BolaSkor.com - Tak ada satu pun pecinta sepak bola Eropa yang tidak mengenal nama Zinedine Zidane: ikon untuk sepak bola Prancis dan legenda hidup Juventus serta Real Madrid. Bahkan dalam karier kepelatihan sosoknya yang karismatik begitu disegani pemain-pemainnya.

Apabila saat bermain sebagai maestro lapangan tengah Zizou - sapaan akrab Zidane - meraih dua titel Serie A, satu LaLiga, Liga Champions, serta satu Piala Dunia dan Piala Eropa, maka tuahnya kala melatih juga tidak jauh berbeda.

Zidane (48 tahun) karier kepelatihannya bisa disebut prematur karena ia baru mulai melatih pada 2014 di Real Madrid Castilla. Dia baru mulai melatih tim di liga top Eropa pada 2016 di Real Madrid hingga 2018 dan kini di periode kedua bersama tim yang sama.

Kendati masih 'hijau' di karier kepelatihan Zidane mampu membawa pengalaman serta ilmunya bermain di Prancis dan Spanyol. Terbukti Zidane mampu mempersembahkan dua titel LaLiga untuk Madrid dan yang paling spesial ... tiga titel Liga Champions dari medio 2015 hingga 2018.

Baca Juga:

Keistimewaan Gelar LaLiga 2019-2020 di Mata Zinedine Zidane

Zinedine Zidane Emoh Mendapatkan Julukan Special One

5 Sosok Kunci di Balik Kesuksesan Real Madrid Juarai LaLiga 2019-2020

Zinedine Zidane

Bagi pelatih minim pengalaman sepertinya raihan titel-titel prestisius tersebut jelas spesial. Di Eropa banyak mantan-mantan pemain tenar yang menjadi pelatih namun tidak - atau belum - sukses, Zidane bukan salah satunya.

Zidane bisa jadi disebut spesial dengan catatan gemilang di awal karier kepelatihannya itu. Namun dia menolak panggilan Special One yang identik dengan manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

"Tidak, tidak, saya tidak merasa seperti itu (Special One). Saya beruntung bisa berada di klub ini dengan para pemain ini setiap hari. Itulah hal yang saya nikmati setiap hari," tutur Zidane beberapa waktu lalu.

"Saya sangat menikmati waktu saya dan saya bisa fokus bersama tim,” tambah Zidane.

Kendati sudah meraih banyak trofi prestisius dalam kariernya sebagai pemain dan pelatih, ada beberapa hal menarik yang bisa jadi belum Anda ketahui mengenai sosok pelatih berkepala plontos tersebut.

Menilik rilis yang diterima LaLiga, berikut lima hal menarik yang bisa jadi belum diketahui mengenai Zinedine Zidane:

1. Satu Trofi yang Belum Dimenangi

Eden Hazard dan Zinedine Zidane

Segala titel dari LaLiga, Liga Champions, Piala Dunia, Piala Eropa, Serie A, hingga penghargaan individu Ballon d'Or telah diraihnya, namun ada satu trofi yang belum pernah diraihnya yaitu Copa del Rey.

Zidane belum pernah meraih turnamen lokal Spanyol itu baik sebagai pemain atau pelatih. Ketika Madrid menjadi juara Copa del Rey 2015 Zidane masih menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti. Musim ini perjalanan Madrid kandas oleh Athletic Bilbao.

2. Sosok Paling Populer Sepanjang Sejarah

Zinedine Zidane

Seperti namanya yang terkenal seantero dunia sosok Zidane sangat terkenal di Prancis. Pada 2004 silam Le Journal du Dimanche, media Prancis membuat pemungutan suara dan Zidane jadi pemenang sosok paling populer di Prancis.

Itu sebuah pengakuan besar sebab bukan hanya figur-figur olahraga yang melakukan voting tapi juga tokoh-tokoh masyarakat. Kelebihannya dalam mengolah bola menjadi keunggulan di antara nama ikonik lainnya.

Menilik latar belakangnya sebagai imigran, Zidane bangga dapat pengakuan itu untuk menegaskan pentingnya keharmonisan antar ras berbeda di Prancis saat ini.

3. Pelatih Prancis Pertama

Zinedine Zidane

Real Madrid dilatih oleh banyak peramu taktik dalam sejarah klub plus diperkuat banyak pemain dari Prancis, namun uniknya tidak ada satu pun di antara pelatih-pelatih itu yang berasal dari Prancis. Zidane jadi pelatih asal Prancis pertama yang melatih Madrid.

Kebanyakan pelatih Madrid terdahulu berasal dari Spanyol seperti Julen Lopetegui, Rafael Benitez, Juande Ramos, Juan Ramon Lopez Caro, Vicente Del Bosque dan nama-nama lainnya.

Madrid sudah pernah dilatih oleh pelatih dari 16 negara berbeda dan sekalinya dilatih oleh Zidane yang berpaspor Prancis tim langsung meraih banyak trofi prestisius.

4. Film Dokumenter

Cover film dokumenter Zinedine Zidane

Film dokumenter biasanya menceritakan figur masyarakat dan olahraga dengan menggunakan aktor pengganti yang mirip dengannya. Meski begitu ada beberapa film yang menggunakan aktor aslinya. Di antaranya adalah Zidane.

Dalam film "Un Portrait Du 21e Siecle" (Zidane, sosok abad ke-21) pada 2006 Zidane langsung menjadi aktornya dan 17 kamera fokus kepada dirinya dalam laga Madrid kontra Villarreal pada 2005.

Selain film dokumenter Zidane juga tampil dalam film "Asterix at the Olympic Games (2008)" serta di film "Goal! II (2007)". Di film Goal Zidane terlibat bersama skuat Madrid lainnya seperti Sergio Ramos dan David Beckham.

5. Rasio Perolehan Trofi

Rasio hebat raihan trofi Zinedine Zidane

Tahukah Anda, Zidane memiliki rasio rata-rata meraih satu trofi tiap 19 pertandingan. Titel LaLiga 2019-20 merupakan gelar ke-11 yang diraih Zidane dalam kurun waktu tiga setengah musim melatih. Itu jelas jadi catatan yang fantastis: satu trofi setiap 19 laga.

Apabila pada akhirnya nanti di 16 besar Liga Champions disingkirkan oleh Manchester City, maka hal tersebut tak menjadi masalah karena Zidane jadi pelatih pertama yang meraih titel Liga Champions tiga kali beruntun.