5 Fakta yang Mungkin Jarang Diketahui soal Pelatih Anyar Barcelona, Ronald Koeman

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 01 September 2020
5 Fakta yang Mungkin Jarang Diketahui soal Pelatih Anyar Barcelona, Ronald Koeman
Ronald Koeman (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona resmi menunjuk Ronald Koeman untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Quique Setien. Pelatih 57 tahun itu memiliki tugas berat mengembalikan kejayaan Barcelona.

Barcelona akhirnya memilih Ronald Koeman sebagai pelatih di tengah pilihan lainnya. Kabarnya, Barca juga memonitor Xavi Hernandez, Massimiliano Allegri, dan Mauricio Pochettino.

Selain memiliki perjalanan panjang sebagai pemain, karier kepelatihan Koeman juga tak sebentar. Ia memulainya dengan menjadi asisten pelatih tim nasional Belanda pada 1997.

Baca Juga:

Strategi Manchester City Datangkan Lionel Messi Tanpa Melanggar FFP

Here We Go, Barcelona Restui Ivan Rakitic Mudik ke Sevilla

Soal Lionel Messi, Calon Presiden Barcelona: Paling Juga ke Manchester City

Ronald Koeman

Selain fakta pernah memperkuat Barca sebagai pemain, Ronald Koeman juga memiliki beberapa hal lainnya yang menarik untuk ditelisik. Berikut ini adalah lima fakta yang mungkin jarang diketahui soal Ronald Koeman.

1. Mengakhiri kekeringan gelar Barcelona

Ronald Koeman pindah ke FC Barcelona pada tahun 1989 dan bersama-sama dengan rekan senegaranya, Johan Cruyff. Duet tersebut membawa Barcelona kembali ke jalur kemenangan – di mana Koeman saat ini memiliki misi serupa.

Koeman mengakhiri penantian panjang Barcelona akan kejayaan, memenangi empat gelar LaLiga beruntun dari 1991 hingga 1994. Prestasi tersebut kian lengkap dengan di tambah gelar Copa del Rey, Piala Super Spanyol, serta Piala Super Eropa.

2. Pemain bertahan dengan gol terbanyak sepanjang sejarah

Bila membahas tentang catatan gol, tidak ada pemain bertahan yang mencetak gol lebih banyak dalam sejarah daripada Ronald Koeman. Ia mencatatkan 250 gol dari 759 pertandingan.

Ronald Koeman

3. Memperkuat tiga raksasa Belanda

Koeman merupakan satu di antara sedikit pemain yang pernah memperkuat tiga rival utama di negaranya. Ia memenangi gelar Eredivisie Bersama Ajax (1984-1985), sebelum pindah ke PSV Eindhoven di mana merebut tiga gelar liga dan Piala Eropa pertama pada 1988.

Setelah masa jayanya bersama Barcelona, Koeman kembali ke negaranya dengan memperkuat Feyenoord, tempatnya mengakhiri karier pada 1997.

4. Melatih hampir semua klub lamanya

Penunjukan Koeman sebagai pelatih Barcelona menjadikan Groningen sebagai satu-satunya klub tempatnya bermain yang belum merasakan sentuhannya sebagai pelatih.

Setelah pensiun pada 1997, Koeman memulai karier kepelatihannya pada 2000 dengan mantan timnya, Vitesse. Dari klub tersebut ia pindah ke Ajax, di mana ia meraih dua gelar Eredivisie, Piala Belanda, dan Piala Super.

Kemudian, Koeman menuju PSV untuk menambah gelar Piala Belanda ke lemari titel. Klub berikutnya yang merasakan tangan dingin Koeman adalah Feyenoord.

5. Punya saudara yang juga pemain dan pelatih

Ronald Koeman memiliki kakak laki-laki, Erwin Koeman, yang juga memulai karier sebagai pemain di Groningen setahun sebelumnya.

Erwin adalah seorang gelandang yang menghabiskan hampir seluruh karier sepak bola di Belanda. Ia meninggalkan Belanda hanya sekali untuk menuju Belgia untuk bermain bersama Mechelen selama lima musim.

Erwin Koeman menjadi sosok terkenal di Groningen, yang dibelanya dalam tiga periode berbeda. Selain itu, ia juga membela PSV selama dua periode berbeda dan merengkuh tiga trofi Piala Belanda.

Trivia Sepak Bola Breaking News Barcelona Ronald Koeman
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan