BolaSkor.com - CIES selaku Pusat Penelitian Sepak Bola Dunia selalu membuat penelitian menarik mengenai banderol pemain di liga-liga top Eropa. Penilaian mereka bukan berdasarkan asumsi semata melainkan dari algoritma serta data-data terperinci.

Dalam daftar terkini yang dimunculkan CIES penyerang PSG (Paris Saint-Germain), Kylian Mbappe menempati urutan teratas daftar pemain termahal dunia dengan banderol 259,2 juta euro. Banderol itu tidak mengherankan lagi.

Pada usia 21 tahun Mbappe telah memiliki pengalaman besar bermain di level klub dan internasional - bahkan sudah menjadi juara Piala Dunia pada 2018 silam. Wajar jika Mbappe diprediksi bisa jadi suksesor untuk status pemain terbaik dunia setelah era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Duetkan Pogba dan Bruno Fernandes, Manchester United Justru Takluk dari West Brom

Pogba Fit, Solskjaer Pikirkan Opsi Bermain 4-3-3 dengan Fernandes di Lini Tengah Man United

Tiga Pemain yang Tak Akan Dijual Barcelona

Dalam edisi terkini BolaSkor.com akan menjabarkan lima gelandang termahal dunia versi CIES. Jangan berharap ada nama-nama beken seperti Paul Pogba, Toni Kroos, Luka Modric, Kevin De Bruyne di lima besar. Berikut ulasannya:

5. Saul Niguez - 97,7 Juta Euro

Saul

Gelandang serba bisa dengan kaki kiri yang bagus. Saul (25 tahun) memiliki kemampuan komplit dengan kelebihannya membaca permainan, membantu tim bertahan, mencetak gol, dan mengontrol bola dengan baik.

Produk akademi Atletico Madrid dibanderol 97,7 juta euro. Soal pengalaman juga tak perlu diragukan lagi. Saul sudah bermain di Atletico sejak 2013 dan memiliki 19 caps serta tiga gol dengan timnas Spanyol.

4. Rodri Hernandez - 101,5 Juta Euro

Rodrigo

Tipikal pemain kesukaan Pep Guardiola. Rodrigo berposisi sebagai gelandang bertahan dengan kemampuan mengatur ritme bermain di lini tengah yang dibekali visi bermain bagus, operan akurat, dan ia juga dapat mengawali transisi bermain tim.

Baru berusia 23 tahun, Rodrigo masih dapat terus berkembang di bawah arahan Guardiola. Pemain dengan banderol 101,5 juta euro juga sudah memiliki 11 caps dengan timnas Spanyol.

3. Frenkie de Jong - 102,1 Juta Euro

Frenkie de Jong

FC Barcelona merekrutnya dari Ajax Amsterdam pada 2019 lalu sebesar 75 juta euro. Kini banderol Frenkie de Jong mencapai 102,1 juta euro. Pada usia 23 tahun gelandang asal Belanda sudah memiliki 15 caps dan satu gol dengan timnas Belanda.

De Jong memiliki visi bermain dan operan bola yang bagus dalam mengatur ritme bermain di lini tengah. Kelebihan lainnya adalah De Jong juga bisa menjadi gelandang box to box yang membantu tim dalam fase bertahan atau ofensif.

2. Mason Mount - 102,5 Juta Euro

Mason Mount

Masuknya Frank Lampard sebagai manajer Chelsea di awal musim 2019-20 plus embargo transfer dari FIFA menjadi berkah bagi Mason Mount. Tanpa belanja pemain di bursa transfer musim panas lalu Lampard menjadikan Mount (21 tahun) sebagai pemain andalan.

Pernah dipinjamkan ke Vitesse Arnhem dan Derby County, Mount masih dapat berkembang lebih pesat lagi dengan perannya sebagai gelandang serang dan juga penyerang sayap. Mount berada di bawah arahan pelatih yang tepat. Banderolnya 102,5 juta euro

1. Bruno Fernandes - 104,9 Juta Euro

Bruno Fernandes

Urutan pertama ditempati oleh rekrutan anyar Manchester United: Bruno Fernandes. Gelandang asal Portugal berusia 25 tahun memiliki kemampuan yang komplit dalam mengatur ritme bermain, mencetak gol, dan bahkan mengoper bola dengan akurasi bagus dan visi bermain top.

Pengemas 19 caps dan dua gol dengan timnas Portugal memiliki banderol 104,9 juta euro. Kontribusi besarnya itu bisa terlihat dalam 11 laga beruntun tak pernah kalah United di seluruh kompetisi.