5 Klub dengan Pengeluaran Bersih Tertinggi dalam Sedekade Terakhir

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 30 Desember 2019
5 Klub dengan Pengeluaran Bersih Tertinggi dalam Sedekade Terakhir
Manchester City (PremierLeague)

BolaSkor.com - Dekade 2010-an segera berganti dan akan berganti dengan 2020-an. Seiring waktu pengeluaran dalam belanja pemain semakin melangit.

Sekitar tiga tahun silam, dunia terkejut saat mengetahui Manchester United mengeluarkan dana 86 juta poundsterling untuk mendatangkan Paul Pogba dari Juventus. Nilai yang saat itu menjadi rekor biaya transfer tertinggi dunia.

Baca juga:

3 Destinasi Favorit Klub Bundesliga pada Liburan Musim Dingin

3 Alasan Napoli Memecat Carlo Ancelotti meski Telah Memecahkan Rekor di Liga Champions

6 Pemain yang Punya Potensi Besar Hengkang pada Januari 2020

Setahun kemudian, rekor Pogba seperti tidak ada artinya jika dibandingkan harga 200 juta pounds yang dibayarkan Paris Saint-Germain saat menggaet Neymar dari Barcelona. Bisa dibayangkan berapa harga yang harus dibayarkan klub yang ingin menggaet bintang seperti Kylian Mbappe.

Akan tetapi gelontoran uang itu sendiri tidak otomatis akan membawa kesuksesan. Kiprah Pogba di Manchester United bisa menjadi contoh.

Berikut 5 klub dengan pengeluaran bersih (net spent) paling tinggi pada dekade 2010-an menurut data dari transfermarkt.

5. AC Milan: 436 juta pounds

Melihat pencapaian di atas lapangan, nominal yang dikeluarkan AC Milan bisa membuat suporter kecut. Bagaimana tidak. Dalam enam musim terakhir Milan finis di posisi delapan, sepuluh, tujuh, enam, dan lima klasemen Serie A.

Pencapaian itu diraih meski mereka sudah mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan pemain mahal macam Leonardo Bonucci, Lucas Paqueta, dan Andre Silva.

Saking besarnya pasak daripada tiang, Milan harus menarik diri dari kompetisi Liga Europa musim ini karena sanksi yang terkait dengan finansial yang tidak sehat.


4. Barcelona: 562 juta pounds

Pada dekade 2010-an, Barcelona total mengeluarkan 1,23 miliar pound untuk mendapatkan Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Neymar. Dengan pelepasan pemain, Barcelona masih mencatat pengeluaran bersih 562 juta pounds.

Berbeda dengan Milan, Barcelona mampu menjadi juara LaLiga tujuh kali dan Liga Champions dua kali. Bisa dibilang, pengeluaran Barcelona membuahkan hasil.


3. Manchester United: 847 juta pound

Dalam dekade ini Manchester United berhasil dua kali menjadi juara Premier League. Sepanjang dekade ini juga United tidak sungkan membeli pemain mahal, dari Pogba, Harry Maguire, hingga Romelu Lukaku.

Tidak sedikit pemain mahal itu tidak seusai dengan harapan. Sebut saja Angel di Maria yang dibeli senilai 60 juta pound atau Fred yang dibanderol 52 juta pounds.


2. Paris Saint-Germain: 847 juta pound

Dalam satu dekade ini Paris Saint-Germain menjadi klub yang penuh kejutan dalam hal jumlah pengeluaran. Dukungan dana dari Timur Tengah dianggap sudah merusak pasaran pemain dunia.

Bayangkan saja, PSG bersedia membayar Neymar senilai 200 juta pounds dan Mbappe 165 juta pound. Nilai yang beberapa tahun lalu bisa mendapatkan 3-4 pemain kelas dunia.

Pengeluaran total, PSG sudah mengeluarkan 1,17 miliar pound. Dengan dana tersebut, mereka hanya bisa dominan di liga domestik.


1. Manchester City: 1,1 miliar pounds

Manchester City dalam satu dekade terakhir sudah mengeluarkan banyak uang. Rodri, Kevin de Bruyne, dan Riyad Mahrez merupakan tiga pemain termahal mereka.

Seperti dengan PSG, dana besar yang digelontorkan hanya bisa menjadikan Manchester City berjaya di level domestik. Hingga kini mereka masih berusaha meraih torfi Liga Champions.

Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan