BolaSkor.com - Timnas Italia melaju mulus di gelaran Piala Eropa 2020. Gli Azzurri belum terkalahkan sejak fase grup.

Di babak 16 besar, Italia harus bermain hingga 120 menit untuk memastikan langkah ke fase berikutnya. Nama Federico Chiesa mencuri perhatian karena mencetak gol pembuka bagi tim asuhan Roberto Mancini pada menit ke-95.

Chiesa langsung disebut sebagai supersub. Di sinilah banyak pengamat yang menilai pelatih Italia Roberto Mancini memiliki skuad yang mewah. Dia bisa bergantian menurunkan pemain yang dinilainya pantas tampil.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Italia 2-1 Austria: Gli Azzurri Menang Susah Payah

Piala Eropa 2020: Timnas Italia Punya Kedalaman Skuad Terbaik

Denmark Sang Kuda Hitam: Talenta Muda, Inspirasi Eriksen, dan Roligans

Masuk sebagai pemain pengganti pun tidak menjadi masalah bagi pemain macam Chiesa, yang di tim lain hampir pasti menjadi pilihan utama. Pada akhirnya, di timnas Italia, semua pemain adalah starter, dan Chiesa adalah bukti nyata setiap pemain bisa berkontribusi.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Federico Chiesa.


1. Anak Legenda Italia

Federico adalah anak dari Enrico Chiesa, salah satu penyerang Italia yang aktif membela timnas sejak 1996-2001. Federico lahir setahun setelah sang ayah mencetak gol di Piala Eropa 1996.


2. Gol Piala Eropa

Enrico Chiesa mencetak gol pertama di Piala Eropa 1996 saat Italia takluk dari Republik Ceko 1-2 di Anfield. Selang 25 tahun kemudian, Federico Chiesa mencetak gol di fase 16 besar saat Italia mengalahkan Austria 2-1.


3. Prediksi Jitu Crespo

Penyerang Argentina Hernan Crespo, yang pernah menjadi rekan setim Enrico di Parma, yakin bahwa Federico akan menjadi pemain yang hebat.

"Putra Enrico, Federico, pasti akan menjadi pemain hebat. Saya telah melihatnya bermain di taman rumah mereka sejak dia masih kecil. Sungguh luar biasa, dia memiliki gerakan yang persis sama dengan ayahnya," kata Crespo dalam wawancara 10 tahun silam.


4. Gagal Lawan Ronaldo

Federico Chiesa mengaku ingin berhadapan dengan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020

"Saya berharap Cristiano lolos karena akan luar biasa menghadapinya di perempat final. Saya bermain dengannya tahun ini di Juventus dan dia adalah salah satu yang terhebat yang pernah ada," kata Chiesa.

Kalahnya Portugal dari Belgia di 16 besar, membuat Chiesa gagal melawan Ronaldo.


5. Gelar Internasional Pertama Chiesa

Italia sudah tak terkalahkan 31 laga di semua ajang sejak September 2018. Chiesa berpotensi untuk merengkuh gelar perdananya di ajang internasional, jika Azzuri bisa konsisten hingga laga pamungkas. (sav)

Simak Rangkuman Keseruan Piala Eropa 2020 di sini