BolaSkor.com - Duel bertajuk Der Klassiker antara Bayern Munchen kontra Borussia Dortmund akan berlangsung Minggu, (10/11) dini hari WIB. Laga yang menarik karena kali ini Bayern sudah tidak lagi dilatih oleh Niko Kovac yang tengah pekan lalu didepak.

Meski demikian, duel antara dua kekuatan dominan Bundesliga ini dipastikan akan berjalan sengit dan ketat. Melihat ke belakang, banyak sekali kejadian menarik mewarnai laga.

Berikut lima fakta unik dari duel Klassiker Bayern Munchen vs Borussia Dortmund.

Baca juga:

5 Pelatih yang Cocok Tangani Bayern Munchen Setelah Niko Kovac

Arsene Wenger Bantah Bicara dengan Bayern Munchen, tetapi...


1. Bayern Unggul Jauh

Secara keseluruhan, soal rekor pertemuan Bayern unggul atas Dortmund, dengan 45 kemenangan Bundesliga berbanding 24 yang diraih Dortmund. Bayern hanya dua kali gagal menang dan sekali kalah dalam delapan pertemuan terakhir. Seadngan dalam selisih gol Bayern sudah menjaringkan 188 dibandingkan 119 milik Dortmund.


2. Kekuatan Dominan

Setelah mencuat sebagai penantang utama Bayern di era 1990-an, Dortmund mengalami jeda sebelum Jurgen Klopp membangkitkan mereka. Pada era Klopp Dortmund bersama Bayern menjadi kekuatan dominan di sepak bola Jerman.
Sejak saat itu kedua tim merasakan juara Bundesliga. Dalam sembilan musim terakhir Bayern tujuh kali menjadi kampiun, sedangkan Dortmund dua kali. Bahkan sejak 2009, Bayern dan Dortmund telah meraih 15 dari 18 gelar domestik; Bundesliga dan Piala Jerman.


3. Duel Pertama

Duel pertama antara dua kubu di Bundesliga terjadi pada 16 Oktober 1965 di Munich. Kala itu Dortmund keluar sebagai pemenang berkat dua gol dari Reinhold Wosab.

Satu catatan menarik dari laga itu adalah ketika pemain muda Bayern yang digadang-gandang akan menjadi bintang, Franz Beckenbauer, gagal mengeksekusi penalti.


4. Duel Paling Keras

Meski selalu sengit dan acap diwarnai pertikaian di atas lapangan, namun yang terjadi pada laga April 2001 terbilang berbeda.

Laga tersebut hingga saat ini disebut sebagai duel Klassiker paling keras sepanjang sejarah. Dalam laga itu wasit harus mengeluarkan sepuluh kartu kuning, hingga kini merupakan rekor Bundesliga.

Delapan dari sepuluh kartu kuning dikeluarkan wasit kepada pemain Bayern. Lebih parah lagi, tiga pemain terpaksa mengakhiri laga lebih awal setelah diusir wasit, Lizarazu dan Stefan Effenberg dari Bayern, serta Evanilson dari Dortmund. Laga sendiri berakhir imbang 1-1.


5. Penyerang Jangkung Jadi Kiper

Pada November 2002 penyerang jangkung Dortmund Jan Koller terpilih masuk ke dalam team of the week majalah Kicker. Uniknya Koller ditempatkan sebagai kiper.

Hal itu karena Koller tampil apik saat menjadi kiper pada laga Klassiker. Koller menjadi kiper setelah Jens Lehmann diusir wasit. Saat menjadi kiper, Koller berhasil menjaga gawangnya tidak kebobolan meski pada akhirnya Dortmund kalah 1-2.