BolaSkor.com - Catatan tak pernah kalah atau unbeaten dari satu tim merupakan sebuah pencapaian yang positif, menunjukkan apabila tim tersebut mampu menjaga konsistensi untuk terus meraih hasil positif - imbang atau menang.

Apalagi di era sepak bola modern ini tak mudah menjaga konsistensi dengan padatnya jadwal kompetisi, khususnya di lima liga top Eropa dengan persaingan di level tertinggi.

Akan tapi ada beberapa klub yang memasuki catatan rekor di Eropa dalam kategori tersebut. Seperti saat ini klub tradisional Portugal, Porto, mencatatkan rekor di Primeira Liga dengan catatan tak pernah kalah di 57 laga - rekor baru di kompetisi.

Baca Juga:

Playmaker Lazio dalam Pantauan AC Milan

Momentum Barcelona Berlanjut, Luuk de Jong Pahlawan Blaugrana

Janji Setia Granit Xhaka untuk Arsenal

Sebagaimana dilansir dari Squawka ada lima tim top di lima liga Eropa, selain Porto, yang pernah memiliki catatan unbeaten terpanjang. Siapa saja?

1. Arsenal (49 Laga - 2003-2004)

Tidak aneh jika klub ini ada di urutan satu. The Invincibles Arsenal kala menjuarai titel Premier League pada 2004 belum disamai atau bahkan dilakukan klub lain, terutamanya kala itu dengan rivalitas panas Arsenal dan Manchester United.

Persaingan sengit terjadi di antara kedua tim dan juga dua manajer, Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson. Rekor itu tak mencapai angka 50 karena Arsenal kalah 0-2 dari Man United di Old Trafford.

2. Barcelona (43 Laga - 2017-2018)

Barcelona mengakhiri era Luis Enrique dengan tujuh kemenangan beruntun, termasuk kemenangan di El Clasico, lalu penggantinya Ernesto Valverde melanjutkan pekerjaan Enrique dan memberikan keseimbangan.

Barcelona di masa kepelatihan Valverde tidak terlalu agresif tapi juga tidak bertahan. Levante jadi tim yang menghentikan rekor itu ketika menang dalam drama sembilan gol - Levante menang 5-4.

3. Milan (58 Laga - 1991-1993)

Pada masa ketika Serie A Italia masih 'cantik', menjadi liga terbaik dunia, serta menarik atensi bintang-bintang Eropa persaingan terjadi ketat di kurang lebihnya enam tim. Milan pada medio 1991-1993 dilatih Fabio Capello.

Dua Scudetto diraih Milan pada medio tersebut dan Il Rossoneri punya catatan impresif 58 laga tak pernah kalah. Parma jadi tim yang menghentikan rekor Milan yang masih bertahan sampai saat ini di Eropa.

4. Bayern Munchen (53 Laga - 2012-2014)

Selepas treble winners bersejarah Jupp Heynckes Bayern Munchen memasuki era baru bersama Pep Guardiola. Pelatih dari Spanyol langsung menanamkan filosofi permainannya, Bayern hanya tiga kali imbang di 28 laga pertamanya di Bundesliga.

Pasca mengamankan titel Bundesliga perlahan Bayern kehilangan fokus, lalu menderita dua kekalahan beruntun dari Ausburg dan Borussia Dortmund. Rekor unbeaten Bayern terhenti di angka 53.

5. PSG (36 Laga - 2015-2016)

Pada musim 2014-2015 PSG (Paris Saint-Germain) memenangi treble domestik - sempat kalah dari Bordeaux, lalu di musim berikutnya treble itu berlanjut. Dalam kurun waktu tersebut PSG tak terkalahkan di 36 laga.

Catatan itu terhenti di pekan 28, tetapi fakta bahwa Ligue 1 didominasi PSG dengan kekuatan uang dan barisan pemain bintang mereka bukan hal baru lagi.