi dengan memakai jersey Ansan Mugunghwa bernama punggung Walikota Anyang dengan nomor 3-0.

5. Pelatih

Kim Gil-sik. (K League)

Ansan Greeners ditangani Kim Gil-sik, yang diumumkan sebagai pelatih sejak 31 Desember 2019. Kim Gil-sik tercatat pernah memberikan jasa di Jeonnam Dragons sebagai pemantau bakat, Gwangju sebagai pelatih. Ia juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Korea Selatan U-16 dan U-17. Selain itu pernah menjadi pelatih Daejeon Citizen.

Ansan Greeners FC Asnawi Mangkualam Korea selatan Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan