BolaSkor.com - Klub Championship Leeds United secara mengejutkan berhasil memboyong Jean-Kevin Augustin. Penyerang berusia 22 tahun bergabung dengan Leeds sebagai pemain pinjaman dari RB Leipzig hingga akhir musim dengan opsi dipermanenkan.

Kabar ini terbilang mengejutkan karena Augustin termaasuk pemain muda yang menjadi incaran banyak klub. Salah satunya Manchester United. Akan tetapi United dikabarkan terlambat melakukan pendekatan. Setan Merah disebut masih ragu apakah mereka perlu menggaet penyerang baru sebagai respons dari cederanya Marcus Rashford.

Baca juga:

5 Pemain Termahal dalam Sejarah Bursa Transfer Musim Dingin

5 Hal yang Harus Diketahui dari Sosok Reinier, Wonderkid Brasil Rekrutan Anyar Real Madrid

Dalam dua tahun belakangan, Augustin termasuk pemain muda yang dinilai memiliki potensi besar. Tidak heran manajer Leeds United, Marcelo Bielsa berusaha keras mendapatkannya. "Dia pemain depan yang memiliki pergerakan bagus dan selalu bergerak," ujar Bielsa di laman resmi Leeds.

Didekati pelatih sekaliber Bielsa membuat Augustin tidak ragu lagi terbang ke Leeds. "Saya tidak perlu berpikir lama ketika Leeds mengungkapkan berminat," ujar pemain kelahiran Paris, Prancis tersebut.

Berikut fakta seputar Jean-Kevin Augustin.

1. Bintang Timnas U-19 Prancis

Augustin pertama kali mencuri perhatian saat tampil membela Prancis di Kejuaraan Eropa U-19 pada 2016. Saat itu Augustin menjadi bintang Les Bleus muda.

Dia menutup turnamen dengan mencetak enam gol dari lima penampilan dan menjadi pencetak gol terbanyak. Augustin mengungguli pemain muda Prancis lainnya, Kylian Mbappe.


2. Dinilai Punya Potensi Lebih Besar ketimbang Mbappe

Saat memulai kariernya, terutama ketika memperkuat timnas Prancis U-19, publik Prancis menggadang-gadang Augustin akan menjadi bintang besar di masa depan. Bahkan Augustin potensi Augustin menjadi bintang lebih besar daripada Kylian Mbappe.

Saat remaja Augustin memang terlihat memiliki bakat alam lebih besar daripada Mbappe. Hal itu ditampilkannya saat membela Paris Saint-Germain dan timnas Prancis U-19. Akan tetapi belakangan, seperti diketahui, justru Mbappe yang melesat, sementara Augustin mulai tidak terlihat.

Karena itu juga Augustin memilih Leeds United agar dirinya merasakan tempaan dari Marcelo Bielsa. Dia berharap Bielsa bisa menghidupkan kembali potensinya.


3. Masuk Daftar 10 Pemain Muda Paling Menjanjikan Pilihan Lionel Messi

Pada 2016, Lionel Messi memilih Augustin ke dalam daftar 10 pemain muda paling menjanjikan. Jika melihat sembilan nama lainnya, bisa dikatakan pilihan Messi tergolong aneh.

Selain Augustin, Messi memasukkan Patrick Roberts, Davide Calabria, Nathan Allan, Alex Muyl, Nadezhda Karpova, Chanathip Songkrasin, Gabriel Boschilia, Kasper Dolberg, dan Kekuta Manneh.


4. Idolakan Luis Suarez

Banyak pemain muda yang berusaha sebaik mungkin agar bisa seperti bintang idolanya. Bagi Augustin, sosok itu adalah Luis Suarez.

"Idola terbesar saya adalah Luis Suarez. Tapi saya juga suka cara Pierre-Emerick Aubameyang dan Robert Lewandowski mencetak gol," kata Augustin dikutip dari Sport Bild pada 2017.


5. Magnet Kontroversi

Salah satu faktor yang membuat perjalanan karier Augustin tidak mulus adalah tingkahnya yang kerap mengundang masalah. Salah satunya saat dia menolak bergabung timnas Prancis U-21 pada 2018 dengan alasan keletihan.

Ulah Augustin tersebut berbuntut perselisihan dengan pelatih timnas Prancis U-21. Alhasil Augustin tidak pernah lagi dipanggil. Tidak berselang lama, Augustin dihukum klub karena kedapatan menggunakan ponsel saat latihan. Dia juga sempat tertangkap basah bolos latihan.

Jika ada pelatih yang bisa mendisiplinkan Augustin, tidak diragukan lagi, Bielsa adalah orangnya.