BolaSkor.com - La Masia merupakan akademi sepak bola yang sangat dibanggakan Barcelona. Banyak bintang jebolan La Masia yang menjadi pilar kesuksesan Barca macam Xavi Hernandez, Andres Iniesta, hingga sang megabintang Lionel Messi.

Namun belakangan, jarang pemain yang mendapatkan ilmu dari La Masia mampu menembus skuat utama Barcelona. Tak sedikit mereka yang memilih hengkang ke klub lain.

Salah satunya adalah Takefusa Kubo yang saat ini menjadi milik klub rival, Real Madrid. Tak sedikit pengamat yang menyebut ini sebagai kehilangan terbesar bagi Barca.

Beberapa saat setelah Kubo, Barcelona kembali ditinggal, tak cuma satu, melainkan tiga talenta La Masia. Yang paling tenar adalah Xavi Simons. Talenta muda ini memutuskan bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Sedangkan dua pemain lain, Mateu Morey dan Sergio Gomez memutuskan pergi dan bergabung dengan klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Selain tiga pemain belia itu, jika melihat ke belakang kejadian serupa beberapa kali terjadi. Mereka memilih memperkuat klub lain ketimbang Barcelona. Berikut lima di antaranya.