BolaSkor.com - Timnas Indonesia memulai langkahnya di Piala AFF 2018, Jumat (9/11). Skuat Garuda menghadapi tuan rumah Singapura, pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di Stadion National, hari ini pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia sudah akrab dengan Singapura. Maklum, kedua tim memang sering bertemu di ajang Piala AFF.

Terakhir kali, Timnas Indonesia mengandaskan perlawanan Singapura 2-1. Ketika itu, kedua tim bertemu di laga terakhir Grup A Piala AFF 2016 lalu. Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal, sedangkan Singapura gugur di babak penyisihan.

Tentu perjalanan panjang mewarnai kedua tim, dengan deretan fakta menarik. Untuk itu, BolaSkor.com memberikan 5 fakta menari jelang laga Singapura kontra Timnas Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Sepanjang Piala AFF, kedua tim sudah bertemu 8 kali sejak pertama kali pada tahun 1998. Timnas Indonesia meraih dua kemenangan, Singapura empat kemenangan, dan dua laga berakhir imbang.

2. Andik dan Stefano Lilipaly adalah dua pencetak gol terakhir Timnas Indonesia ke gawang Singapura, pada ajang Piala AFF. Keduanya mencetak gol pada Piala AFF 2016 lalu. Kini, keduanya masuk ke skuat Timnas Indonesia Piala AFF 2018.

3. Kedua tim dilatih pelatih lokal yang sama-sama bekas mantan pemain tim nasional masing-masing. Ada Fandi Ahmad di kubu Singapura, dan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia.

4. Fandi Ahmad dan Noh Alam Shah merupakan pelatih serta asisten juru racik formasi Singapura, yang pernah sukses di Indonesia. Fandi Ahmad membawa klub asal Surabaya, Niac Mitra, juara Galatama 1982. Noh Alam Shah bawa Arema Indonesia juara ISL 2009-2010.

5. Khairul Amri jadi pemain terakhir Singapura yang membobol gawang Timnas Indonesia di Piala AFF. Hal itu terjadi kala Singapura kalah 1-2 dari Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016.