5 Hal yang Wajib Diketahui dari Piala Dunia Antarklub 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 07 Februari 2021
5 Hal yang Wajib Diketahui dari Piala Dunia Antarklub 2020
Trofi Piala Dunia Antarklub (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA akhirnya berhasil menggelar salah satu agenda rutinnya yaitu Piala Dunia Antarklub 2020. Turnamen edisi ke-17 tersebut berlangsung di Qatar pada 1 hingga 11 Februari.

Pandemi virus corona yang melanda dunia sejak Maret silam mengganggu kalender sepak bola yang dirancang FIFA. Sejumlah turnamen bergengsi bahkan terpaksa dibatalkan.

Beruntung Piala Dunia Antarklub tidak menjadi salah satu turnamen yang harus dibatalkan. Ajang ini memang sangat bergengsi karena mencari klub terbaik dunia.

Baca Juga:

Presiden FIFA: Pesepak Bola Bukan Prioritas Penerima Vaksinasi COVID-19

Sanksi Berat Menanti Klub dan Pemain yang Ikut Liga Super Eropa

Cara Unik Lewandowski Satukan Ronaldo dengan Messi

Selain itu, Piala Dunia Antarklub juga menjadi ajang uji coba kesiapan Qatar. Seperti diketahui, negara Timur Tengah itu akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun depan.

Bayern Munchen menjadi favorit utama untuk menjadi juara. Namun tim asuhan Hansi Flick akan mendapat ujian berat dari wakil Amerika Latin, Palmeiras.

Sejumlah fakta menarik mengiringi penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub 2020. Berikut lima di antaranya:

1. Sempat Alami Penundaan

Piala Dunia Antarklub merupakan salah satu agenda rutin FIFA yang digelar setiap tahun. Ajang ini biasanya berlangsung pada akhir Desember.

Namun FIFA terpaksa menundanya hingga pergantian tahun. Keputusan itu diambil pada pertengahan November silam dan mengeluarkan jadwal terbaru sebulan kemudian.


2. Wakil CONMEBOL belum diketahui saat pengundian dilakukan

Palmeiras menjadi wakil Amerika Selatan.

Pengundian Piala Dunia Antarklub dilakukan pada 19 Januari silam. Namun wakil dari Amerika Selatan belum diketahui saat itu.

Hal itu karena Copa Libertadores baru memainkan laga semifinal ketika undian dilakukan. Palmeiras akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Santos di final.

Laga final Copa Libertadores berlangsung sehari sebelum laga pembuka Piala Dunia Antarklub digelar. Wakil Brasil itu pun harus menunda pesta juaranya karena harus segera terbang ke Qatar.


3. Kehilangan satu tim peserta

Auckland City

Piala Dunia Antarklub biasanya diikuti oleh tujuh peserta. Enam tim berstatus sebagai juara konfederasi masing-masing, sedangkan satu sisanya merupakan tuan rumah.

Namun pada 15 Januari atau empat hari sebelum pengundian, Auckland City yang ditunjuk mewakili Oceania mengundurkan diri. Hal itu tak lepas dari aturan ketat pemerintah Selandia Baru yang melarang warganya melakukan perjalanan ke luar negeri selama masa pandemi.


4. Dihadiri penonton dengan jumlah terbatas

Suporter Al Ahly

Masa pandemi memang masih berlangsung saat Piala Dunia Antarklub 2020 digelar. Namun FIFA mengizinkan penonton hadir langsung di stadion.

Meski begitu, jumlah penonton yang boleh hadir dibatasi yaitu 30 persen dari kapasitas tempat duduk. Sorakan suporter setidaknya membuat atmosfer turnamen lebih hidup.


5. Edisi terakhir sebelum berganti format

trofi Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub 2020 menjadi kali terakhir turnamen ini digelar dengan format lama. Mulai edisi berikutnya, FIFA siap melakukan beberapa inovasi.

Salah satu inovasi yang paling ekstrem adalah menambah jumlah peserta menjadi 24 tim. China akan ditunjuk sebagai tuan rumah event yang berlangsung pada musim panas.

Piala Dunia Antarklub format baru ini nantinya akan digelar setiap empat tahun sekali. Berbagai terobosan tersebut diharapkan bisa menambah gengsi turnamen dan berdampak dengan masuknya banyak sponsor.

Piala dunia antarklub Fifa Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan