BolaSkor.com - Palmeiras menahbiskan diri sebagai juara Copa Libertadores 2020. Pada partai final, tim berjuluk Alviverde itu mengalahkan sesama wakil Brasil, Santos.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Maracana, Minggu (31/1) dini hari WIB, Palmeiras menaklukkan dengan skor tipis 1-0. Kemenangan itu diraih dengan dramatis lewat gol di masa injury time.

Kedua tim memang bermain imbang tanpa gol hingga waktu normal berakhir. Palmeiras akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat sundulan Breno Henrique Lopes saat masa injury time memasuki menit kesembilan.

Baca Juga:

Eropa dan Peran Besarnya di Balik Keberhasilan Flamengo Juara Copa Libertadores

Pelatih Flamengo Nilai Final Copa Libertadores Lebih Seru ketimbang Liga Champions 2018-19

Terpincut Rekrut Bintang Palmeiras, AC Milan Berlomba dengan Waktu

Keberhasilan ini langsung disambut gembira segelintir suporter Palmeiras yang hadir langsung di stadion. Namun mereka tak bisa langsung bersantai karena harus segera terbang ke Qatar untuk mengikuti Piala Dunia Antarklub.

Palmeiras akan bersaing dengan para juara dari benua lain. Bayern Munchen yang berstatus juara Liga Champions akan menjadi pesaing berat mereka untuk berjaya di turnamen ini.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih jauh tentang Palmeiras. Berikut lima fakta menarik yang mengiringi kesuksesan klub asal Brasil Tersebut:

1. Trofi Copa Libertadores kedua

Gelar Copa Libertadores 2020 merupakan yang kedua diraih Palmeiras sepanjang sejarah klub. Sebelumnya, mereka juga menjuarai ajang yang sama pada tahun 1999.

Palmeiras menjadi satu dari empat klub Brasil yang mengoleksi dua trofi Copa Libertadores. tiga klub lainnya yaitu Cruzeiro, Internacional, dan Flamengo.

Palmeiras juga menjadi salah satu klub Brasil yang paling banyak di final dengan lima penampilan. Sayang, tiga kesempatan lainnya berakhir dengan mengecewakan.


2. Lanjutkan dominasi tim Brasil

Flamengo juara Copa Libertadores 2019

Keberhasilan Palmeiras melanjutkan dominasi wakil Brasil di Copa Libertadores. Musim lalu, gelar juara berhasil diraih oleh Flamengo.

Tim asal Brasil tercatat sudah mengoleksi 20 gelar Copa Libertadores. Namun jumlah tersebut masih kalah dengan Argentina yang mampu mengumpulkan 25 trofi.


3. Ditangani pelatih luar Amerika Selatan

Abel Fereira baru tiga bulan menangani Palmeiras.

Keberhasilan Palmeiras menjuarai Copa Libertadores 2020 tak lepas dari tangan dingin Abel Fereira. Menariknya, sang pelatih berasal dari Portugal.

Fereira menjadi pelatih asal Portugal kedua yang mampu meraih trofi Copa Libertadores. Ia juga menjadi juru taktik Eropa dan non Amerika Latin dengan status serupa.

Menariknya, Fereira baru menangani Palmeiras sejak Novermber silam. Sebelumnya, ia berkarier di dalam negeri bersama Sporting Lisbon, Braga, Vitoria Guimaraes, dan Penafiel.


4. Diperkuat banyak pemain jebolan Eropa

Felipo Melo dan Luiz Adriano

Materi pemain Palmeiras banyak diisi oleh sejumlah nama yang pernah berkarier di Eropa. Beberapa di antaranya bahkan sempat memperkuat tim besar.

Nama-nama seperti Felipe Melo dan Luiz Adriano tentu sudah cukup familiar. Ada juga Gustavo Gomez yang pernah memperkuat AC Milan.


5. Punya wonderkid yang jadi buruan klub-klub Eropa

Gabriel Veron

Palmeiras juga diperkuat salah satu wonderkid terbaik dunia saat ini. Pemain yang dimaksud adalah Gabriel Veron.

Berposisi sebagai sayap kanan, Veron merupakan pemain terbaik Piala Dunia U-17 2019. Ia kini mulai dikaitkan dengan sejumlah klub top Eropa termasuk Manchester United.