5 Hal yang Layak Diperhatikan pada Laga Kroasia Vs Brasil

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 Desember 2022
5 Hal yang Layak Diperhatikan pada Laga Kroasia Vs Brasil
Laga Kroasia vs Brasil pada 2014 (Twitter)

BolaSkor.com - Finalis Piala Dunia 2018, timnas Kroasia, akan menghadapi calon kuat juara Piala Dunia 2022, timnas Brasil, di perempat final yang dihelat di Education City Stadium, Jumat (09/12) pukul 22.00 WIB.

Dalam duel bertajuk Eropa vs Amerika Selatan itu Brasil favorit, terutamanya dengan kedalaman skuad dan kualitas merata di tiap lini. Brasil juga penilik lima titel Piala Dunia meski terakhir memenanginya pada 2002.

Kedua negara terakhir bertemu pada 2018 di laga uji coba jelang Piala Dunia 2018, plus di ajang Piala Dunia keduanya bertemu pada 2014 dan Brasil menang 3-1 atas Kroasia.

Baca Juga:

Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022: Potensi Argentina Vs Brasil dan Duel Inggris Vs Prancis

Rapor Pertahanan 8 Kontestan Perempat Final Piala Dunia 2022

Selebrasi Gol Dikritik, Vinicius Junior Ingin Bikin Roy Keane Semakin Marah

Menilik laman resmi FIFA ada lima hal yang perlu diperhatikan pada laga Kroasia melawan Brasil nanti, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kombinasi Skuad Kroasia

Pemain-pemain senior yang membawa Kroasia secara mengejutkan mencapai final Piala Dunia 2018 masih bermain saat ini, bahkan jadi kunci permainan, seperti Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Dejan Lovren, Ivan Perisic, dan Andrej Kramaric.

Kendati demikian hal itu tidak mengartikan regenerasi tak berjalan pada skuad Kroasia. Saat ini ada Dominik Livakovic, kiper Kroasia yang menepis tiga penalti lawan Jepang di 16 besar, plus bek muda yang diincar banyak klub Eropa: Josko Gvardiol. Menarik melihat kombinasi itu melawan Brasil.

2. Neymar dan Richarlison

Pasca cedera saat memainkan laga pertama grup, Neymar absen di dua laga grup berikutnya dan melakukan comeback di 16 besar lawan Korea Selatan. Neymar langsung mencetak gol dan mengawali gol pertama Brasil kala menang 4-1.

Sementara itu Richarlison telah mencetak tiga gol dan berada di jalur perebutan top skorer Piala Dunia 2022. Duet Neymar dan Richarlison, serta penyerang-penyerang Brasil lainnya akan jadi ancaman Kroasia.

3. Duel Casemiro vs Luka Modric

Ini akan jadi duel yang menarik dan layak dinanti. Bagaimana tidak, keduanya saling memahami satu sama lain mengenai gaya bermain. Casemiro dan Luka Modric selama bertahun-tahun bermain bersama dan sukses dengan Real Madrid, sebelum Casemiro gabung Manchester United pada musim panas 2022.

Pasca berjuang bersama keduanya akan saling berduel di perempat final Piala Dunia 2022. Tugas menghentikan Modric, nyawa permainan di tengah Kroasia, akan menjadi milik Casemiro yang notabene gelandang bertahan Brasil.

4. Tugas Sisi Kanan Pertahanan Kroasia

Statistik memperlihatkan serangan Brasil dominan atau paling banyak terjadi di sisi kiri (kanan pertahanan lawan). Pada posisi kanan pertahanan Kroasia ada bek kanan berusia 27 tahun, Josip Juranovic.

Serangan Brasil tidak hanya bermuara kepada Richarlison, tetapi juga di area kiri permainan yang berpotensi ditempati Vinicius Junior. Tak ayal itu akan menjadi tugas bagi Juranovic, yang sudah pernah menghadapi Vinicius, kala klubnya Celtic bertemu Real Madrid di Liga Champions.

5. Hanya Lima Pemain yang Mencetak Gol di Tiga Edisi Terakhir Piala Dunia

Dua dari lima pemain itu akan saling bentrok di Education City Stadium, yakni Ivan Perisic dan Neymar. Perisic telah membuktikan ia pemain top yang muncul di momen tepat dalam membantu tim, kala golnya menyamakan kedudukan 1-1 lawan Jepang.

Neymar pun demikian kala comeback-nya pasca cedera berbuah satu gol penalti lawan Korea Selatan di 16 besar. Menarik melihat apakah kedua pemain itu kembali mencetak gol di laga nanti.

Trivia Sepak Bola Kroasia Timnas Kroasia Brasil Timnas Brasil Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan