5 Fakta Menarik dari Kemenangan Man United di Derby Manchester

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 15 Januari 2023
5 Fakta Menarik dari Kemenangan Man United di Derby Manchester
Manchester United 2-1 Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United melanjutkan tren kemenangannya dalam lanjutan Premier League 2022-2023. Kali ini Setan Merah mengalahkan Manchester City dalam laga bertajuk Derby Manchester.

Pada laga yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1), Manchester United menang dengan skor 2-1. Hasil itu diraih lewat comeback dramatis.

Duel dua rival sekota ini berlangsung ketat sejak awal. Manchester United berhasil mengimbangi permainan Manchester City meski tetap kalah dalam penguasaan bola.

Baca Juga:

Manchester United 2-1 Manchester City: Gol Kontroversial Nodai Derby

Soal Gol Kontroversial Manchester United, Pep Guardiola Ogah Berpolemik

Golnya Dianggap Kontroversial, Bruno Fernandes Jelaskan Apa yang Terjadi

Manchester City seperti akan memenangi pertandingan usai Jack Grealish memecah kebuntuan lewat sundulan pada menit ke-60. Suporter Manchester United yang memadati Old Trafford sempat terdiam.

Namun Manchester United menunjukkan semangat pantang menyerahnya. Tim asuhan Erik ten Hag itu secara tak terduga mampu membalikkan kedudukan hanya dalam tempo empat menit.

Gol kontroversial Bruno Fernandes membuat kedudukan seimbang pada menit ke-78. Para pemain Manchester City memprotes gol ini karena dianggap Marcus Rashford lebih dulu terjebak dalam posisi offside.

Rashford akhirnya menjadi penentu kemenangan Manchester United pada menit ke-82. Sontekannya memanfaatkan umpan Alejandro Garnacho menembus sela-sela kaki Ederson dan menggetarkan jala gawang Manchester City.

“Babak pertama kami bermain sangat baik. Bertahan dengan sangat baik, proaktif saat serangan balik. Babak kedua, pemain pengganti mengubah permainan," kata Ten Hag usai laga.

“Kepercayaan diri tim ini telah kembali. Namun jalan masih panjang.”

Kemenangan Manchester United dalam laga derby ini juga diiringi sejumlah fakta menarik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Marcus Rashford menjadi pemain Manchester United pertama yang mampu mencetak gol dalam tujuh laga beruntun sejak Cristiano Ronaldo melakukannya pada April 2008.

2. Alejandro Garnacho (18 tahun 197 hari) menjadi pemain termuda yang membukukan assist pada Derby Manchester di Premier League.

3. Manchester United menjadi tim pertama yang mampu membalikkan kedudukan saat melawan Manchester City sejak Agustus 2021.

4. Sebanyak 27 gol dari total 67 gol Marcus Rashford di Premier League menjadi penentu kemenangan Manchester United. Persentasenya mencapai 40,3 persen atau yang tertinggi dari pemain lain dengan koleksi minimal 50 gol.

5. Expected Goal (xG) Manchester United menyentuh angka 2,07 dalam pertandingan ini atau unggul 1,31 dari Manchester City yang hanya berada di angka 0,76. Selisih xG ini menjadi yang terbesar dialami Manchester City sejak September 2020.

Manchester United Manchester City Derby Manchester Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan