BolaSkor.com - Daftar 30 nama nominasi peraih trofi Ballon d'Or 2021 sudah dirilis oleh France Football. Dari jumlah tersebut, muncul beberapa nama yang menjadi favorit untuk memenangi penghargaan ini.

Ballon d'Or adalah lambang supremasi untuk pesepak bola terbaik dunia dalam satu tahun terakhir. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sempat mendominasi selama satu dekade.

Kedua megabintang itu juga tercatat sebagai kolektor Ballon d'Or terbanyak. Messi sudah meraihnya enam kali, sedangkan Ronaldo satu buah lebih sedikit.

Baca Juga:

Nominasi Ballon d'Or 2021: Dominasi Chelsea dan Manchester City

Lionel Messi Dukung Rekan Setim Menangi Ballon d'Or 2021

Jorginho Relakan Trofi Ballon d'Or untuk Lionel Messi

Namun peluang keduanya untuk melanjutkan dominasi tidak akan mudah terwujud. Dalam satu tahun terakhir, banyak pemain berkualitas yang mencuri perhatian.

Seperti diketahui, pemenang Ballon d'Or akan dipilih melalui voting. Perwakilan wartawan dari berbagai negara, pelatih tim nasional, dan kapten tim nasional memiliki hak suara.

BolaSkor.com telah merangkum lima kandidat terkuat untuk memenangi Ballon d'Or 2021. Berikut ini rangkumannya:

1. Jorginho

Jorginho merupakan favorit utama untuk meraih Ballon d'Or tahun ini. Kesuksesan bersama Chelsea dan Timnas Italia menjadi alasan utamanya.

Jorginho memang berperan penting membawa timnya meraih gelar Liga Champions dan Piala Eropa 2020. Tidak ada kandidat lain yang mampu menyamai torehan tersebut.

Jorginho juga sudah lebih dulu dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa oleh UEFA. Hal ini setidaknya turut mempengaruhi para pemilik suara.


2. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski menjadi pesaing utama Jorginho untuk merebut Ballon d'Or 2021. Konsistensinya dalam mencetak gol bersama Bayern Munchen membuat orang geleng-geleng kepala.

Dengan usia yang sudah tidak muda lagi, Lewandowski memang membuktikan masih menjadi salah satu ujung tombak terbaik di dunia. Ia menjadi penyerang tersubur sepanjang 2021.

Lewandowski bahkan diyakini layak meraih trofi Ballon d'Or 2020 usai mempersembahkan treble winners untuk Munchen. Sayang penghargaan ini vakum tahun lalu efek pandemi virus corona.


3. Lionel Messi

Tak elok rasanya jika tidak menempatkan Lionel Messi sebagai salah satu kandidat. Pesona La Pulga sebagai salah satu pesepak bola terbaik dunia masih diakui banyak orang.

Messi memang mengalami masa-masa sulit di Barcelona pada musim lalu. Namun ia mampu mempersembahkan trofi Copa America bersama Argentina.

Kesuksesan tersebut menjadi modal utama Messi untuk mempertahankan Ballon d'Or yang direbutnya dua tahun lalu. Ia tentu mendapat simpati dari banyak pemilik hak suara.


4. Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne bisa menjadi salah satu kuda hitam dalam pemilihan Ballon d'Or 2021. Ia berperan penting membawa Manchester City juara Premier League 2020-2021 dan mencapai final Liga Champions.

De Bruyne juga berada di peringkat kedua dalam daftar pemain terbaik Eropa versi UEFA. Namun harus diakui, peluangnya untuk menang cukup kecil.


5. Cristiano Ronaldo

Kuda hitam lain yang patut diperhitungkan adalah Cristiano Ronaldo. Sama seperti Messi, ia masih diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Ronaldo juga sempat memecahkan sejumlah rekor sepanjang tahun ini. Salah satu yang paling bergengsi tentu top skorer di level internasional bersama Timnas Portugal.

Satu-satunya kekurangan Ronaldo adalah gagal mempersembahkan trofi untuk timnya. Hal ini membuatnya akan kesulitan bersaing dengan para unggulan lain.