BolaSkor.com - Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, memenangi MotoGP Catalunya, Minggu (27/9). Bagi rider asal Prancis tersebu, ini menjadi kemenangan ketiganya pada MotoGP 2020.

Quartararo menjalani MotoGP Catalunya dengan mulus. Start dari posisi ketiga, Quartararo perlahan menyalip Valentino Rossi dan Franco Morbidelli yang untuk mengambil alih posisi terdepan.

Bagi Quartararo, hasil ini merupakan pembalasan setelah beberapa hasil buruk dalam beberapa seri terakhir. Bahkan, rider berusia 21 tahun itu merasakan podiumnya dirampas akibat long lap penalty di Misano.

Baca Juga:

Lama Tertunda, Valentino Rossi Akhirnya Resmi Gabung Petronas Yamaha

Franco Morbidelli Tak Sabar Satu Tim dengan Valentino Rossi

Quartararo menjadi rider kejutan pada musim ini. Namun, performanya sempat menurun pasca MotoGP Andalusia. Beberapa kali Quartararo mengalami nasib sial sehingga posisinya di klasemen ikut melorot.

Namun, kini Quartararo berhasil kembali ke puncak klasemen. Ia mengoleksi 108 poin. Selain kemenangan mulus Quartararo, terdapat beberapa fakta menarik yang tersaji pada MotoGP Catalunya, termasuk kehebatan duo Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins.

5 Fakta Menarik MotoGP Catalunya:

1. Quartararo sudah mengoleksi tiga kemenangan pada MotoGP 2020 yakni di Jerez, Andalusia, dan Catalunya.

2. Suzuki berhasil menempatkan dua pembalapnya di podium pada MotoGP Catalunya yakni Joan Mir di posisi kedua dan Alex Rins di urutan ketiga. Terakhir kali hal ini dirasakan pabrikan asal Jepang tersebut terjadi pada MotoGP Misano 2007

3. Pengisi podium pada MotoGP Catalunya berusia tak lebih dari 25 tahun. Posisi pertama Quartarararo berusia 21 tahun, Joan Mir 23 tahun, sementara Alex Rins berusia 24 tahun

4. Valentino Rossi kembali gagal meraih podium ke-200. The Doctor terjatuh saat berada di posisi kedua.

5. Andrea Dovizioso harus lengser dari puncak podium. Rider asal Italia itu gagal finis setelah mengalami insiden dengan Johann Zarco pada tikungan kedua, lap pertama