5 Kiper Debutan Termuda Sepanjang Sejarah Liga Champions

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 06 November 2020
5 Kiper Debutan Termuda Sepanjang Sejarah Liga Champions
Iker Casillas (Twitter)

BolaSkor.com - Sejumlah pemain mencuri perhatian padamatchday ketiga fase grup Liga Champions. Salah satunya tentu Ruslan Neshcheret.

Neshcheret merupakan kiper berusia 18 tahun yang melakoni debutnya di Liga Champions bersama Dynamo Kiev. Tak tanggung-tanggung, laga perdananya adalah menghadapi Barcelona di Camp Nou, Kamis (5/11) dini hari WIB.

Tampilnya Neshcheret dalam pertandingan tersebut sebenarnya tidak direncanakan. Hal itu karena sang kiper masih terdaftar sebagaia anggota tim cadangan Dynamo Kiev.

Baca Juga:

3 Pelatih Eropa yang Rawan Dipecat di Musim 2020-2021

5 Pemain yang Pernah Dilatih Sang Ayah

4 Kuda Hitam yang Berpeluang Lolos dari Fase Grup Liga Champions 2020-2021

Namun ia dipaksa promosi ke tim utama setelah dua kiper senior terinfeksi virus corona. Hal ini menjadi semacam berkah terselubung bagi Neshcheret.

Hebatnya, Neshcheret mampu menjawab kepercayaan tersebut dengan gemilang. Ia tampil apik dengan membuat 12 penyelamatan.

Sayang Dynamo Kiev harus kalah dengan skor 1-2 dalam pertandingan tersebut. Namun penampilan gemilang Neshcheret berbuaha penghargaan Man of The Match.

Neshcheret berusia 18 tahun 286 hari saat berhadapan dengan Barcelona. Namun usia tersebut belum mampu membuatnya memecahkan rekor sebagai kiper termuda yang melakoni debut Liga Champions.

Neshcheret bahkan tidak termasuk dalam daftar lima besar. Hal ini menandakan apa yang dilakukannya tidak terlalu istimewa karena sudah dilakukan kiper lainnya.

Berikut daftar lima akiper termuda yang melakoni debut Liga Champions:

1. Mile Svilar (Benfica)

Mile Svilar

Rekor kiper termuda yang melakoni debut Liga Champions hingga saat ini masih dipegang Mile Svilar. Ia melakukan hal itu saat berusia 18 tahun 52 hari.

Momen itu terjadi pada musim 2017-2018 ketika Benfica yang diperkuat Svilar menjamu Manchester United di matchday ketiga fase grup. Sebuah panggung yang sama dengan Neshcheret.

Namun debut Svilar berakhir tragis. Ia membuat sebuah blunder fatal dengan menangkap bola di belakang garis gawang yang berbuah gol.

Blunder itu membuat Manchester United unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga laga usai dan membuat Svilar merasa bersalah dan terpukul di akhir pertandingan.



2. Iker Casillas (Real Madrid)

Iker Casillas

Sebelum Svilar, rekor kiper termuda yang melakoni debut Liga Champions dipegang oleh Iker Casillas. Ia syudah dipercaya menjaga gawang Real Madrid saat menginjak usia 18 tahun 117 hari.

Momen itu teradi pada laga perdana fase grup musim 1999-2000. Debut Casillas juga tak berjalan mulus karena gawangnya kebobolan tiga kali saat Madrid bermain imbang 3-3 di kandanag Olympiakos.

Namun Casillas menandai musim debutnya itu dengan manis. Ia mempersembahkan trofi juara setelah Madrid mengalahkan Valencia di laga final.



3. Nikolay Mihaylov (Levski Sofia)

Nikolay Mihaylov

Peringkat ketiga kiper termuda yang melakoni debut Liga Champions ditempati Nikolay Mihaylov. Kiper berkebangsaan Bulgaria itu melakukannya di musim 2006-2007 bersama Levski Sofia.

Mihaylov berusia 18 tahun 124 hari saat melakoni debut Liga Champions pada matchday keempat fase grup. Saat itu Levski Sofia berhadapan dengan wakil Jerman, Werder Bremen.

Namun debut Mihaylov tak layak dikenang karena dirinya kebobolan tiga gol dari Bremen. Salah satunya bahkan merupakan gol bunuh dirinya.



4. Igor Akinfeev (CSKA Moskow)

Igor Akinfeev

Igor Akinfeev kini menempati peringkat keempat dalam daftar kiper termuda yang melakoni debut di Liga Champions. Ia tercatat berusia 18 ahun 15 hari saat melakoni laga pertamanya di kompetisi antar klub elite Eropa tersebut.

Akinfeev menorehkan tinta manis itu pada laga pertama fase grup musim 2004-2005 bersama CSKA Moscow. FC Porto yang berstatus juara bertahan bertindak sebagai lawan.

Akinfeev tampil gemilang dalam pertandingan itU dengan mencatatkan clean sheet. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0.

Beberapa tahun kemudian, Akinfeev menjelma menjadi kiper andalan Timnas Rusia. Hal itu menjadi pembuktian kualitasnya.



5. Adrian Semper (Dinamo Zagreb)

Adrian Semper

Peringkat kelima dalam daftar kiper debutan termuda sepanjang sejarah Liga Champions ditempati Adrian Semper. Kiper berkebangsaan Kroasia itu melakukannya pada musim 2016-2017.

Semper yang membela Dinamo Zagreb diberi kepercayaan tampil pada laga pertama fase grup kontra Olympique Lyon. Saat itu usianya baru menginjak 18 tahun 245 hari.

Namun debut itu berubah jadi mimpi buruk bagi Semper. Ia harus menerima kenyataan gawangnya dijebol tiga kali oleh Lyon.

Liga Champions Iker Casillas Igor Akinfeev Ruslan Neshcheret Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan