BolaSkor.com - Liverpool akan menjamu Manchester City dalam lanjutan Premier League 2021-2022 di Anfield, Minggu (3/10) pukul 22.30 WIB. Laga ini menjanjikan tontonan yang menarik.

Gengsi laga Liverpool kontra Manchester City memang meningkat dalam beberapa musim terakhir. Hal itu tak lepas dari keberadaan sosok manajer kedua tim, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Bukan rahasia lagi kalau Klopp dan Guardiola memiliki filosofi permainan yang khas. Keduanya gemar memainkan sepak bola menyerang meski dengan pendekatan yang berbeda.

Baca Juga:

Mohamed Salah Lagi Trengginas, Liverpool Diyakini Libas Man City

Roger Hunt, Legenda Liverpool dan Timnas Inggris Tutup Usia

Kebijakan Transfer Sulitkan Liverpool Rekrut Erling Haaland

Tak heran jika adu taktik selalu mewarnai pertemuan kedua manajer ini. Klopp dan Guardiola seolah ingin membuktikan filosofinya lebih baik dari yang lain.

Hal ini membuat Liverpool dan Manchester City seolah memiiki motivasi lebih dalam bermain. Maka tak jarang jika hujan gol kerap mewarnai pertemuan kedua tim.

Sejak era Klopp dan Guardiola, duel Liverpool kontra Manchester City memang kerap berakhir dengan lebih dari tiga gol. Berikut ini lima hujan gol yang pernah terjadi:

1. Manchester City 5-0 Liverpool (Premier League 2017-2018)

Hujan gol pertama terjadi pada pekan keempat Premier League 2017-2018 saat Liverpool bertandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium. Ini merupakan pertemuan ketiga Klopp dan Guardiola di tanah Inggris.

Laga kedua tim berlangsung sengit. Liverpool yang bertindak sebagai tamu bahkan lebih sering menekan Manchester City.

Namun Manchester City justru mampu mencuri gol lebih dulu pada menit ke-24. Sergio Aguero mengecoh Simon Mignolet usai menerima umpan matang dari Kevin De Bruyne.

Setelah kebobolan, Liverpool bermain lebih agresif. Namun hal ini juga membuat The Reds harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-37.

Sadio Mane menerima kartu merah langsung usai melakukan pelanggaran berbahaya kepada Ederson. Kiper berkebangsaan Brasil itu sendiri juga harus ditarik keluar.

Dengan sepuluh pemain, Liverpool terus memaksa tampil menyerang. Hal ini membuat banyak ruang kosong di pertahanan mereka yang dieksploitasi Manchester City.

Empat gol tambahan pun mampu disarangkan tuan rumah hingga laga usai. Gabriel Jesus dan Leroy Sane masing-masing dua kali mencatatkan namanya di papan skor.


2. Liverpool 4-3 Manchester City (Premier League 2017-2018)

Laga lebih seru terjadi pada pertemuan kedua di Premier League musim yang sama. Liverpool coba menuntut balas saat gantian menjadi tuan rumah pada pekan ke-21.

Liverpool mampu unggul cepat saat laga baru berjalan sembilan menit lewat sepakan keras Alex Oxlade-Chamberlain. Namun Manchester City mampu menyamakan kedudukan lewat gol Leroy Sane di penghujung babak pertama.

Usai turun minum, Liverpool coba tampil menggebrak. Tiga gol dalam jangka waktu delapan menit mampu diciptakan Merseyside Merah lewat aksi trio Firmansah (Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah).

Misi balas dendam Liverpool pun seperti akan tercapai. Namun Manchester City pada akhirnya nyaris bangkit dengan mencetak dua gol di sisa waktu melalui sepakan Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan untuk menutup laga dengan skor 4-3 untuk tuan rumah.


3. Liverpool 3-1 Manchester City (Premier League 2019-2020)

Liverpool tampil superior sepanjang Premier League 2019-2020 sebelum keluar sebagai juara di akhir musim. Salah satuy=nya mereka tunjukkan saat menjamu Manchester City pada pekan ke-12.

Liverpool mampu menutup laga dengan kemenangan telak 3-1. Tuan rumah bahkan sempat unggul tiga gol lebih dulu melalui Fabinho Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Manchester City baru bisa menyamakan kedudukan 12 menit sebelum waktu normal berakhir lewat sepakan Bernardo Silva. Namun momen tersebut tak mampu dimanfaatkan tim asuhan Guardiola untuk terhindar dari kekalahan.


4. Manchester City 4-0 Liverpool (Premier League 2019-2020)

Manchester City sukses membalaskan dendamnya kepada Liverpool pada pertemuan kedua musim yang sama. The Citizens balik menghancurkan sang rival dengan skor telak 4-0.

Empat gol kemenangan Manchester City dicetak oleh Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Phil Foden, dan bunuh diri Alex Oxlade-Chamberlain. Sementara Liverpool gagal membalas satu gol pun meski mengandalkan trio Firmansah di lini depan.

Namun kemenangan Manchester City terasa hambar. Liverpool sudah lebih dulu mengunci gelar juara beberapa hari sebelum pertandingan ini digelar.


5. Liverpool 1-4 Manchester City (Premier League 2020-2021)

Hujan gol terakhir yang mewarnai duel kedua tim terjadi pada musim lalu. Manchester City asuhan Guardiola kembali menunjukkan superioritasnya.

Pada pertemuan di pekan ke-21, Manchester City mampu menghancurkan Liverpool dengan skor 4-1. Padahal laga berlangsung di Anfield.

Empat gol kemenangan Manchester City dicetak Ilkay Gundogan (dua gol), Raheem Sterling, dan Phil Foden. Sementara Liverpool hanya mampu membalas sekali lewat penalti Mohamed Salah.

Penampilan Alisson menjadi sorotan dalam laga ini. Kiper Liverpool itu melakukan dua blunder fatal yang berujung dua gol Manchester City.