5 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui dari Derby Madrid

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 09 Desember 2021
5 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui dari Derby Madrid
Derby Madrid (LaLiga)

BolaSkor.com - LaLiga 2021-2022 akhir pekan ini akan diramaikan dengan duel Derby Madrid. Pertandingan yang mempertemukan Real Madrid kontra Atletico Madrid itu memiliki sejumlah fakta yang mungkin Sobat BolaSkor belum ketahui.

Real Madrid mengusung misi melanjutkan tren positif ketika menghadapi Atletico. Saat ini, skuad asuhan Carlo Ancelotti itu bertengger di puncak klasemen dengan mengoleksi 39 poin. Madrid unggul delaan poin dari peringkat kedua.

Namun, Atletico bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Los Rojiblancos dikenal kerap merepotkan Madrid.

Baca Juga:

Xavi: Barcelona Kurang seperti Barcelona

Ousmane Dembele Lebih Baik ketimbang Kylian Mbappe

Barcelona Inginkan Ferran Torres, Manchester City Minta Barter

Pertandingan kali ini adalah pertemuan ke-169 kedua di di LaLiga. Madrid mendominasi dengan 89 kemenangan, sedangkan Atletico hanya 39 kali.

Dengan perjalanan panjang pertempuran kedua tim, terukir sejumlah fakta yang belum banyak diketahui. Berikut adalah lima di antaranya:

Atletico dibentuk untuk menyaingi Real Madrid

Sekelompok pelajar asal Basque yang tinggal di Madrid menghadiri final Copa del Rey yang pertama pada 1903, yang mempertemukan Athletic Club dan Madrid CF, tim yang nantinya berubah menjadi Real Madrid.

elajar-pelajar tersebut tidak menyukai cara bermain Madrid CF. Delapan belas hari kemudian, mereka membentuk cabang Athletic di kota Madrid yang nantinya berubah menjadi Atletico de Madrid.

Atletico pernah menjalani 14 tahun tanpa menang derby

Antara tahun 1999 hingga 2013, Atletico Madrid menderita setiap pertandingan derby. Mereka tidak pernah menang dalam 25 pertemuannya dengan Real Madrid, hingga kedatangan Diego Simeone yang mengubah peruntungan mereka.

Sejak saat itu, derby tersebut semakin seimbang; mereka menang sembilan dari 31 pertandingan derby, 11 kali imbang, dan 11 kali kalah (di seluruh kompetisi). Sedangkan catatan di LaLiga adalah empat kemenangan dan empat kali kalah pada 16 pertandingan derby.

Suporter Atletico yang memulai tradisi perayaan di air mancur Cibeles

Pada 1970-an, tradisi merayakan gelar juara bersama sesama penggemar di beberapa sudut kota mulai menjamur di Spanyol. Air mancur Cibeles, yang terletak di pusat kota Madrid, menjadi titik pertemuan yang ideal bagi para fans, dan walaupun lokasi tersebut kini identik dengan Real Madrid, sesungguhnya penggemar Atlético adalah yang pertama memulai perayaannya di sana, setelah mereka menjuarai gelar LaLiga musim 1977.

Seiring berjalannya waktu, penggemar lain mulai mengikuti tradisi mereka, dan lokasi tersebut menjadi lokasi perayaan gelar klub di kota Madrid; sepanjang tahun 1980an, penggemar Real Madrid merayakan kemenangan ikonik generasi Quinta del Buitre disana.

Pada saat Atletico memenangi gelar lainnya di tahun 1991, yakni gelar Copa del Rey, Cibeles telah identik dengan Real Madrid, sehingga penggemar Atletico memutuskan untuk melakukan perayaan di dekat air mancur Neptune, tepatnya di Paseo de la Castellana.

Pertandingan ini sejatinya lebih besar dari El Clasico

Saat ini, rival abadi Real Madrid adalah Barcelona, tetapi Derby Madrid pada masanya adalah pertandingan yang lebih besar di beberapa dekade awal setelah Perang Saudara Spanyol berakhir di tahun 1939.

Seperti yang legenda sepak bola, Alfredo di Stefano, katakan: "Lupakan Barcelona… tim yang dapat menyulitkan kami adalah Atletico."

Sembilan dari kemenangan Copa del Rey Atletico terjadi di Bernabeu

Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu, secara unik menjadi sebuah tempat spesial bagi penggemar Atletico Madrid. Los Colchorenos telah menjuarai Copa del Rey sebanyak 10 kali, dan sembilan di antaranya terjadi di stadion rival mereka.

Dari 10 gelar tersebut, hanya gelar tahun 1996, ketika melawan Barcelona, yang dimenangi di lokasi berbeda, yakni di Stadion La Romareda milik Real Zaragoza.

Real Madrid Atletico Madrid Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.482

Bagikan