5 Kejadian Unik yang Pernah Dialami Valentino Rossi

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 15 November 2021
5 Kejadian Unik yang Pernah Dialami Valentino Rossi

BolaSkor.com - Valentino Rossi resmi memasuki masa pensiun. Usai menjalani balapan di MotoGP Valencia, Minggu (14/11), Rossi tidak akan lagi menghiasi lintasan balap roda dua.

Jika menyinggung nama Rossi, maka publik akan teringat dengan rangkaian kemenangannya di balapan Grand Prix. Tercatat pembalap berjuluk The Doctor ini berhasil mengoleksi sembilan gelar juara dunia.

Beberapa di antaranya adalah, gelar juara di kelas 125cc musim 1997, kelas 250cc musim 1999, dan kelas premier pada musim 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Prestasi ini menjadikan Rossi sebagai pembalap ketiga yang mengantongi gelar terbanyak setelah Giacomo Agostini (15 gelar) dan Angel Nieto (13 gelar).

Selain gelar di balapan Grand Prix, Rossi juga berhasil mengoleksi beberapa trofi kemenangan di balapan bergensilainnya.

Beberapa di antaranya adalah Suzuka 8 Hour 2001dan juga Monza Rally Show pada musim 2006, 2007, 2012, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Kehidupan Rossi tidak hanya diwarnai prestasi cemerlang saja. Pembalap berusia 42 tahun itu juga pernah mengalami beberapa peristiwa unik dan menegangkan. Berikut lima kejadian unik yang dirangkum oleh BolaSkor.com:

Pernah Bertukar Peran dengan Lewis Hamilton

Musim 2019 menjadi momen yang mendebarkan bagi Valentino Rossi. Pada musim itu, The Doctor diberikan kesempatan untuk menjajal mobil Formula 1 yang dikendarai Lewis Hamilton.

Bertempat di Sirkuit Valencia, Rossi dan Hamiltonmemutuskan untuk bertukar peran. Hamilton mengendarai motor Yamaha M1 milik Rossi dan Rossi mencicipi mobil Mercedes-AMG F1 W08.

Dalam uji coba ini, Rossi bahkan sempat mendapat pujian dari Direktur Strategi Merces, James Bowles.

Berkelahi dengan Max Biaggi

Dari seluruh lawan yang dihadapi, hanya Max Biaggi satu-satunya rival terdekat Rossi. Kedua pembalap ini kerap kali terlibat persaingan sengit. Mulai dari saling adu ejek hingga saling senggol saat di lintasan balap.

Bahkan kedua pembalap ini pernah terlibat perkelahian. Peristiwa ini terjadi di MotoGP Catalunya musim 2001, sebelum seremoni di podium berlangsung. Ketika itu, Biaggi beradu mulut dengan Rossi akibat tindakan Rossi yang menyenggolnya saat balapan.

Dengan perasaan kesal, Biaggi langsung menampar wajah Rossi. Tidak terima dengan perlakuan itu, Rossi balas memukul Biaggi. Beruntung saat itu panitia berhasil meredam perkelahian tersebut.

Selebrasi Masuk Toilet

Selain prestasi, hal lain yang membuat Rossi dikenal luas adalah selebrasi yang dilakukannya. Rossi kerap kali melakukan selebrasi kemenangan unik yang agak nyeleneh. Mulai dari memnonveng maskot ayam, menyapu lintasan, bermain bowling, berperan jadi narapidana, hingga membonceng boneka sex.

Namun, dari semua hal itu ada satu selebrasi yang cukup dikenal luas, yakni saat Rossi masuk ke toilet. Peristiwa ini terjadi usai Rossi meraih kemenangan pada kelas 250cc di Grand Prix Jerez 1999.

Secara tiba-tiba Rossi memarkirkan motornya di pinggir lintasan dan langsung keluar memasuki toilet portable. Kelakuan uni ini aemoat menjadi berita hangat di beberapa media Eropa.

Mendapatkan Penalti karena Bersihkan Lintasan

Nasib malang dialami Rossi pada MotoGP Qatar 2004. Saat itu Rossi mendapatkan hukuman penalti start dari urutan paling belakang akibat membersihkan lintasan.

Kejadian ini bermula sebelum dimulainya balapan. Pada malam hari, kru Yamaha sempat membersihkan starting gridRossi. Uniknya mereka membersihkan dengan melakukan burnout memakai skuter.

Hal ini dilakukan agar Rossi dapat meraih grip maksimal saat memulai balapan.Melihat hal itu, salah satu rival Rossi Sete Gibernau melaporkannya kepada Race Director. Karena dianggap curang, Rossi akhirnya diberikan hukuman memulai balapan dari posisi paling belakang.

Pengalaman Terpapar Covid-19

MotoGP 2020 menjadi momen buruk Rossi. Pada musim itu, Rossi sempat terpapar virus Covid-19. Akibatnya Rossi harus absen di dua balapan, yakni MotoGP Aragon dan MotoGPTeruel.

Rossi menurutkan, pengalaman ini membuatnya cukup menderita. Pasalnya Rossi tidak dapat lagi berpapasan dengan banyak orang. Bahkan Rossi mengaku terkucilkan karena merasa seperti pembawa wabah.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp MotoGP 2021 Valentino Rossi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan