BolaSkor.com - Ja Morant dari Memphis Grizzlies dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik atau Rookie of the Year NBA (ROTY) 2019-20. Pilihan kedua dalam Draft NBA 2019 tersebut rata-rata membukukan 17,8 poin, 3,9 rebound, dan 7,3 assist per laga.

Morant juga sukses membawa Grizzlies ke Playoff Wilayah Barat. Morant adalah pemain kedua yang memenangkan gelar ROTY bersama Grizzlies, setelah Pau Gasol di musim 2001-2002.

Baca Juga:

Pernah Jadi Juri NBA Slam Dunk Contest, Pemeran Black Panther Tutup Usia

5 First Pick di NBA Draft Paling Gagal Selama 20 Tahun Terakhir

Morant menerima 99 suara pertama dari panel global yang terdiri dari 100 penulis olahraga dan penyiar dan memperoleh total 498 poin. Guard Miami Heat Kendrick Nunn finis di posisi kedua dengan 204 poin. Sedangkan jagoan New Orleans Pelicans Zion Williamson finis di tempat ketiga dengan 140 poin.

Morant, yang berusia 21 tahun itu berhak menerima Eddie Gottlieb Trophy sebagai Rookie of the Year 2019-2020. Gottlieb adalah salah satu pendiri NBA dan Naismith Memorial Basketball Hall of Famer.

"Saya perlu mencari tahu siapa orang yang tidak memilih saya lebih dulu. Saya juga ingin berterima kasih kepada mereka yang sudah memberiku motivasi untuk melakukan yang terbaik," ujar Morant dilansir dari New York Times.

Berikut fakta menarik dari Ja Morant, NBA Rookie of the Year 2019-20.

1. Darah Pebasket

Temetrius Jamel "Ja" Morant lahir 10 Agustus 1999 di Dalzell, South Carolina. Tee Morant, ayah Ja, merupakan rekan setim Ray Allen saat SMA di Hillcrest High.


2. Koneksi Zion

Pada tahun kedua SMA Morant bermain bersama Zion Williamson yang satu tahun di bawahnya. Mereka bermain membela tim regional the South Carolina Hornets.


3. Telat Nge-dunk

Dengan postur yang tergolong kecil, Ja Morant tidak bisa melakukan dunk hingga tahun terakhir di SMA. "Sebelum itu saya paling bisa satu kali dunk dari 25 percobaan," kata dia di laman NBA.


4. Dianggap Bukan Prospek

Lepas dari SMA, Morant tidak masuk dalam daftar rekrutan unggulan. Bahkan Murray State merekrutnya secara tidak sengaja. Kala itu asisten pelatih James Kane sedang mencari pemain lain di luar daftar dan menemukan Morant.


5. Rookie 2019 Pertama Diikat Nike

Morant merupakan pemain pertama draft 2019 yang mendapatkan kontrak sepatu (bersama Nike). Morant mengumumkannya beberapa saat sebelum Draft.