5 Kakak-Beradik dalam Sepak Bola Indonesia yang Masih Aktif Bermain

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 30 Desember 2020
5 Kakak-Beradik dalam Sepak Bola Indonesia yang Masih Aktif Bermain
Rezaldi Hehanussa dan Al Hamra Hehanussa. (Media Persija)

BolaSkor.com - Sepak bola saat ini sudah menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia. Hampir setiap orang tua menginginkan anak laki-lakinya untuk bisa menjadi seorang atlet sepak bola profesional.

Di Eropa siapa yang dahulu tidak kenal Gary Neville dan Phil Neville, serta Frank de Boer dan Ronald de Boer. Pada generasi yang lebih muda ada Kevin-Prince Boateng dan Jerome Boateng, ada jug si kembar Rafael dan Fabio da Silva.

Gary Neville dan Phil Neville bahkan pernah berada dalam satu tim, ketika itu keduanya bermain untuk Manchester United. Namun pada akhirnya kedua pemain tersebut harus berpisah, Phil Neville bermain untuk Everton sementara sang kakak tetap bermain untuk setan merah.

Baca juga:

Ikon Sepak Bola Dunia, Diego Maradona Meninggal Dunia

Maradona Meninggal: Napoli Ganti Nama Stadion, Argentina Berkabung Nasional

Ternyata hal ini juga terjadi di Indonesia, beberapa pemain berstatus saudara kandung pernah bermain bersama hingga menjadi lawan di sepak bola Indonesia. Ada juga pesepak bola yang kembar identik, namun tetap memiliki jalan hidup yang berbeda.

BolaSkor.com merangkum ada lima kakak-adik yang bermain bersama di sepak bola Indonesia. Bahkan ada pemain kembar identik yang menjadi andalan di Timnas Indonesia, berikut penjelasannya:

1. Amuriddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi.

Bagus Kaffi dan Bagas Kaffa sebelumnya tercatat bermain bersama di Barito Putera. Putra kandung dari Yuni Puji Istiono ini pertama kali dilihat kemampuanya pada saat seleksi Timnas Indonesia U-15 di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Meski bermain bersama di Barito Putera, namun Bagus tercatat belum pernah tampil untuk tim tersebut karena disibukkan dengan agenda Garuda Select di luar negeri. Adapun sang kakak, Bagas, saat ini menjadi pemain muda andalan di Barito Putera.

Keduanya diyakini akan terpisah dalam melakoni karier masing-masing. Bagus Kahfi kini resmi dilepas Barito Putera dan akan mengawali kariernya di luar negeri bersama Jong Utrecht. Sementara Bagas Kaffa lebih memilih berkarier di Indonesia.

Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)



2. Rezaldi Hehanussa dan Al Hamra Hehanussa

Persija Jakarta hampir mirip dengan Manchester United yang memiliki kakak beradik dalam satu tim. Kedua pemain tang dimaksud adalah Rezaldi Hehanussa dan sang adik Al Hamra Hehanussa.

Kedua sama-sama berposisi sebagai pemain bertahan, namun Rezaldi bermain di sisi kiri sedangkan Hamra bermain di bek tengah. Namun, nama Rezaldi memang sudah tak asing di telinga suporter Persija. Rezaldi merupakan bek kiri langganan Persija yang sudah tampil sejak 2016.

Sekarang, Hamra yang usianya lebih muda empat tahun dari Rezaldi lebih sering duduk di bangku cadangan. Musim 2020 ini merupakan musim perdana Hamra bermain untuk tim senior Persija, sebelumnya Hamra bermain untuk tim Persija Jakarta U-20.

Rezaldi dan Al Hamra Hehanussa. (Media Persija)



3. Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto

Kedua pemain ini adalah putra dari mantan pemain Timnas Indonesia, Yusuf Ekodono. Fandi dan Wahyu berbeda dengan dua pemain sebelumnya. Mereka saat ini bermain di dua tim yang berbeda.

Saat ini sang kakak Fandi Eko Utomo saat ini bermain PSIS Semarang, sedangkan Wahyu Subo Seto membela Bhayangkara FC. Keduanya memiliki posisi yang sama, yakni gelandang.

Wahyu memiliki prestasi yang lebih mentereng dibandingkan dengan kakaknya. Ia pernah meraih gelar juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara FC. Tentu saja Liga 1 2020 menjadi musim yang menarik buat keduanya. Laga antara PSIS melawan Bhayangkara FC bakal selalu ditunggu-tunggu Fandi Eko dan Wahyu Subo Seto.

Fandi Eko dan Wahyu Subo. (Istimewa)



4. Gian Zola dan Beckham Putra

Kakak beradik ini merupakan dua pemain andalan dari Persib Bandung. Meski sang kakak Gian Zola pernah bermain untuk Persela Lamongan, namun pada akhirnya ia kembali untuk memperkuat Persib.

Sementara sang adik Beckham menjadi wonderkid yang dimiliki oleh Persib. Ia menjadi andalan dari pelatih Robert Alberts pada Liga 1 2020. Gian Zola merupakan kakak dari Beckham Putra. Keduanya terpaut usia tiga tahun dan sama-sama bermain di posisi gelandang.

Keduanya bersaing untuk mengisi lini tengah Persib. Meski demikian, Gian Zola dan Beckham Putra sama-sama memiliki karakter bermain yang khas.

Gian Zola dan Beckham Putra. (Istimewa)



5. Indra Kahfi Ardhiyasa dan Andritany Ardhiyasa

Siapa yang tidak kenal kakak beradik ini. Keduanya sama-sama menjadi sorotan karena berhasil meraih gelar juara Liga 1 dalam dua edisi berbeda dan tim yang berbeda. Indra berhasil meraih gelar juara bersama Bhayangkara FC sementara Andritany bersama Persija Jakarta.

Meskipun berstatus sebagai abang adik, keduanya selalu profesional di lapangan. Pertandingan antara Persija melawan Bhayangkara FC tentu akan selalu dinantikan setiap musim oleh anak dari pasangan Talih Ardhiyasa dan Neni Yuliani itu.

"Adik itu tidak boleh melangkahi kakak, jadi wajar saya meraih gelar juara terlebih dahulu dibandingkan dengan Andri," kata Indra Kahfi beberapa waktu yang lalu.

Indra Kahfi dan Andritany (PT LIB)

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Persija jakarta Persib Bandung Liga 1 Barito Putera Bhayangkara FC Persebaya surabaya Andritany Ardhiyasa Indra Kahfi Ardhiyasa Rezaldi Hehanussa Gian Zola Beckham Putra Nugraha
Posts

4.871

Bagikan