5 Hal yang Harus Diketahui dari Sosok Reinier, Pemain Anyar Dortmund Pinjaman dari Real Madrid

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 20 Agustus 2020
5 Hal yang Harus Diketahui dari Sosok Reinier, Pemain Anyar Dortmund Pinjaman dari Real Madrid
Reinier (kanan) (Twitter)

BolaSkor.com - Borussia Dortmund tak berhenti mengumpulkan pemuda berbakat Eropa di musim panas ini. Usai merekrut Jude Bellingham dari Birmingham City Die Borussen kini meminjam wonderkid Brasil dari Real Madrid, Reinier Jesus dengan masa pinjaman dua tahun.

Reinier sedianya sudah direkrut Los Blancos pada Januari 2020 dari Flamengo dan langsung ditempatkan di Real Madrid Castilla di bawah arahan legenda Madrid, Raul Gonzalez.

Namun demi perkembangan sang pemain yang sulit bermain di tim utama Madrid, Reinier pada akhirnya dipinjamkan ke Dortmund, klub yang tepat untuk mengembangkan bakat muda.

Baca Juga:

Rekrut Reinier, Real Madrid Telah Habiskan Rp 1 Triliun untuk Bentuk Skuat Masa Depan

Reinier Jesus Carvalho, Penerus Tradisi Real Madrid Datangkan Wonderkid Brasil

Reinier di Borussia Dortmund

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Real Madrid pada Januari lalu, klub memboyong gelandang berusia 18 tahun dari Flamengo sebesar 35 juta euro dengan kontrak berdurasi enam tahun (2026). Bermain di Madrid merupakan impian bagi Reinier, namun masa depannya masih panjang dan ia masih dapat mewujudkan impiannya itu kelak.

"Saya senang berada di Borussia Dortmund. Klub ini dikenal sebagai klubnya pemain muda yang membuat mereka lebih baik," ujar Reinier dilansir dari laman resmi Dortmund.

"Saya ingin belajar banyak di sini, mendapatkan banyak menit bermain dan membantu kesuksesan tim. Saya berharap kami akan memiliki banyak momen bahagia bersama."

Lahir di Brasilia, Brasil, 19 Januari 2002, nama Reinier masih asing untuk sepak bola Eropa. Berikut BolaSkor.com merangkum dari berbagai sumber informasi atau hal-hal yang harus diketahui mengenainya:

1. Dibandingkan dengan Kaka, Lebih Berteknik ketimbang Joao Felix

Kaka

Perbandingan dengan Kaka, legenda AC Milan, muncul karena Reinier berposisi sebagai gelandang serang dan juga berasal dari Brasil. Pada musim 2018-19, Reinier mencetak enam gol dan membuat dua assists di musim debutnya bersama Flamengo setelah promosi dari akademi pada 16 penampilan.

Dipertegas melalui komentar Jorge Jesus, pelatih Flamengo, Reinier memang pemain yang condong sebagai pemain kreatif pada posisi gelandang serang, bukan pencetak gol handal.

"Secara fisik dia punya karakteristik yang luar biasa. Dia sangat kuat secara teknis dan dia lima tahun lebih dewasa dari usianya di lapangan, dia bermain seolah-olah dia berusia 22 tahun dalam hal emosi dan kecerdasan. Sekarang dia harus tumbuh, dia bukan Joao Felix, mereka berbeda," tutur Jorge Jesus, pelatih Flamengo.

"Pemain Portugal (Felix) memiliki lebih banyak karakteristik mencetak gol sementara Reinier berbakat secara teknis dan dia tidak suka bermain sebagai striker, dia suka memiliki pemain lain di sampingnya dan dia sangat kuat di lini tengah."

2. Posisi Bermain

Reinier (kiri)

Posisinya jelas gelandang serang, namun pada era sepak bola modern, sosok trequartista atau gelandang serang di belakang penyerang sudah langka - kecuali jika pelatih menerapkan taktik 4-3-1-2 atau 4-2-3-1. Sama seperti pemain lainnya di posisinya, Reiner juga beradaptasi di peran lain.

Reiner pernah bermain sebagai penyerang sayap kiri, kanan, dan tengah. Apabila menjadi striker, Reinier lebih berperan sebagai false nine atau penyerang semu. Dengan banyaknya peran yang dapat dimainkannya, Reiner dapat ditempatkan Zidane di banyak posisi berbeda.

3. Produk Akademi Flamengo

Sama halnya seperti kompatriotnya, Vinicius Junior yang telah terlebih dahulu gabung Real Madrid, Reinier juga datang dari akademi Flamengo. Reinier baru promosi ke tim utama pada 2019 dan di musim 2018-19 mencetak enam gol dan memberi dua assists.

Reinier juga berandil besar membawa Flamengo menjuarai Copa Libertadores serta bermain di final Piala Dunia Antar Klub melawan Liverpool pada Desember 2019.

4. Dortmund Tepat bagi Reinier

Dortmund tempat yang tepat bagi pemain muda untuk mengembangkan bakat mereka. Saat ini skuat arahan Lucien Favre sudah memiliki pemuda-pemuda yang bertalenta dan bak berlian yang harus diasah kemampuannya.

Jadon Sancho, Erling Haaland, Giovani Reyna, hingga Jude Bellingham merupakan nama-nama pemain muda yang sudah berada di Dortmund sebelum Reinier. Berada di lingkungan pemain seumuran bisa berdampak positif dalam karier Reinier.

5. Kata Mereka Mengenai Reinier

Reinier di timnas Brasil

Bek kiri Flamengo yang pernah memperkuat Atletico Madrid, Filipe Luiz, menilai Reinier sebagai rekrutan yang bagus untuk Real Madrid. Pada usia yang masih sangat muda, Reinier menunjukkan kematangan bermain.

"Saya ingat Kaka karena dia bermain dengan tenang dan dia mematikan di area. Reinier lebih berkualitas ketimbang Kaka dengan naluri golnya. Waktu akan memberitahu apakah dia seperti Kaka atau tidak," ujar Luis di Marca.

"Dia mengejutkan saya pada usia 17 tahun dan selalu membuat opsi yang tepat. Ketika dia harus mengoper bola maka dia mengopernya, dia bermain tenang. Ini benar-benar rekrutan hebat. Saya ucapkan selamat kepada Real Madrid."

Sementara Jesus menilai transfer Reinier seharga 30 juta euro merupakan harga yang sangat murah bagi pemain bertalenta sepertinya.

"Anda tidak bisa menjual pemain seperti Reinier dengan harga 30 juta euro! Di Benfica, pemain akan dijual dengan harga lebih dari harga sebenarnya. Flamengo tidak tahu cara memberi harga pada pemain mereka pada nilai sebenarnya," tutur Jesus.

Ucapan dari sang pelatih tentunya telah memperlihatkan betapa besarnya kualitas Reinier, berlian muda yang perlu diasah. Di level internasional, Reinier telah membela timnas Brasil U-15, U-17, dan saat ini membela Brasil U-23. Adakah peluang Reinier bermain di Piala Dunia U-21 pada 2021 di Indonesia dengan Brasil? Bisa jadi.

Dortmund Borussia Dortmund Breaking News Trivia Sepak Bola Real Madrid Flamengo Sosok Reinier Jesus Carvalho
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan