BolaSkor.com - Derby Manchester antara Manchester United kontra Manchester City saat ini jadi salah satu laga yang dinanti fans sepak bola Inggris. Tidak seperti dahulu yang timpang sebelah dengan dominasi United, City saat ini berbeda.

Sejak diakusisi Konsorsium Timur Tengah pada 2008 The Citizens - julukan City - bertransformasi keluar dari bayang-bayang kesuksesan Man United. Lima titel Premier League dimenangi City sejak diakuisisi.

Sebaliknya United sejak terakhir memenanginya pada 2013 (titel ke-20), pasca Sir Alex Ferguson pensiun belum memenanginya lagi sampai saat ini. Tak ayal dengan fakta kebangkitan City itu laga Derby Manchester semakin seru.

Baca Juga:

Membedah Statistik Cristiano Ronaldo di Derby Manchester

Raphael Varane Resmi Absen di Derby Manchester

9 Pemain Top yang Pernah Membela Duo Manchester

Laga kandang acapkali tak berpengaruh bagi Man City atau Man United kala memainkan laga tandang. Pun demikian City ketika bertandang di Old Trafford. Berikut BolaSkor menuturkan beberapa kemenangan City di Old Trafford:

1. Man United 1-3 Man City (Januari 2020)

Piala Liga bak menjadi liganya Man City yang sudah memenanginya dalam empat musim terakhir, sampai mereka tersingkir di musim 2021-2022. Dalam perjalanannya di musim 2019-2020, City menyingkirkan rival sekota di semifinal.

Pada leg pertama di Old Trafford City memperlihatkan kualitas mereka, baik dalam dominasi penguasaan bola hingga permainan ofensif yang menghibur. City menang 3-1 dari dua gol Bernardo Silva dan Riyad Mahrez serta bunuh diri Andreas Pereira, yang diperkecil gol Marcus Rashford.

2. Man United 0-3 Man City (Maret 2014)

Man City kembali memberi pembuktian bahwa mereka keluar dari bayang-bayang rival sekota. Semusim setelah Ferguson pensiun United ditangani oleh David Moyes di musim 2013-2014.

United menelan kekalahan pada Maret 2014 dari rival sekota dengan skor telak 0-3 dari dua gol Edin Dzeko, serta satu gol Yaya Toure. City kala itu dilatih Manuel Pellegrini dan Moyes dipecat di tengah musim, digantikan oleh Ryan Giggs.

3. Man United 1-6 Man City (Oktober 2011)

Kekalahan 0-5 United dari Liverpool di Old Trafford merupakan sejarah gelap Man United. Tapi jauh sebelum itu terjadi, atau tepatnya pada Oktober 2011 di awal musim 2011-2012, United pernah dikejutkan oleh City di Old Trafford.

Masih dilatih Ferguson, United menelan kekalahan 1-6 dari dua gol Mario Balotelli, Edin Dzeko, serta masing-masing gol dari Sergio Aguero dan David Silva. Parahnya lagi United menerima dua kartu merah untuk Jonny Evans dan Darren Fletcher.

4. Man United 1-2 Man City (Desember 2017)

Man United dilatih Jose Mourinho dan mereka masih kesulitan menghadapi City arahan Pep Guardiola. Di Old Trafford pada ajang Premier League 2017-2018 United menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Dua gol City di Old Trafford dicetak oleh David Silva dan Nicolas Otamendi, sedangkan satu gol hiburan United dilesakkan Marcus Rashford. Selepas laga, Mourinho (tipikal) mengomentari kinerja wasit Michael Oliver.

5. Man United 0-2 Man City (April 2019)

Jika di masa lalu Derby Manchester menentukan perebutan gelar liga bagi United, maka pada April 2019 di Premier League situasinya berbeda. Man City tahu laga itu krusial dan mereka menang dengan skor 2-0.

Dua pencetak gol City datang dari Bernardo Silva dan Leroy Sane. United sama sekali tak diberi kans menciptakan peluang, dengan detail hanya 36 persen penguasaan bola, 12 tendangan dan hanya satu yang tepat sasaran.