5 Kemenangan Mengesankan Napoli Kontra Juventus

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 11 Februari 2021
5 Kemenangan Mengesankan Napoli Kontra Juventus
Napoli vs Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Lanjutan Serie A 2020-2021 akan diwarnai laga akbar pada akhir pekan nanti. Napoli dijadwalkan menjamu Juventus pada Minggu (14/2) pukul 00.00 dini hari WIB.

Inter Milan dan AC Milan memang lebih dikenal sebagai rival utama Juventus. Duo Milan kerap menjadi penjegal Bianconeri di Italia.

Namun Napoli juga beberapa kali mampu menjadi rival utama Juventus. Terutama pada akhir 80an ketika Il Partenopei diperkuat Diego Maradona.

Baca Juga:

Ribut dengan Presiden Klub, Gattuso dan Napoli Terancam Berpisah

Napoli Gagal Juara, Gattuso Enggan Salahkan Insigne

5 Bintang Napoli yang Menyeberang ke Juventus

Selain itu, rivalitas kedua tim juga dilatar belakangi perbedaan strata nasional. Napoli mewakili kelas pekerja dari Italia bagian Selatan, sedangkan Juventus merupakan simbol kemapanan Italia Utara.

Selepas era Maradona berakhir, Napoli kesulitan mengimbangi kekuatan Juventus. Prestasi yang diraih kedua tim bertolak belakang bagai langit dan bumi.

Meski begitu, Napoli sempat membungkam Juventus dalam beberapa kesempatan. Tak hanya menang, klub asal Naples itu juga mampu mencuri trofi dari Si Nyonya Tua.

Berikut ini lima kemenangan mengesankan Napoli saat berhadapan dengan Juventus:

1. Juventus 1-3 Napoli (Serie A 1986-1987)

Era kejayaan Napoli dimulai pada musim 1986-1987. Di akhir kompetisi, mereka merebut Scudetto pertama sepanjang sejarah klub.

Pada pekan kesembilan, Napoli bertandang ke markas Juventus. Hasil laga yang berlangsung pada 9 November 1986 menjadi salah satu kunci keberhasilan Maradona dan kawan-kawan.

Napoli mampu membungkam tuan rumah dengan skor 3-1. Hebatnya, hasil tersebut diraih dengan cara yang dramatis.

Juventus sempat unggul lebih dulu lewat gol Michael Laudrup pada menit ke-50. Namun Napoli mampu melakukan comeback dan mencetak tiga gol balasan melalui aksi Moreno Ferrario (73'), Bruno Giordano (74') dan Giuseppe Volpecina (90').


2. Napoli 2-1 Juventus (Serie A 1986-1987)

Setelah menang di pertemuan pertama, Napoli kembali membuat Juventus bertekut lutut saat gantian menjamu sang rival pada pekan ke-24, 29 Maret 1987. Tuan rumah menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Sama-sama menurunkan kekuatan terbaik, Napoli dan Juventus berduel sengit di lapangan. Kedua tim memang butuh kemenangan untuk mengamankan posisinya di papan atas.

Napoli unggul lebih dulu lewat gol cepat Alessandro Renica pada menit ke-14. Juventus baru bisa membalas di babak kedua melalui Aldo Serena pada menit ke-50.

Francesco Romano mengembalikan keunggulan Napoli delapan menit kemudian. Skor 2-1 untuk Napoli akhirnya bertahan hingga laga usai.

Hasil pertandingan ini menjadi pembeda nasib kedua tim di akhir musim. Napoli meraih Scudetto dengan keunggulan tiga poin dari Juventus yang menempati peringkat kedua.


3. Napoli 3-1 Juventus (Serie A 1989-1990)

Salah satu kemenangan Napoli paling mengesankan kontra Juventus terjadi pada 25 Maret 1990. Ketika itu, tim yang ditangani Alberto Bigon menutup laga dengan skor 3-1.

Napoli yang tengah berburu gelar juara memang butuh kemenangan untuk menjaga peluangnya. Tekanan tersebut mampu direspons Diego Maradona dan kawan-kawan dengan penampilan mengesankan.

Maradona membawa Napoli unggul dua gol tanpa balas di babak pertama. Legenda berkebangsaan Argentina itu membobol gawang Juventus pada menit ke-13 dan 28.

Pada babak kedua, Juventus sempat memperkecil kedudukan lewat penalti Luigi de Agostini. Namun gol Giovanni Francini akhirnya mengakhiri perlawanan tim tamu.

Di akhir musim, Napoli sukses menggondol Scudetto keduanya. Mereka unggul dua poin dari Milan yang menjadi pesaing terdekatnya.


4. Juventus 0-2 Napoli (Final Coppa Italia 2011-2012)

Selain Serie A, Napoli juga sempat mencatatkan kemenangan kontra Juventus di ajang Coppa Italia. Salah satunya terjadi pada musim 2011-2012.

Kedua tim bertemu di partai final. Namun Juventus yang diperkuat nama-nama besar lebih diunggulkan ketimbang Napoli.

Meski begitu, Napoli sukses memutarbalikkan prediksi. Tim asuhan Walter Mazzarri mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0.

Edinson Cavani membuka keunggulan Napoli lewat penalti pada menit ke-63. Tujuh menit jelang waktu normal berakhir, Marek Hamsik mengakhiri perlawanan Juventus lewat golnya.


5. Napoli 4-2 Juventus (Final Coppa Italia 2019-2020)

Kemenangan mengesankan Napoli lain atas Juventus di ajang Coppa Italia terjadi pada musim lalu. Kedua tim memang kembali bertemu di partai puncak.

Tak seperti pada edisi 2011-2012, duel Napoli kontra Juventus kali ini berlangsung lebih ketat. Sang juara bahkan harus ditentukan lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit.

Pada adu tos-tosan, dua penendang Juventus gagal menjalankan tugasnya. Keduanya yaitu Paulo Dybala dan Danilo.

Sebaliknya, empat algojo Napoli sukses membobol gawang Juventus. Tim asuhan Gennaro Gattuso tersebut akhirnya berhak mengangkat trofi.

Napoli Juventus Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan