5 Fakta El Gran Derbi, Betis Coba Hentikan Tren Apik Sevilla

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 31 Desember 2020
5 Fakta El Gran Derbi, Betis Coba Hentikan Tren Apik Sevilla

BolaSkor.com - Rivalitas di LaLiga tidak hanya terjadi antara Barcelona dengan Real Madrid atau yang dikenal dengan El Clasico. Masih ada persaingan lain yang tidak kalah panas, salah satunya duel klub asal Andalusia, Real Betis dan Sevilla. Saking besarnya, Derby Kota Sevilla mendapat sebutan El Gran Derbi alias Derby Besar.

Pada pekan ke-17 LaLiga, El Gran Derbi akan dihelat Sabtu (2/1) malam WIB di Stadion Benito Villamarin, markas Betis. Pertarungan dua klub Seville ini selalu ditunggu karena dikatakan mampu memecah kota, bahkan keluarga.

Di kancah LaLiga, El Gran Derbi sudah 50 kali terjadi. Yang menarik, sepanjang sejarah tercatat hanya sembilan pemain yang pernah memperkuat Betis dan Sevilla.

Baca juga:

Sejarah Rivalitas Manchester United Vs Leeds United

Takumi Minamino dan 6 Pemain dari Jepang yang Mencetak Gol di Premier League

Karut-marut Arsenal di Era Kepemimpinan Si Gubernur, Mikel Arteta

El Gran Derbi merupakan laga yang sangat penting bagi Kota Sevilla karena kota ini akan terbelah menjadi dua pada saat laga berlangsung. Tidak seperti kota lainnya di Spanyol maupun Eropa, kedua klub asal kota ini memiliki jumlah penggemar yang hampir berimbang.

Kedua klub telah berdiri lebih dari satu abad, yang membuat derby ini menjadi salah satu persaingan terlama dalam dunia sepak bola. Derby resmi pertama terjadi pada 1915, dengan kemenangan 1-0 di pihak Betis berkat gol yang digawangkan oleh Alberto Henke.

Derby tersebut sudah dianggap sebagai laga bergengsi, bahkan klub yang memenangkan pertandingan berparade di pusat kota dengan memamerkan pialanya.

Secara tidak resmi, kedua klub ini telah berselisih jauh sebelum derby resmi. Kemenangan pertama Betis atas Sevilla terjadi pada Hari Valentine tahun 1909. Meskipun hari itu terkenal sebagai hari penuh cinta, tidak pernah ada cinta di antara kedua klub sejak saat itu.

Berikut 5 fakta menarik yang perlu diketahui dari laga El Gran Derbi, Real Betis versus Sevilla.

1. Punya Sejarah Panjang

Secara resmi derby pertama terjadi pada 1915, tidak lama setelah Betis didirikan. Kala itu Betis meraih kemenangan tipis 1-0. Namun jika melihat lebih jauh, sejatinya persaingan kedua kubu sudah terjadi jauh ke belakang, dalam sebuah laga tidak resmi pada Hari Valentine 1909.


2. Sama-sama Pernah Berjaya

Tidak banyak klub yang mampu menjadi juara di kompetisi liga Spanyol. Betis dan Sevilla adalah dua dari sembilan klub yang bisa melakukannya. Real Betis menjadi juara pada musim 1934-35, sedangkan Sevilla satu dekade kemudian.


3. Jose Antonio Reyes Tersubur Abad ke-21

Memasuki abad ke-21, Jose Antonio Reyes merupakan pemain yang paling sering mencetak gol dalam derby ini dengan lima gol. Disusul oleh Frederic Kanoute dan Kevin Gameiro dengan empat gol.


4. Derby di Kompetisi Antarklub Eropa

El Gran Derbi juga pernah terjadi di ajang Eropa, tepatnya di babak 16 besar Liga Europa musim 2013-14. Setelah saling mengalahkan 2-0, duel harus ditentukan lewat adu penalti yang dimenangkan Sevilla. Kala itu Sevilla sendiri keluar menjadi juara.


5. Skor 22-0

Pada 1918 sebuah kejadian unik terjadi dalam El Gran Derbi. Saat itu Sevilla berhasil menang dengan skor spektakuler 22-0. Penyebab skor besar ini sendiri hingga kini masih menjadi perdebatan. Akan tetapi kala itu Betis sengaja menurunkan tim muda mereka sebagai bentuk protes karena dua pemain mereka dilarang tampil karena masih terikat wajib militer.

LaLiga Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan