5 Kiper Terbaik di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 20 Desember 2022
5 Kiper Terbaik di Piala Dunia 2022
Emiliano Martinez (Twitter)

BolaSkor.com - Enam pekan berlalu sejak Piala Dunia 2022 Qatar dimulai dan kini telah berakhir. Timnas Argentina menuntaskan penantian selama 32 tahun dengan memenangi titel Piala Dunia ketiga setelah terakhir dimenangi pada 1986.

Albiceleste mengalahkan juara bertahan Prancis di final yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB, melalui drama adu penalti (4-2). Sebelumnya di waktu normal laga berakhir imbang 3-3.

Laga di Lusail merupakan salah satu laga final terseru. Kejar-kejaran gol terjadi dengan dua gol Lionel Messi (satu penalti) dan gol Angel Di Maria untuk Argentina, yang kemudian dibalas tiga gol oleh Kylian Mbappe melalui hat-trick gol.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Deschamps Enggan Anggap Kemenangan Argentina Dibantu Wasit, tetapi Ada Sesuatu yang Mengganjal

Kylian Mbappe dan Prancis Kalah di Final, tetapi Masa Depan Les Bleus Cerah

Banyak kejutan dan drama yang sudah terjadi. Akan tapi pada Piala Dunia 2022 ini cukup banyak juga cerita mengenai kisah protagonis penjaga gawang alias kiper. Sorotan kepada mereka cukup besar mengingat banyaknya drama adu penalti yang tercipta.

Menilik perjalanan Piala Dunia 2022 dari fase grup ke final berikut lima kiper terbaik yang dirangkum BolaSkor.com:

1. Emiliano Martinez

Menepis penalti Kingsley Coman di drama adu penalti melawan Prancis, serta karakter yang dimilikinya sudah cukup menjatuhkan mental lawan. Plus di waktu normal Emiliano Martinez juga melakukan penyelamatan krusial dari peluang Randal Kolo Muani.

Pada akhirnya penjaga gawang Aston Villa memenangi penghargaan Sarung Tangan Emas atau kiper terbaik Piala Dunia 2022. Sekedar catatan pada drama adu penalti lawan Belanda di perempat final, Martinez juga tampil sigap menepis penalti.

Tak ayal Argentina juga punya kiper yang hebat meski sorotan sepenuhnya ditujukan kepada megabintang Lionel Messi. Karakter dan kualitas Martinez menunjukkan bahwa kesempatan kedua itu memang ada, setelah ia 'dibuang' oleh Arsenal.

2. Dominik Livakovic

Tidak diragukan lagi menjadi salah satu pemain andalan Kroasia yang kembali sukses menjajaki semifinal, sebelum kalah oleh Argentina. Dominik Livakovic menggantikan tugas Danijel Subasic sebagai kiper utama Kroasia dengan sangat baik.

Penjaga gawang Dinamo Zagreb melakukan tiga penyelamatan penalti lawan Jepang, kemudian juga tampil hebat saat melawan Brasil kala melakukan 11 penyelamatan. Bersama dengan Josko Gvardiol, Livakovic salah satu penampil terbaik Kroasia yang kembali jadi kejutan di Piala Dunia.

Ketenangan, refleks, serta kualitas teknik Livakovic menjadi nilai plus. Klub-klub top Eropa diprediksi tengah membidiknya saat ini.

3. Yassine Bounou

Maroko akan selamanya diingat dalam dunia sepak bola sebagai tim pertama dari Afrika yang mencapai semifinal, jadi tim keempat Afrika yang lolos ke perempat final. Pertahanan dan kekompakan menjadi kunci kekuatan tim arahan Walid Regragui.

Di balik pertahanan kuat dan pemain-pemain yang mencuri perhatian ada sosok kiper berusia 31 tahun, Yassine Bounou, yang menjadi kiper utama di Sevilla.

Bounou sosok yang membuat Spanyol frustrasi dan juga tampil hebat di drama adu penalti dan melanjutkan performanya ketika Maroko menang 1-0 atas Portugal. Ketenangan bermain dan kualitas Bounou menempatkannya sebagai salah satu kiper top di Piala Dunia 2022.

4. Wojciech Szczesny

Penampilan Polandia secara menyeluruh tidaklah bagus khususnya kala mereka disingkirkan Prancis di 16 besar. Mereka pun beruntung bisa lolos fase grup setelah kalah 0-2 melawan Argentina di laga terakhir grup.

Kendati demikian kiper Polandia, Wojciech Szczesny, tampil bagus dengan beberapa penyelamatan yang dilakukannya, terutamanya kala menepis penalti Lionel Messi dan menggagalkan upaya pemain Arab Saudi, Salem al-Dawsari. Saat ini Szczesny membela Juventus.

5. Hugo Lloris

Gagal mempertahankan titel Piala Dunia dengan Prancis dan tidak satu pun menyelamatkan penalti di drama adu penalti kala melawan Argentina. Kendati demikian itu tidak menutup fakta Hugo Lloris masih jadi salah satu kiper top di Piala Dunia 2022.

Sudah berusia 35 tahun saat ini, pengemas caps terbanyak dengan timnas Prancis tak punya banyak kans bermain di Piala Dunia 2026. Pengalaman yang memberikan ketenangan di lini belakang Prancis akan dirindukan dari sosok kiper Tottenham Hotspur tersebut.

Trivia Sepak Bola Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Yassine bounou Dominik Livakovic Hugo Lloris Emiliano Martinez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan