5 Hal yang Perlu Diketahui dari Barnsley, Lawan Chelsea di Piala FA

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 10 Februari 2021
5 Hal yang Perlu Diketahui dari Barnsley, Lawan Chelsea di Piala FA
Barnsley (Twitter Barnsley)

BolaSkor.com - Chelsea akan bertamu ke markas Barnsley pada pertandingan putaran kelima Piala FA, di Oakwell, Jumat (12/2) dini hari WIB. Mungkin, nama Barnsley masih asing di pecinta sepak bola Indonesia.

Saat ini, Barnsley berlaga di divisi Championship. Dalam perjalanannya, The Tykes-julukan Barnsley-pernah bermain di Premier League pada musim 1997-1998.

Baca juga:

Hudson-Odoi dan Bagian Penting dalam Revolusi Tuchel di Chelsea

4 Pembalap yang Kenakan Nomor 1 di MotoGP Dua Dekade Terakhir

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona

Barnsley

Mads Juel Andersen, Michal Helik, Alex Mowatt, Dominik Frieser, Cauley Woodrow, dan Conor Chaplin adalah beberapa pemain-pemain penting yang memperkuat Barnsley sekarang. Mereka berada di bawah asuhan manajer asal Prancis, Valerien Ismael.

Selain beberapa fakta yang dijabarkan di atas, Barnsley juga memiliki sejumlah hal lainnya. Berikut ini adalah lima hal yang perlu diketahui dari Barnsley:

Didirikan oleh Pendeta

Barnsley

Pada awalnya, klub bernama Barnsley St. Peters yang dibentuk pada 1887. Nama tersebut diambil dari gereja Pendeta Tiverton Preedy yang mendirikan klub di tempat sebelumnya yang fokus kepada rugby.

Pendeta Preedy sangat terkenal peduli dengan orang miskin. Ia juga gemar menjadikan olahraga sebagai sarana pelayanan. Sang pendeta juga sempat mendirikan klub tinju.

Pada 1897, klub berganti nama menjadi Barnsley Football Club. Di musim berikutnya, mereka menjadi runner-up Liga Midlands dan juga bermain di Liga Yorkshire.

Juara Piala FA

Barnsley

Pada musim 1911-1912, Barnsley menjadi juara Piala FA. Padahal, mereka masih kesulitan menembus kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Brimingham City, Leicester Fosse, Bolton Wanderers, Bradford City, dan Swindon Town adalah lawan-lawan yang disinkirkan untuk mencapai ke laga final. Di partai puncak, Barnsley mengalahkan West Bromwich Albion.

Kemenangan Barnsley berlangsung dramatis. Setelah pada pertemuan pertama berlangsung tanpa gol, Barnsley menang 1-0 di Bramal Lane. Gol Harry Tufnell dua menit jelang bubaran menjadikan Barnsley juara untuk yang pertama dan terakhir (setidaknya hingga saat ini)

Klub Penemu Bakat John Stones

John Stones

Barnsley merupakan klub profesional pertama bagi bek Manchester City, John Stones. Pemain 26 tahun itu menimba ilmu di Barnsley sebelum akhirnya menuju Everton pada 2013 dengan mahar 3,5 juta euro.

Stones memulai perjalanan di Barnsley pada Desember 2011. Ia menorehkan 28 pertandingan dan satu gol bersama tim senior.

Catatan tersebut sudah cukup bagi Everton untuk memboyongnya. Tampil gemilang, Man City pun mengucurkan 47,5 juta pounds untuk mendapatkan Stones pada 2016. Angka tersebut sempat membuat Stones sebagai bek kedua termahal di dunia.

Breaking News Barnsley Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.481

Bagikan