BolaSkor.com - Kompetisi LaLiga akan bergulir lagi mulai 11 Juni setelah tiga bulan absen gara-gara pandemi virus corona. Persaingan ketat dua raksasa di puncak klasemen dilanjutkan.

Real Madrid dan Barcelona bersaing ketat di jalur juara. Sedangkan Atletico Madrid menghadapi pertarungan ketat memperebutkan tiket ke Liga Champions.

Setelah lama absen, kompetisi sepak bola Eropa satu per satu bakal digulirkan kembali. Setelah Bundesliga menjadi yang pertama, nanti akan menyusul Premier League, Serie A, dan LaLiga.

Menarik untuk menyimak kembali apa yang dijanjikan LaLiga ketika dilanjutkan nanti. Berikut 5 hal yang perlu diketahui jelang dilanjutkannya LaLiga.

Baca Juga:

Catat! Tanggal Dimulai Kembalinya Premier League, LaLiga, dan Serie A

Klub LaLiga Akhirnya Diizinkan Berlatih Secara Penuh

Soal Pergantian Pemain Lima Kali, Pelatih Barcelona: Bak Pisau Bermata Dua

1. Persaingan Juara

Ketika Real Madrid mengalahkan Barcelona 2-0 di Santiago Bernabeu pada 1 Maret, sepertinya Madrid sudah dalam jalur juara.

Tapi situasi berubah sepekan kemudian, Barcelona mengembalikan mampu kembali ke jalurnya setelah mengalahkan Real Sociedad, sebaliknya Madrid takluk di tangan Real Betis.

Setelah istirahat tiga bulan, seakan kompetisi seperti baru lagi, namun Barcelona dalam posisi unggul dua poin. Pencapaian yang terbilang luar biasa dari Barcelona yang sempat dihantui masalah yang berbuntut masuknya Quique Setien menggantikan Ernesto Valverde pada Januari.


2. Madrid Mengungsi

Pada lanjutan LaLiga setelah libur tiga bulan, Real Madrid tidak akan lagi berkandang di Santiago Bernebeu. Los Blancos sudah mendapatkan izin dari LaLiga untuk memainkan pertandingan kandang sisa di Stadion Alfredo di Stefano, yang biasanya menjadi di tempat latihan. Hal ini agar renovasi Santiago Bernabeu bisa berjalan musim panas ini.

Mengingat pertandingan akan digelar tanpa penonton, kepindahan ini sejatinya tidak masalah. Pasalnya laga akan digelar tanpa penonton. Meski demikian, kondisi laga tanpa penonton tidak terlalu menguntungkan dan para pemain mungkin merasa lebih baik bertanding di stadion biasa meski tanpa penonton karena mereka sangat mengenalnya.


3. Menunggu Kiprah Hazard-Suarez

Baik Eden Hazard maupun Luis Suarez diperkirakan tetap tak akan bisa banyak bermain. Hazard baru saja menjalani operasi kaki pada Maret dan Suarez menjalani operasi lutut kanan Januari silam.

Istirahat telah memungkinkan kedua pemain pulih. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka bisa menemukan bentuk puncak dan kebugaran tepat waktu sehingga menghadirkan pengaruh dalam 11 pertandingan tersisa.

Kembalinya Suarez bisa sangat membantu Barcelona, tetapi Setien mengatakan pemain asal Uruguay itu belum siap merumput lagi. Demikian pula Hazard di Real Madrid yang diganggu cedera dalam beberapa bulan terakhir.


4. Masa Krusial Atletico

Kemenangan Atletico Madrid atas Liverpool pada Liga Champions membuat Diego Simeone bisa sedikit bernapas setelah terseok-seok di LaLiga.

Pasukan Simeone saat ini ada di urutan keenam klasemen sementara. Di LaLiga, masa yang tersisa sangat krusial bagi Atletico mengingat mereka tinggal berpeluang dalam pertarungan posisi empat besar.

Untuk mencapai posisi keempat, Atletico harus bersaing ketat dengan Getafe, Real Sociedad, dan Sevilla. Di antara keempat klub tersebut hanya berselisih dua poin.


5. Ramai di Papan Bawah

Di ujung lain klasemen, Espanyol terlihat hancur karena ada di dasar, terpaut enam poin di luar zona aman. Sedangkan Leganes, yang masih harus bermain tandang ke Barcelona sebelum menjamu Real Madrid pada hari terakhir, cuma tiga poin lebih baik.

Sementara Mallorca, Celta Vigo, dan Eibar satu sama lain cuma berbeda satu poin. Selain itu masih ada Real Valladolid yang menduduki urutan ke-15. Keunggulan empat poin dari zona merah belum membuat posisi Valladolid aman sejahtera.

Hantaman ekonomi dari pandemi virus corona mengartikan pertaruhan saat ini menjadi lebih tinggi lagi untuk klub-klub papan. Bayang-bayang kerugian besar akan memayungi klub yang terdegradasi.