BolaSkor.com - West Ham United sukses membuat Liverpool frustrasi di pekan 25 Premier League yang berlangsung di London Stadium. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1 melalui gol Sadio Mane yang dibalas gol Michail Antonio di paruh pertama.

Pertandingan berjalan sengit di London. Intensitas dan tempo bermain di paruh pertama berlangsung cepat. Namun di babak kedua, laga sepenuhnya menjadi milik Liverpool yang mendominasi penguasaan bola sebesar 74 berbanding 26 persen tuan rumah.

Pada akhirnya, pertahanan rapat dan berlapis yang dibangun West Ham di babak kedua mampu membuat The Reds frustrasi. The Hammers asuhan Manuel Pellegrini mampu menyulitkan Liverpool dan mempertegas status kuat timnya tiap kali melakoni laga kandang.

Baca Juga:

West Ham 1-1 Liverpool: The Reds Hanya Berjarak Tiga Poin dari Manchester City

Noble Anggap Liverpool Ketakutan Melawan West Ham, Klopp Berpikir Sebaliknya

Pep Guardiola Berharap Liverpool Terpeleset

Mark Noble dkk pernah mengalahkan Manchester United dan Arsenal di London Stadium. Menahan imbang Liverpool, pemuncak klasemen Premier League yang baru sekali kalah, jelas menjadi catatan apik bagi West Ham yang saat ini menempati urutan 12 klasemen.

Dari pertandingan tersebut, BolaSkor.com merangkum lima fakta menarik yang dapat dipelajari. Apa saja?

1. Persaingan Titel Premier League Kian Memanas

Andrew Robertson dan Jurgen Klopp

Tentu saja Manchester City jadi kubu yang paling bahagia atas hasil imbang itu. Kini, jarak The Citizens dengan Liverpool hanya terpaut tiga poin setelah sempat melebar menjadi lima poin sebelumnya.

Pada musim 2013-14, Man City juga menjadi rival Liverpool dalam perburuan titel Premier League. Kala itu, Man City keluar menjadi pemenang karena Liverpool kehilangan poin saat melawan Chelsea dan Crystal Palace.

Bagaimana dengan musim ini? Menarik untuk dinanti. Apakah tim arahan Pep Guardiola mampu jadi tim yang pertama yang mampu meraih titel Premier League dua musim beruntun setelah era Sir Alex Ferguson di Manchester United, atau Liverpool yang akan mengakhiri penantian selama 29 tahun lamanya.

2. Kontroversi Gol Liverpool

Momen ketika Milner dan Origi (seharusnya) offside

Dua keputusan hakim garis dan wasit di laga ini cukup memicu kontroversi. Kejadian itu hadir pada momen yang dimiliki James Milner dan Divock Origi. Kedua pemain itu sedianya offside kala menerima operan bola dari rekan setim.

Kejadian Milner tercipta di paruh pertama kala menerima bola operan Adam Lallana, yang kemudian berbuah assist atas gol Mane. Sementara Origi tercipta di penghujung laga kala menerima bola operan Naby Keita.

Origi tidak mencetak gol yang bisa jadi gol kemenangan Liverpool. Tapi jika itu menjadi gol, ceritanya akan dibahas panjang oleh publik Inggris. Penerapan VAR (Video Asisten Wasit) pun akan semakin didesak untuk digunakan di Inggris.

3. Liverpool Tertekan?

West Ham vs Liverpool

Hasil imbang itu jadi dua hasil seri yang diterima Liverpool di Premier League. Sebelumnya, Merseyside Merah imbang 1-1 melawan Leicester City di Anfield. Catatan menariknya juga muncul dari Sky Sports Statto.

Dibandingkan 20 laga pembuka Premier League 2018-19, ketika Liverpool hanya kehilangan enam poin, performa Liverpool saat ini menurun karena dari lima laga terakhir mereka kehilangan tujuh poin.

Diakui atau tidak, Liverpool memang merasakan tekanan untuk menjuarai Premier League setelah puasa selama 29 tahun. Apalagi, Man City terus menempel mereka dengan kemenangan yang meyakinkan. Mentalitas mereka akan diuji sampai pekan terakhir.