5 Fakta Menarik Kiper Baru Arsenal dari Amerika Serikat, Matt Turner

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 15 Februari 2022
5 Fakta Menarik Kiper Baru Arsenal dari Amerika Serikat, Matt Turner
Matt Turner (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal memang pasif pada bursa transfer musim dingin (Januari) 2022 lalu. Pemain-pemain buruan The Gunners lepas dari genggaman seperti Bruno Guimaraes dan Dusan Vlahovic.

Mikel Arteta, manajer Arsenal berdalih klub sudah melakukannya dengan benar alih-alih merekrut pemain yang tak dapat meningkatkan kualitas skuad. Kendati pasif pada Januari lalu, Arsenal sudah bersiap untuk musim depan.

Satu nama yang dipastikan bakal mendarat pada musim panas 2022 adalah kiper asal Amerika Serikat, Matt Turner, yang diplot untuk bersaing dengan Bernd Leno dan Aaron Ramsdale. Kabar itu dikonfirmasi oleh Fabrizio Romano.

Baca Juga:

Kartu Merah Lagi, Arsenal Masih Punya Masalah Disiplin

Youri Tielemans Jadi Rebutan Manchester United, Liverpool, dan Arsenal

Bukan Penyerang atau Gelandang, Arsenal Malah Dapat Kiper Baru

"Resmi, dikonfirmasi. New England Revolution mengumumkan kesepakatan penuh yang tercapai dengan Arsenal untuk kiper timnas Amerika Serikat, Matt Turner. Done deal," tutur Romano.

"Turner akan bergabung dengan Arsenal pada Juli, siap untuk musim depan - dia bermimpi bermain di sepak bola Premier League."

Turner sudah menjadi pemain favorit fans ketika kisah Cinderella-nya membawanya ke New England, mulai menjadi kiper sejak 2018. Semenjak saat itu kiper berusia 25 tahun memanfaatkan kesempatan dengan baik.

BolaSkor.com telah mengumpulkan lima fakta menarik mengenai kiper baru Arsenal pada musim baru nanti. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Pemula di Sepak Bola SMA

Perjalanan Turner hingga bermain di MLS (Major League Soccer) cukup tradisional. Turner mulai bermain sepak bola semasa SMA sebagai pemain outfield untuk menjaga kebugaran demi dua olahraga populer di Amerika Serikat, basket dan baseball.

Pada hari kedua Turner tak mau kembali bermain bola, tapi ayahnya meyakinkannya untuk menggunakan sarung tangan kiper saudarinya dan mencoba posisi kiper. Turner mencobanya dan semenjak saat itu ia jadi kiper.

Ketika berusia 16 tahun saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Turner menemukan passion baru di dunia sepak bola ketimbang baseball. Pada akhirnya Turner bermain di tim sepak bola Fairfield University. Sejak saat itu juga Turner terus mengasah kemampuannya sebagai kiper.

2. Kisah Cinderella

Pada 2018 mantan kiper AS yang pernah bermain di Premier League, Brad Friedel melatih New England. Semua pemain punya kans unjuk gigi, termasuk Turner yang saat itu hanya jadi kiper ketiga selama dua musim pertamanya di klub.

Friedel tetap memercayainya dan pada 2019 situasi berubah, posisi kiper utama ditempati Brad Knighton. Namun staf kepelatihan berubah kala Bruce Arena mengambilalih dari Brad Friedel.

Arena memberi kans Turner tampil sebagai kiper nomor satu selama 20 laga, Turner pun menempati urutan lima Kiper Terbaik MLS pada 2019. Statistiknya peringkat tiga persentase penyelamatan (74,8), lima dalam persentase kemenangan (63,9), dan kedua dalam jumlah penyelamatan per 90 menit (4,54).

Begitu cepat situasi berubah untuk Matt Turner dalam kisah cinderella dari perjuangan dan kerja kerasnya itu.

3. Dipanggil Timnas Amerika Serikat

20 laga di bawah Arena sudah cukup membawanya dipanggil ke timnas Amerika Serikat untuk kali pertama pada 2019. Turner mengikuti pemusatan latihan dalam mempersiapkan Concacaf Nations League serta pemusatan latihan tahunan pada Januari 2020.

“Itu benar-benar karena Anda dipanggil untuk mengambil peran yang berbeda. Ada peran (dengan Revs) di mana saya lebih dari seorang pemimpin, lebih mapan, dan di sana (timnas AS) saya seorang pemula dan tidak memiliki banyak pengalaman. Pemusatan latihan ini membantu saya tumbuh," tutur Turner yang kini punya 16 caps dengan timnas.

4. Kemampuan

Refleks jadi salah satu kelebihan utama dalam permainan Turner sebagai kiper. Menilik dari Whoscored, Turner punya kekuatan menghentikan tendangan, melakukan penyelamatan jarak dekat dan bola tendangan jarak jauh, serta kuat dalam penyelamatan penalti.

Kehadiran Turner akan semakin memanaskan persaingan kiper Arsenal yang sudah punya dua kiper bagus, Leno dan Ramsdale.

5. Kata Mereka soal Matt Turner

Gregg Berhalter, pelatih timnas AS dibuat kagum dengan perjalanan karier cepat dan penuh perjuangan Turner. Berhalter juga memuji semangat kerja keras pantang menyerah Turner.

"Ini hanya cerita yang luar biasa dan itu semua tergantung padanya, etos kerjanya, keyakinannya pada dirinya sendiri dan sikapnya yang tidak pernah menyerah," kata Berhalter soal Turner.

“Ini adalah cerita yang hebat dan Matt adalah pria yang hebat, rekan setim yang hebat dan kami beruntung memilikinya. Malam ini adalah contoh di mana dia melakukan semua yang harus dia lakukan."

“Dia tenang dalam semua situasi. Tidak banyak diuji tetapi ada di sana ketika kami membutuhkannya dan dia tampak seperti pemain yang akan pergi ke Arsenal, sudah pasti."

Bruce Arena juga memuji Turner sebagai pemain paling konsisten Revs.

"Dia menjadi pemain paling konsisten kami tahun ini, tidak perlu dipertanyakan lagi," kata Arena tentang Turner.

"Kami perlu mendapatkan pemain lain untuk memainkan permainan yang lebih konsisten dan permainan keluar. Kami memiliki beberapa penampilan yang sangat bagus, tetapi tidak secara konsisten seperti yang dilakukan Matt."

Breaking News Matt Turner Arsenal Sosok Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan