5 Kesuksesan Pemain Belanda di Manchester United yang Bisa Diikuti Donny van de Beek

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 31 Agustus 2020
5 Kesuksesan Pemain Belanda di Manchester United yang Bisa Diikuti Donny van de Beek
Donny van de Beek (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United selangkah lagi akan meresmikan rekrutan pertamanya di bursa transfer musim panas ini. Setan Merah sudah menjalin kesepakatan dengan Ajax Amsterdam untuk memboyong Donny van de Beek.

Ajax kabarnya sepakat menjual Van de Beek ke Manchester United dengan harga 40 juta poundsterling. Detail transfer pemain berkebangsaan Belanda tersebut diprediksi rampung pada pekan ini.

Van de Beek merupakan salah satu gelandang muda berkualitas yang diburu banyak klub Eropa. Ia merupakan salah satu kunci sukses Ajax melaju ke semifinal Liga Champions, dua musim silam.

Baca Juga:

Sepakat soal Harga dengan Ajax, Manchester United Kian Dekat Rekrut Donny van de Beek

Mengulik Hal-hal yang Dapat Diberikan Donny van de Beek untuk Manchester United

Memaklumi Sepinya Transfer Liverpool dan Manchester United

Musim lalu, penampilan Van de Beek tetap konsisten. Ia bermain sebanyak 37 laga di semua kompetisi dengan mencetak 10 gol dan 11 assist.

Kedatangan Van de Beek tentu akan membuat opsi di lini tengah Manchester United kian melimpah. Sebelumnya, Ole Gunnar Solskjaer seperti hanya bertumpu kepada kualitas Bruno Fernandes dan Paul Pogba saja.

Van de Beek juga berpeluang menambah daftar pemain Belanda yang sukses saat membela Manchester United. Legiun dari Negeri Kincir angin memang cukup sering mewarnai skuat salah satu raksasa Inggris tersebut.

Tak jarang, pemain asal Belanda menjelma menjadi bintang dan idola fans Manchester United. Bukan tidak mungkin tradisi itu akan dilanjutkan oleh Van de Beek.

Berikut ini lima kesuksesan pemain asal Belanda di Manchester United yang bisa menginspirasi Van de Beek:

1. Arnold Muhren

Arnold Muhren menjadi pembuka gerbang pemain Belanda di Manchester United, Ia didatangkan dari Ipswich Town pada musim panas 1982.

Sama seperti Van de Beek, Muhren juga merupakan seorang gelandang binaan Ajax Amsterdam. Ia menjadi salah satu pemain asing pertama yang berkarier di Inggris.

Muhren tampil tiga musim bersama Manchester United. Namun dengan waktu sesingkat itu, ia mampu mempersembahkan dua gelar Piala FA pada 1983 dan 1985.


2. Jaap Stam

Jaap Stam juga menjadi pemain Belanda lain yang mendulang sukses bersama Manchester United. Ia tampil selama empat musim pada periode 1998 hingga 2002.

Stam menjelma menjadi salah satu bek terbaik dunia bersama Manchester United. Ia juga dengan mudah dicintai publik Old Trafford lewat penampilan ngotot dan lugasnya di setiap pertandingan.

Prestasi terbaik Stam bersama Manchester United tentu raihan treble winners pada musim 1998-1999. Ia saat itu menjadi andalan utama di sektor bek tengah.

Sayang Stam mengakhiri kariernya bersama Manchester United dengan tidak baik. Ia memilih hengkang ke Lazio karena terlibat perseturuan dengan manajer klub, Sir Alex Ferguson.


3. Ruud Van Nistelrooy

Ruud Van Nistelrooy bisa dibilang sebagai penyerang Belanda pertama yang menjadi andalan Manchester United. Ia direkrut dari PSV Eindhoven pada musim panas 2001.

Pada musim perdananya, Van Nistelrooy langsung mencetak 23 gol dari 32 laga di Premier League. Semusim berselang, ia memborong gelar top skorer dan pemain terbaik di ajang yang sama.

Van Nistelrooy total memperkuat Manchester United selama lima musim. Ia sukses mempersembahkan masing-masing satu trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield.


4. Edwin van der Sar

Van der Sar datang ke Manchester United pada musim panas 2005 ketika usianya menginjak 34 tahun. Namun hal itu tak menghambat sang pemain untuk mendulang sukses.

Van der Sar menjadi kiper yang dicari Manchester United sejak kepergian Peter Schmeichel. Sebelum kedatangannya, sejumlah nama sudah dicoba tapi penampilannya kurang memuaskan.

Van der Sar tampil selama enam musim mengawal gawang Manchester United. Ia sukses mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi seperti empat gelar Premier League, satu Liga Champions, satu Piala Liga, dan satu Piala dunia Antarklub.

Sayang Van der Sar gagal menutup kariernya di Manchester United dengan sempurna. Kekalahan atas Barcelona di final Liga Champions 2011 menjadi penyebabnya.


5. Robin Van Persie

Robin Van Persie mungkin hanya tampil tiga musim bersama Manchester United. Namun efek kedatangannya begitu besar bagi para fans.

Kepindahan Van Persie pada musim panas 2012 memang sangat mengejutkan. Saat itu ia berstatus sebagai kapten sekaligus bintang utama Arsenal.

Namun ambisi untuk meraih trofi Premier League akhirnya membuat Van Persie yakin untuk hijrah ke Manchester United. Ia tak peduli meski dicap sebagai pengkhianat oleh fans Arsenal.

Keputusan Van Persie akhirnya berbuah manis. Ia langsung menjadi bintang utama Manchester United pada musim perdana dan mewujudkan mimpinya meraih trofi Premier League.

Sayang karier Van Persie menurun seiring pensiunnya Sir Alex Ferguson. Ia memilih pergi pada musim panas 2015 setelah berseteru dengan Louis Van Gaal yang duduk dikursi manajer.

Manchester United Donny van de Beek Robin van Persie Jaap stam Edwin van der sar Ruud van Nistelrooy Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan