BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas di Inggris telah resmi ditutup. Tak ada lagi transfer pemain masuk atau pendaftaran pemain baru. Namun, klub-klub Inggris masih bisa menjual atau meminjamkan pemain ke Eropa.

Pasalnya, bursa transfer musim panas di negara Eropa lainnya masih dibuka. Seperti biasanya, selalu ada drama di penutupan bursa transfer musim panas. Tak terkecuali di bursa transfer musim panas 2019.

Banyak hal-hal menarik saat menjelang penutupan bursa transfer musim panas di Inggris. BolaSkor.com merangkum lima hal menarik dan menilik referensi dari BBC Sport. Berikut kelima hal itu:

Baca Juga:

4 Pemain yang Hengkang dari Chelsea ke Arsenal

Rapor Transfer Manchester United: Garang di Pertahanan, Ompong di Lini Serang

Profil dan Rangkuman Transfer Lengkap Premier League 2019-20

1. David Luiz Tiba-tiba ke Arsenal

David Luiz

Betapa cepatnya situasi berubah. David Luiz, yang telah teken kontrak dua tahun dengan Chelsea, tiba-tiba pindah ke Arsenal dengan mahar delapan juta poundsterling. Transfer itu hanya memakan waktu kurang lebihnya dua hari.

Berawal dari bolosnya Luiz dari sesi latihan Chelsea demi dapat memaksakan kehendaknya pergi ke Arsenal. Bek berusia 32 tahun dianggap sebagai racun di ruang ganti pemain oleh Frank Lampard, manajer Chelsea.

Luiz juga tidak melihat masa depannya di Chelsea karena Lampard lebih memilih memainkan Andreas Christensen dan Kurt Zouma di jantung pertahanan. Hubungan Luiz dan Lampard memanas hingga akhirnya ia pergi ke tim rival.

"Perputaran dalam kehidupan di sana telah berakhir. Ada komunikasi antara saya dan Chelsea. Saya memiliki kesempatan bergabung dengan klub besar lainnya," tutur Luiz menjabarkan alasan kepergiannya dari Chelsea.

"Dalam hidup, saya selalu suka melakukan tantangan. Saya tidak takut pada apa pun. Saya menilai tidak banyak pemain yang berani melakukan perpindahan seperti ini. Mungkin, mereka takut atau yang lainnya."

"Saya hanya mencoba melakukan hal baru dalam hidup. Jadi, roda kehidupan saya di Chelsea telah berakhir. Saat ini, saya sudah tidak sabar menjalankan bab baru dalam hidup."

"Saya senang bisa bermain di klub sebesar ini. Saya tumbuh sambil menyaksikan banyak pertandingan Arsenal, terutama pemain-pemain hebat di masa lalu. Jadi, saya senang bisa membantu melakukan banyak hal besar," pungkas Luiz.

2. Arsenal Tiba-tiba Jadi Bintang di Akhir Bursa Transfer

Kieran Tierney

The Gunners sempat diisukan tak punya banyak uang belanja di musim panas ini. Kabar itu langsung dimentahkan melalui fakta Arsenal merekrut enam pemain musim ini: Gabriel Martinelli, Dani Ceballos, William Saliba (dipinjamkan ke AS Saint-Etienne), Nicolas Pepe, Kieran Tierney, dan David Luiz.

Fans Arsenal tentunya senang dengan fakta tersebut. Kehilangan Aaron Ramsey, Laurent Koscielny, kini bisa jadi telah dilupakan mereka. Menilik transfer tersebut, Arsenal sudah tentu wajib bermain di Liga Champions musim depan.

3. Manchester United: Ramai Tagar #WoodwardOut

Ed Woodward

Di tengah serunya upaya klub-klub merekrut pemain di menit-menit terakhir, Manchester United justru adem ayem usai merekrut: Daniel James, Aaron Wan-Bissaka, dan Harry Maguire. Padahal, United kehilangan Romelu Lukaku ke Inter Milan.

Tagar #WoodwardOut langsung menjadi topik tren di Indonesia. Ed Woodward, CEO Man United, sekali lagi menunjukkan kegagalan merekrut pemain yang dibutuhkan di bursa transfer.

Fans dibuat frustrasi dengan fakta betapa sulitnya Red Devils merekrut pemain-pemain top. Bruno Fernandes, Sergej Milinkovic-Savic, Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Fernando Llorente, semua hanya rumor semata yang meramaikan bursa transfer.

4. Tottenham Hotspur Tak Mau Kalah dari Arsenal

Giovani Lo Celso

Tanguy Ndombele, Giovani Lo Celso, dan Ryan Sessegnon. Ketiga pemain itu bukan pemain biasa. Tottenham Hotspur akan semakin kuat di musim ini dengan keberadaan Ndombele dan Lo Celso di lini tengah, Sessegnon di sisi sayap.

Terlebih, sebagian besar pemain-pemain inti dari skuat sebelumnya masih bertahan. Tottenham arahan Mauricio Pochettino sudah tak dapat dianggap lagi sebagai tim kuda hitam di Premier League.

5. Alex Iwobi ke Everton

Alex Iwobi

Transfer yang cukup mengejutkan. Everton merekrut Alex Iwobi sebesar 40 juta poundsterling dan mengontraknya selama lima tahun. Marco Silva, manajer Everton, juga tak mau timnya hanya sekedar jadi tim 'penghibur' di Premier League.

Moise Kean, Fabian Delph, merupakan dua nama top lainnya yang direkrut Everton di musim panas ini. Dapatkan mereka finis di atas Man United? Tentu bisa.