BolaSkor.com - Golden Boy Award merupakan salah satu penghargaan individu pesepak bola paling bergengsi di dunia. Gelar ini diberikan kepada pemain di bawah usia 21 tahun.

Penghargaan ini pertama kali digelar pada 2003 silam. Tuttosport, salah satu media olahraga besar di Italia merupakan penggagasnya.

Sistem pemilihan Golden Boy ini melibatkan jurnalis-jurnalis dari media-media kenamaan Eropa. Sang pemenang ditentukan berdasarkan suara terbanyak melalui voting.

Baca Juga:

Pemenang Golden Boy 2010-2015 dan Nasib Mereka Saat Ini

4 Hal tentang Said Benrahma, The New Riyad Mahrez Incaran Chelsea

4 Bek Tengah yang Bisa Perkokoh Lini Belakang Chelsea Musim Depan

Sejumlah pemain bintang pernah meraih penghargaan ini. Beberapa di antaranya seperti Wayne Rooney (2004), Lionel Messi (2005), Raheem Sterling (2014), dan Kylian Mbappe (2017).

Pada edisi 2019, Joao Felix keluar sebagai pemenang. Ia menyisihkan beberapa kandidat kuat lainnya seperti Jadon Sancho, Kai Havertz, atau Erling Haaland.

Tuttosport telah merilis 100 kandidat peraih Golden Boy 2020. Sejumlah nama yang menjadi nominasi tahun lalu kembali masuk daftar ini.

BolaSkor.com telah memilih lima kandidat terkuat yang akan bersaing meraih penghargaan Golden Boy 2020 seperti terangkum di bawah ini:

1. Jadon Sancho


Jadon Sancho menjadi kandidat terkuat untuk meraih penghargaan ini. Selain menempati posisi runner up pada edisi tahun lalu, pemain Borussia Dortmund itu juga tampil menonjol sepanjang musim 2019-2020.

Sancho menjadi salah satu pemain andalan Dortmund. Musim ini, ia sudah mencetak 20 gol dan 20 assist dari 41 pertandingan di semua kompetisi.

Sancho juga menjadi rebutan klub-klub top Eropa. Rasanya tak mengejutkan jika ia memenangi penghargaan ini.


2. Erling Haaland


Erling Haaland juga menjadi kandidat peraih Golden Boy 2020 yang berasal dari Borussia Dortmund. Ia bergabung dengan Die Borussen pada bursa transfer musim dingin.

Haaland langsung memberikan dampak instan sejak didatangkan Dortmund. Ia mampu mencetak 11 gol dari 12 laga di Bundesliga.

Tak heran jika Haaland dianggap sebagai salah satu penyerang muda terbaik saat ini. Ia juga menjadi buruan klub-klub top Eropa seperti Real Madrid dan Manchester United.


3. Eduardo Camavinga


Eduardo Camavinga baru berusia 17 tahun. Namun ia sudah menjadi salah satu andalan Stade Rennes di Ligue 1 2019-2020.

Camavinga berposisi sebagai gelandang bertahan. Gaya permainannya dianggap mirip dengan Paul Pogba.

Camavinga membukukan satu gol dan dua assist dari 36 laga di semua kompetisi musim ini. Namun ia punya statistik apik dalam bertahan yaitu persentase tekel suksesnya mencapai 61 persen.

Camavinga mungkin bukan kandidat terkuat untuk memenangi penghargaan ini. Namun unsur kejutan biasanya terjadi dalam event seperti ini.


4. Vinicius Junior


Vinicius Junior menjalani musim keduanya bersama Real Madrid. Penampilan pemain berusia 19 tahun itu memang belum konsisten.

Vinicius lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti musim ini. Hal itu membuat dirinya baru mengemas dua gol dan satu assist di LaLiga musim 2019-2020.

Meski begitu, Vinicius tetaplah seorang pemain muda bertalenta tinggi. Ia punya kesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya karena LaLiga baru dilanjutkan kembali setelah sempat terhenti sejak Maret silam.


5. Mason Greenwood


Mason Greenwood bisa dibilang merupakan kuda hitam dalam ajang ini. Namanya memang baru mencuat pada musim 2019-2020.

Namun Greenwood bisa menjadi penantang terkuat Sancho dan Haaland untuk meraih Golden Boy 2020. Penampilannya cukup konsisten bersama Manchester United.

Berusia 18 tahun, Greenwood memperkaya opsi serangan Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Ia sering berfungsi menjadi supersub yang bisa diandakan.

Sejauh ini, Greenwood sudah mencetak 12 gol untuk tim utama Manchester United. Banyak pihak menyebutnya sebagai titisan Robin Van Persie.